META-ANALISIS : EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA

Main Article Content

Muhammad Akbar Usmeldi Usmeldi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas multimedia interaktif terhadap hasil belajar siswa dengan menganalisis 15 artikel yang dapat diakses dari Google Scholar, Garuda, dan Mendeley. Artikel tersebut ada yang terpublikasi di jurnal tidak terakreditasi, terakreditasi Sinta, dan terindeks Copernicus ataupun Scopus dengan 5 jenjang sampel yang berbeda, yaitu: Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, dan Perguruan Tinggi. Penggunaan multimedia interaktif di dalamnya memuat sebuah teks, grafik, audio, dan gambar bergerak (video) yang dapat ditampilkan melalui layar proyektor dan laptop. Metode penelitian ini menggunakan metode meta-analisis yaitu dengan membandingkan data-data hasil penelitian kelompok kontrol dan eksperimen berupa jumlah sampel (N), Standar Deviasi (SD), dan hasil belajar (X). Data tersebut dianalisis secara statistik utuk melihat nilai effect size. Berdasarkan hasil uji analisis ditemukan bahwa dari 15 artikel yang dianalisis didapatkan rata-rata effect size 1,146 dengan nilai P-Value < 0,001 (P-Value < 0,05), yang artinya bahwa pembelajaran menggunakan multimedia sangat efektif atau berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Selanjutnya, untuk melihat pada jenjang/tingkatan mana nilai efektivitas lebih tinggi dari hasil analisis ditemukan bahwa nilai estimate pada jenjang SD 1,719 (lebih efektif), kemudian disusul jenjang perguruan tinggi dengan estimate 1,707.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Akbar and U. Usmeldi, “META-ANALISIS : EFEKTIVITAS MULTIMEDIA INTERAKTIF TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 131-135, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Afriani, N., Haris, M., Savalas, L. R. T., & Sofia, B. F. D. (2022). Pengaruh Modul Elektronik Kimia terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI MIPA SMAN 1 Jonggat pada Materi Termokimia. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(1), 84-88. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i1.393
Anggraeni, R. D., Sulton., & Sulthoni. (2019). Pengaruh Multimedia Tutorial terhadap Hasil Belajar Bahasa Indonesia. JKTP : Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 2(2), 96-101. http://dx.doi.org/10.17977/um038v2i22019p096 Asysyura, F., Adnan., & Faisal. (2023). The Effect of Interactive Multimedia on Students’ Cognitive Learning Outcomes on System Materials. Biodidaktika
: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 18(1), 9-23. http://dx.doi.org/10.30870/biodidaktika.v18i1.17808

