KONSTRUKSI PASIF BAHASA BATAK TOBA: TEORI X-BAR

Main Article Content

Kh Rifki Amansyah Siregar Dwi Ananda Emi Yohana Fransiska Sihombin Mamay Nugraha Mulyadi Mulyadi

Abstract

Penelitian ini mengkaji kontruksi pasif pada Bahasa Batak Toba dengan menggunakan teori X-Bar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan konstruksi pasif pada bahasa batak Toba serta mencari pola-pola apa saja yang terdapat pada konstruksi bahasa batak Toba dengan menggunakan pisau analisis morfosintaksis. Teori yang digunakan mengacu kepada) pasif dalam bahasa Indonesia dapat dibedakan menjadi dua, pertama pasif kanonis (canonical passive) dan kedua pasif pengedepanan objek (passive which has the surface form of on object tapicalization). Pasif kanonis ini merupakan diatesis aktif. Predikat verba pasif kanonis dimarkahi oleh afiks di-, di-- i, dan di--kan, sedangkan pasif pengedepanan objek predikatnya tidak bermarkah, tetapi ditandai oleh pronomina persona (pronomina diri). Tiga tahapan dalam penelitian ini adalah mulai dari pengumpulan data, analisis data dan penyajian hasil data analisis. Data penelitian berupa kalimat- kalimat dalam bahasa batak Toba baik lisan maupun tulisan. Metode penelitian ini menggunakan analisis deskriptif. Dalam penelitian ini ditemukan pola konstruksi pasif Bahasa Batak Toba yang dianalisis dengan teori X-bar adalah FN yang bergabungdengan N’ dan membentuk N dan diikuti dengan VP serta spesifier, selain itu ada pula pola struktur konstruksi pasif FN bergabung dengan N’ dan membentuk VP diikuti oleh NP yang bergabung dengan N’ membentuk N.

Article Details

How to Cite
[1]
K. Siregar, D. Ananda, E. Y. Sihombin, M. Nugraha, and M. Mulyadi, “KONSTRUKSI PASIF BAHASA BATAK TOBA: TEORI X-BAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 21-26, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Afsari, A. S. (2023). Ragam Pola Kontruksi Pada Kalimat Aktif Berpredikat MANG-+-KEUN Dalam Bahasa Sunda. Kabuyutan: Jurnal Kajian Ilmu Sosial Dan Humaniora Berbasis Kearifan Lokal , 2(2), 115–123.
Chaer, A. (2009). Seputar Tata Bahasa Baku Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.
Comrie, B. (1976). Aspect: An Introduction to The Study of Verbal Aspect and Related Problem. University Press.
Dixon. (2012). Basic Linguistic Theory: Further Grammatical Topics (Vol. 3). Oxford University Press.
Edward, L. K., & Dryer, M. (2006). Passive in the world’s languages (Second Ediition). Cambridge
University Press.
Haegeman, & Liliane. (2006). X-Bar Theory.
Encyclopedia of Language & Linguistics . . . Encyclopedia of Language & Linguistics, 2, 691– 704.
Lubis, I. S., & Mulyadi. (2020). Kontruksi Pasif Bahasa Angkola: Teori X-BAR. Jurnal Education and Development, 8(1), 369–373.
Manurung, Y. H., Siregar, F. S., Dharmawati, Bismala, L., & Arda, M. (2022). Batak Toba Language Kinship. International Journal of Educational Review, 2(2), 337–347.
Manurung, Y. H., & Siregar, S. F. (2021). The Semantics Of Body Parts In Bataknese And
French: A Comparison To English. Social Sciences And Linguistics Journal On Education, 1(2), 185– 202.
Mukramah, & Mulyadi. (2022). Konstruksi Interogatif dalam Bahasa Aceh: Teori X-Bar. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 11(1), 13–25.
Mulyadi. (2010). Frasa Preposisi Bahasa Indonesia : Analisis X-Bar. Jurnal Kajian Sastra, 34(1), 1–12.
Nasution, J., & Mulyadi. (2022). Comparison of Passive Construction Kena in Indonesian and Hona in Angkola: X-Bar Theory Analysis. Budapest International Research and Critics Institute- Journal (BIRCI-Journal), 5(2), 10749–10759.
Riswati, M., Sumarlam, S., & Subroto, E. (2017). Pola urutan fungsi keterangan berdasarkan hubungannya dengan predikat verba dalam kalimat tunggal deklaratif bahasa Indonesia. . Journal of Linguistics, 2(2), 284–299.
Sudaryanto. (2015). Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wacana Kebudayaan Secara Linguistis. Sanata Dharma University Press.
Syahriy, N. N., & Mulyadi. (2021). Kontruksi Pasif Dasar Pada Bahasa Gayo: Kajian Sintaksis. BASINDO : Jurnal Kajian Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pembelajarannya , 5(2), 133–140.
Verhaar. (1996). Asas-asas Linguistik . Gadjah Mada University Press.