EKSPLORASI EPISTEMIC COGNITION SISWA KELAS 8 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA

Main Article Content

Imam Rofiki Puguh Darmawan Slamet Slamet Sri Wahyuni Syekha Vivi Alaiya Mutiara Sani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi epistemic cognition siswa dalam memecahkan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan desain studi kasus jamak. Penelitian ini melibatkan 52 siswa kelas 8 Sekolah Menengah Pertama. Siswa diberikan lembar tugas pemecahan masalah matematika dan diminta untuk menyelesaikannya. Kemudian, peneliti mewawancarai siswa. Data yang diperoleh dianalisis untuk memperoleh karakterisasi epistemic cognition siswa. Penelitian ini menemukan bahwa epistemic cognition dikategorikan menjadi dua jenis/kategori, yaitu epistemic cognition global dan epistemic cognition lokal. Epistemic cognition global terjadi ketika siswa menggunakan strategi metakognisi global, strategi pemecahan masalah, dan tipe justifikasi own explanation (atau rule). Sementara, epistemic cognition lokal terjadi ketika siswa menggunakan strategi metakognisi lokal, strategi pemecahan masalah, dan tipe justifikasi procedural description (atau assumption, vague/ broad statement). Temuan penelitian ini dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan bagi guru dalam merancang strategi pembelajaran yang dapat mengembangkan epistemic cognition siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Rofiki, P. Darmawan, S. Slamet, S. Wahyuni, S. Alaiya, and M. Sani, “EKSPLORASI EPISTEMIC COGNITION SISWA KELAS 8 DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 95-106, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Anggrayni, D., Haryanto, H., & Syaiful, S. (2021). Analisis Epistemic cognition siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif materi teori peluang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 829–841.
Aziz, T. A. (2021). Eksplorasi justifikasi dan rasionalisasi mahasiswa dalam konsep Teori Graf. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 6(2), 40–54.
Back, R.-J., Mannila, L., & Wallin, S. (2010). Student justifications in high school mathematics. In Proceedings of CERME (Vol. 6, pp. 291–300).
Barr, S., & Askell-Williams, H. (2020). Changes in teachers’ epistemic cognition about self–regulated learning as they engaged in a researcher-facilitated professional learning community. Asia-Pacific Journal of Teacher Education, 48(2), 187-212.
Barrouillet, P., & Gauffroy, C. (2013) The Development of thinking and reasoning. Psychology Press. https://doi:10.4324/9780203068748.
Candrama, M. M. T., Darmawan, P., & Basri, H. (2023). High school student’s thinking in solving curved sides space numeracy problem on AKM based on Dual-Process Theory. JRPIPM: Jurnal Riset Pendidikan dan Inovasi Pembelajaran Matematika, 7(1), 1-25.
Chaplin, J.P. (2001). Kamus lengkap psikologi. PT. Raja Grafindo Persada.
Cresswell, K. M. (2012). Implementation and Adoption of the First National Electronic Health Record: a Qualitative Exploration of the Perspectives of Key Stakeholders in Selected English Care Settings Drawing on Sociotechnical Principles. The University of Edinburgh.
Darmawan, P., Rofiki, I., Utami, A. D., Alaiya, S. V., & Sani, M. (2024). Case study of students’ misconceptions in adding and subtracting fractions and their solutions. Kontinu: Jurnal Penelitian Didaktik Matematika, 8(1), 20–46.
Davita, P. W. C., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika ditinjau dari gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 11(1), 110–117. https://doi.org/10.15294/kreano.v11i1.23601
Dike, G., & Yunianta, T. N. H. (2020). Skim siswa dalam menyelesaikan soal pola barisan. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 23–39. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i1.153
Fitrih, D, M., Ardiana, N., & Pratiwi, Y. (2018). Analisis keterampilan metakognitif ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah siswa Kelas XI MAN Panyabungan. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 1(1), 2621-9832.
King, A. (1991). Effects of training in strategic questioning on children’s problem-solving performance. Journal of Educational Psychology, 83 (3), 307–317. https://psycnet.apa.org/doi/10.1037/0022-0663.83.3.307
Ku, K. Y. L., & Ho, I. T. (2010). Metacognitive strategies that enhance critical thinking. metacognition and learning, 5, 251–267.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (1994). Qualitative Data Analysis: An Expanded Sourcebook. Sage.
Nafi’an, M, I. (2020). Tipe justifikasi siswa dalam menyelesaikan soal matematika. Al-Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 13-22.
Polya, G. (1971). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princenton University Press.
Ramadhina, A. L., Septiana, C., Pebrianti, M., & Wahidin, W. (2021). Eksplorasi etnomatematika konsep pola bilangan dalam permainan tradisional. Jurnal Magister Pendidikan Matematika (JUMADIKA), 3(2), 65–69. https://doi.org/10.30598/jumadikavol3iss2year2021page65-69
Riani, R., Asyril, A., & Untu, Z. (2022). Metakognisi siswa dalam memecahkan masalah matematika. Primatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(1), 51–60.
Rizqiani, S. A., & Hayuhantika, D. (2019). Analisis metakognisi dalam penyelesaian masalah matematika ditinjau dari tingkat kemampuan matematika. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 5(1), 26-32. https://doi.org/10.29100/jp2m.v5i1.1734
Rofiki, I. (2015). Penalaran imitatif siswa dalam menyelesaikan masalah generalisasi pola. In Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pembelajarannya 2015, (Vol. 1, pp. 511–520).
Rofiki, I., Nusantara, T., Subanji,, & Chandra, T. D. (2017). Reflective plausible reasoning in solving inequality problem. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSRJRME), 07(01), 101–112. https://doi.org/10.9790/7388-07010110111
Sarumaha, R. (2022). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar matematika siswa MTs Telukdalam. Jurnal Education and Development, 10(3), 414–419.
Schraw, G. (1998). Promoting general metacognitive awareness. Instructional Science, 26(1), 113–125. https://doi.org/10.1023/A:1003044231033
Sidarta, C. A., & Yunianta, T. N. H. (2022). Pengembangan video animasi pola konfigurasi objek untuk pembelajaran jarak jauh. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(2), 127–138. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i2.p127-138
Wulandari, N. P. R., Dantes, N., & Antara, P. A. (2020). Pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis open ended terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(2), 131–142.
Yulianto, A., Usodo, B., & Subanti, S. (2019). Epistemic cognition of student in solving mathematical problem. Journal of Physics: Conference Series, 1211(1), Article 012092. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1211/1/012092