Dahliati., Royani, I., & Safnowandi. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Rotating Trio Exchange terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII. Educatoria : Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 3(1), 6-19. https://doi.org/10.36312/ejiip.v3i1.146
Damanik, T. M., Pahmi, K., Nasrida, M. F., Ginting, D. T. B., & Sitompul, D. H. (2020). The Effect of Contextual Teaching and Learning (CTL) Strategy with the Assistance of Multimedia on Students’ Learning Outcomes. In Proceedings of the 1st Unimed International Conference on Economics Education and Social Science (UNICEES 2018) (pp. 171-174). Medan, Indonesia: Universitas Negeri Medan.
Dewi, C. (2022). The Effect of Flash-Based Interactive Learning Multimedia on the Thematic Learning Outcomes of Grade 5 Students in Elementary School. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 10(1), 12-
21. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.20026
Ditama, V., Saputro, S., & Saputro, A. N. C. (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif dengan Menggunakan Program Adobe Flash untuk Pembelajaran Kimia Materi Hidrolisis Garam SMA Kelas XI. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 4(2), 23-31.
Ibrahim, M. (2010). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.
Incedayi, N. (2018). The Impact of Using Multimedia Technologies on Students Academic Achievement in the Bakirköy Final College. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 5(1), 40-
47. http://dx.doi.org/10.20431/2349-0381.0501007
Iskandar, A., Rizal, M., Kurniasih, N., Sutiksno, D. U., & Purnomo, A. (2018). The Effects of Multimedia Learning on Students Achievement in Terms of Cognitive Test Results. J. Phys.: Conf. Ser., 1114(012019), 1-7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1114/1/012019
Khoiriah., Jalmo, T., & Abdurrahman. (2016). The Effect of Multimedia-Based Teaching Materials in Science Toward Students’ Cognitive Improvement. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 5(1), 75-82.
https://doi.org/10.15294/jpii.v5i1.5793
Maku, N., Novian, D., & Yassin, R. M. T. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X RPL pada Mata Pelajaran Pemrograman Dasar di SMK 1 Gorontalo. Inverted : Journal of Information Technology Education, 1(2), 1-9.
https://doi.org/10.37905/inverted.v1i2.10227
Mawaddah, S., Tati, A. D., & Pagarra, H. (2022). The Effect of Articulate Storyline Based Interactive Multimedia on V Grade Student in Thematic Learning Outcomes. Excellent Education, Science and Engineering Advances Journal, 1(2), 13-24.
Nabung, A. (2023). Improving EFL Learning Outcomes by Interactive Multimedia Use and Learning Style. Premise : Journal of English Education and Applied Linguistics, 12(1), 256-274.
http://dx.doi.org/10.24127/pj.v12i1.6223
Noverdika, Y. (2021). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Model Tutorial dalam Pembelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMPN 17 Padang. Jurnal Literasiologi, 5(1), 105-
122. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v5i1.181
Purwanita, Y., Riyanto, Y., & Suyanto, T. (2019). The Influence of Multimedia Assisted Inquiry Learning Methods on My Heroes' Theme of Critical Thinking Skills and Learning Outcomes of Class IV Students of Elementary School. International Journal for Educational and Vocational Studies (IJEVS), 1(2), 75-80. https://doi.org/10.29103/ijevs.v1i2.1435
Qoni’ah, A., Hairunisyah, S., & Gunawan, I. W. (2020). Pengaruh Cooperative Meaningful Instructional Design (C-MID) Berbantuan Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi (JPFT), 6(2), 284-286.
https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.1778
Rasyid, M., Azis, A., & Saleh, A. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia dalam Konsep Sistem Indera pada Siswa Kelas XI SMA. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(2), 69-80.
http://dx.doi.org/10.17977/um052v7i2p69-80
Roemintoyo., Efendi, A., Budiarto, M. K., & Wibawanto, H. (2021). The Effect of Interactive Multimedia to Improve the Cognitive Learning Outcome in Senior High School’s Student. International Journal of Education and Knowledge Management (IJEKM), 4(1), 1-9. https://doi.org/10.37227/IJEKM-2021-01-34
Rumansyah, M. (2016). Perbedaan Pengaruh Pembelajaran dengan Menggunakan Modul Interaktif dan Modul Konvensional terhadap Pemahaman Konsep IPA. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 4(1), 54-62. https://doi.org/10.21831/jpms.v4i1.12428
Santoso, A. (2010). Studi Deskriptif Effect Size Penelitian-penelitian di Fakultas Psikologi Universitas Sanata Dharma. Jurnal Penelitian, 14(1), 1-17.
Syafri, F. S., Sari, I. T. S., & Isran, D. (2021). The Influence of Computer-Based Multimedia Materials on Learning Outcomes of Class VII Students on the Set Material in SMP N 6 Bengkulu Selatan. J. Phys.: Conf. Ser., 1731(012037), 1-6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1731/1/012037


Waruwu, T. (2020). Pengaruh Penggunaan Multimedia Pembelajaran terhadap Hasil Belajar IPA SMP Negeri 1 Moroo. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 500-504. https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.2150
Wati, W. W., Asrizal., & Festiyed. (2022). Meta Analisis Pengaruh Multimedia Interaktif terhadap Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 8(2), 195-204. https://doi.org/10.24036/jppf.v8i2.119210