ANALISIS PENGGUNAAN SALINDIA AKIBAT PEMBELAJARAN TANPA BUKU CETAK DI SMA HINDU UWP ASTIKA DHARMA KARANGASEM

Main Article Content

I Wayan Numertayasa Ni Putu Sutariningsih

Abstract

Pada penelitian ini membahas tentang penggunaan salindia di SMA Hindu UWP Astika Dharma akibat pembelajarannya yang tidak menggunakan buku cetak sebagai salah satu media belajar di sekolah. Tujuan dari penelitian ini ialah mengetahui seberapa besar persentase rasa ketergantungan siswa terhadap salindia atau slide PowerPoint sebagai media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif deskriptif.  Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa siswa mampu menyesuaikan penggunaan salindia tanpa menuntut agar salindia dijadikan media ajar satu-satunya dalam kegiatan belajar-mengajar, karena menyimak pemaparan guru lebih mereka tonjolkan dalam mengkombinasikan antara menyimak apa yang disampaikan gurunya dengan penayangan salindia. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan salindia di sekolah yang dimaksudkan tidak sepenuhnya menjadi media pembelajaran, kombinasi antara menyimak guru yang tengah mengajar dengan diimbangi penayangan salindia menjadi opsi yang baik. Mengingat para siswa tidak mengharuskan rupa salindia (segi tipografi dan design) sesuai keinginan mereka sepenuhnya, sebagai saran terbaik adalah guru dapat mengemas kelas menjadi kelas yang dapat membangun minat belajar siswa agar efektif dan lebih baik lagi dengan media yang ada di sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
I. W. Numertayasa and N. Sutariningsih, “ANALISIS PENGGUNAAN SALINDIA AKIBAT PEMBELAJARAN TANPA BUKU CETAK DI SMA HINDU UWP ASTIKA DHARMA KARANGASEM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 144-149, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Agustina, E. (2015). Pengaruh Desain Sampul Buku Terhadap Minat Baca Siswa Di Perpustakaan ManyogyakarTA III.
Ambarwati, M. (2022). SMK/MAK KELAS X Dasar-Dasar Desain Komunikasi Visual (R. Permana, Ed.). Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Aprilia, D. R. (2013). Pengaruh Bahan Baku, Tenaga Kerja, Jam Kerja Mesin Dan Pengawasan Mutu Produk Terhadap Jumlah Kerusakan Hasil Produksi Buku Pada Pt. Masmedia Buana Pustaka Sidoarjo.
Darmawan, A. J. (2016). Pengantar Desain Grafis (B. Trim, Ed.; Vol. 1). Ditjen PAUD dan Dikmas, Kemendikbud RI.
Eliastuti, M. (2023). Kesalahan Penggunaan Kata-Baku Pada Salindia-Salindia Presentasi Mahasiswa Semester 3 UNINDRA. Jurnal Riset Sosial Humaniora dan Pendidikan, 2(2), 37–48. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v2i2.785
Hanifah, H. (2020). Perilaku Dan Karateristik Peserta Didik Berdasarkan Tujuan Pembelajaran. Jurnal Manajemen dan Ilmu Pendidikan, 2, 105–117.
Iswanto, R. (2023). Perancangan Buku Ajar Tipografi. Nirmana, 23(2), 123–129. https://doi.org/10.9744/nirmana.23.2.123-129
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Vol. 03).
Olivianita, L., & Ariyanto, R. (2016). Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Hasil Cetakan Buku Menggunakan Metode Moora. Polinema.
Sukendar, I. (2008). Analisis Pengendalian Kualitas Produk Cetak Buku Dengan Menggunakan Seven Tools Pada PT. .XYZ. Seminar on Application and Research in Industrial Technology, SMART.
Vegatama, M. R. (2018). Arfak Chem: Chemistry Education Journal Pengaruh Penggunaan Media Macromedia Flash Dan Powerpoint Pada Pembelajaran Langsung Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas X1 Ipa Sma Negeri 2 Sungguminasa (Studi Pada Materi Pokok Asam-Basa). Arfak Chem: Chemistry Education Journal. http://jurnal.unipa.ac.id/index.php/accej
Wirnawa, K., & Sukma Dewi, P. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Negeri 1 Gedongtataan Di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik (JI-MR, 3(2), 109–113.
Yulianto, A. (2021). Pelatihan Penyusunan Makalah dan Salindia Berkualitas Bagi Mahasiswa Baru Universitas Nahdlatul Ulama BlitarTahun Akademik 20212022. Jurnal Indonesia Mengabdi.
Yulianty, D., & Atmaja, S. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Fisika Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Peserta Didik Kelas Xi Sma Negeri 22 Jakarta. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), 1(1).
Yunita, P. (1999). Tipografi Dalam Desain Komunikasi Visual. Nirmana, 1, 47–54. http://puslit.petra.ac.id/journals/design/