PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GAMSUYA BERBASIS WORDWALL DAN CANVA MAPEL IPAS DI SD

Main Article Content

Yulianti Yulianti Mustamiroh Mustamiroh Iksam Iksam Tri Wahyuningsih

Abstract

Perkembangan teknologi di era society 5.0 khususnya dalam proses pembelajaran guru dapat memvariasikan dengan memanfaatkan permainan namun tidak menghilangkan tujuan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan proses pengembangan media, kelayakan media, dan keefektifan dari media interaktif GAMSUYA berbasis wordwall dan canva. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research & Development (R&D) dengan model pengembangan 4D yang terdiri dari empat tahap, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (development), dan penyebarluasan (dissemination). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu dan objeknya adalah media interaktif GAMSUYA yang dikembangkan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif. Temuan penelitian adalah sebagai berikut: (1) menghasilkan produk yang bernama GAMSUYA, yakni permainan wordwall yang dikombinasikan dengan canva dan disajikan dalam bentuk link; (2) media interaktif GAMSUYA telah memenuhi kriteria kelayakan (kelayakan ahli materi sebesar 93% dan kelayakan ahli media sebesar 89%); (3) media interaktif GAMSUYA telah memenuhi kriteria keefektifan (keefektifan respon peserta didik sebesar 90% dan keefektifan respon guru sebesar 89%). Media interaktif GAMSUYA yang dikembangkan telah memenuhi aspek kelayakan dan keefektifan yang diperuntukkan bagi guru untuk menggunakan media ini untuk siswa kelas IV SDN 004 Samarinda Ulu pada materi keberagaman suku dan budaya di Indonesia.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Yulianti, M. Mustamiroh, I. Iksam, and T. Wahyuningsih, “PENGEMBANGAN MEDIA INTERAKTIF GAMSUYA BERBASIS WORDWALL DAN CANVA MAPEL IPAS DI SD”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 381-388, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Aidah, N., & Nurafni. (2022). Analisis Penggunaan Aplikasi Wordwall pada Pembelajaran IPA Kelas IV di SDN Ciracas 05 Pagi. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 161–174.
Ardini, J. P., & Sumardi. (2022). Pengembangan Media Interaktif Software Prezi pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2(2), 258–266. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i02.1 609
Dewi, D. P., SB, N. S., Putri, D. S., & Afni, N.(2023). PEMAIN BIT IPAS (Pengembangan Media Interaktif Berbasis IT IPAS). Cahya Ghani Recovery.
Diandita, Y. N., Saputra, R., & Zulfiati, H. M. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Google Sites pada Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 3339–3347.
Ernita, W. D., Novrianti, Zuwirna, & Meldi, A. (2023). Pengembangan Game Pembelajaran Menggunakan Platform Wordwall pada Tema 3 Makananan Sehat Kelas V Sekolah Dasar. Journal on Education, 5(4), 13386–13390. https://doi.org/10.31004/joe.v5i4.2346
Kasa, B., Taneo, S. P., Dua Lehan, A. A., Benu, A.B. N., Bulu, V. R., Loko, L. E., & Nota, M. C.
G. (2021). Efektivitas Penggunaan Aplikasi Wordwall dalam Pembelajaran IPS Secara Daring (Online) di Kelas Tinggi Sekolah Dasar. Haumeni Journal of Education, 1(2), 154–159. https://doi.org/10.35508/haumeni.v1i2.5902 Maisarah, Mesra, R., Agustina, P., Narayanti, P. S.,
Mayasari, Suyuti, Saptadi, N. T. S., Wibowo, M. A., Tandirerung, V. A., Imbar, M., Ananingsih, V. K., & Salem, V. E. T. (2023). Media Pembelajaran. PT Sada KurniaPustaka.
Munir. (2017). Pembelajaran Digital. Alfabeta. Nuraeni, F., Rahayu, P., Hasyim, B., Septiani, D.,
Khuluqiyah, D. A., & Nurinsani, D. A. (2023). Pengaplikasian Wordwall Sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Sekolah Dasar. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 2(1), 60–68.
Olisna, Zannah, M., Sukma, A., & Aeni, A. N. (2022). Pengembangan Game Interaktif Wordwall untuk Meningkatkan Akhlak Terpuji Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4133–4143.https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2737 Parisa, M., Arcana, I. N., Susetyo, A. E., & Kuncoro,
K. S. (2023). Pengembangan Kuis dan Game Edukasi Menggunakan Wordwall pada Pembelajaran Daring Pertidaksamaan Nilai Mutlak Bentuk Linier. Jurnal Theorems (The Original Research of Mathematics), 7(2), 167–180. https://doi.org/10.31949/th.v7i2.4351
Pradani, T. G. (2022). Penggunaan media pembelajaran wordwall untuk meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa pada pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Educenter: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(5), 452–457.
PSahanata, M., Asiani, R. W., Syahputri, E. D., & Pradani, A. P. (2022). Pelatihan Penggunaan Aplikasi Wordwall sebagai Sarana Menciptakan Media Pembelajaran Interaktif. eJurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 1(1), 11–21.
Sukatin, Hasanah, S. A. N., Ningsi, O., Pratiwi, R. I., & Subagia, W. (2022). Perkembangan Pendidikan di Era 5.0. PIJAR: Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 1(1), 78–86.
Suryani, N., Setiawan, A., & Putria, A. (2019). Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.
Susilana, R., & Riyana, C. (2018). Media Pembelajaran (Hakikat Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian). CV Wacana Prima.
Widianto, E., Husna, A. A., Sasami, A. N., Rizkia,
E. F., Dewi, F. K., & Cahyani, S. A. I. (2021).
Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Journal of Education and Teaching, 2(2), 213–224. https://doi.org/10.24014/jete.v2i2.11707
Widodo, A., Indraswati, D., Sutisna, D., Nursaptini, & Anar, A. P. (2020). Pendidikan IPS Menjawab Tantangan Abad 21: Sebuah Kritik Atas Praktik Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(2), 185–198. https://doi.org/10.19105/ejpis.v2i2.3868
Wildan, A., Suherman, & Rusdiyani, I. (2023).
Pengembangan Media GAULL (Game Edukasi Wordwall) pada Materi Bangun Ruang untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 1623–1634. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i2.2357 Winarni, E. W. (2018). TEORI DAN PRAKTIK PENELITIAN KUANTITATIF, KUALITATIF, PTK, R&D. Bumi Aksara.
Yulianti, D., & Minsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Kartu Pak Alam Berbasis Game Edukatif IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 5086–5096. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3030
Zulfa, P. I., Ni’mah, M., & Amalia, N. F. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi IT dalam Mengatasi Keterbatasan Pendidikan di Era 5.0 pada Sekolah Dasar. el Bidayah: Journal of Islamic Elementary Education, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.38073/jpi.v9i1.204