ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP PGRI 4 TIRTOYUDO

Main Article Content

Hendra Rustantono Nindia Rosa Nirmada Hamidi Rasyid

Abstract

Kurikulum Merdeka, inisiatif baru dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, telah diperkenalkan di beberapa sekolah di Indonesia sejak tahun ajaran 2022/2024. Salah satu contohnya adalah SMP PGRI 4 Tirtoyudo di Kabupaten Malang, yang memulai implementasi Kurikulum Merdeka pada tahun pelajaran 2023/2024 untuk siswa kelas VII. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses implementasi Kurikulum Merdeka dalam pembelajaran IPS, dengan fokus pada tahapan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan berdasarkan model analisis data Miles & Huberman untuk memahami dampak dan efektivitas dari penerapan kurikulum ini dalam konteks pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS telah menyusun perencanaan pembelajaran sebelum pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dimulai. Selama pelaksanaan, pembelajaran berlangsung sesuai dengan perangkat ajar yang telah disiapkan, meskipun perlu penyesuaian tertentu mengingat kondisi kelas. Guru IPS juga telah melakukan evaluasi terhadap pembelajaran yang dilaksanakan. Secara keseluruhan, penerapan Kurikulum Merdeka di SMP PGRI 4 Tirtoyudo, khususnya dalam pembelajaran IPS, telah berjalan cukup baik.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Rustantono, N. Nirmada, and H. Rasyid, “ANALISIS IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA PEMBELAJARAN IPS DI SMP PGRI 4 TIRTOYUDO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 52-57, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Amiruddin, Yunus, M., As, H. (2023). Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di SDN BISSOLORO KEC. BUNGAYA KAB. GOWA. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran. 6(2):279-287.
Asmariani. (2014). Prinsip-Prinsip Pengembangan Kurikulum Dalam Perspektif Islam. Jurnal AL-AFKAR, 3(2), 55-85.
Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaa, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. (2022). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah.
Barqah, Achmad Iqbal. (2023). Implementasi Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Menggunakan Kurikulum Merdeka Belajar Di Sekolah Menengah Pertama Negeri 4 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. SKRIPSI.
Indrayana, I. P. T., Manik, S. E., Lisnasari, S. F., Br, R. H., Suryaningsih, N. M. A., Marlinda, N. L. P. M., ... & Sulistyani, U. (2022). Penerapan Strategi dan Model Pembelajaran pada Kurikulum Merdeka Belajar. Media Sains Indonesia.
Jufriadi, A., Huda, C., Aji, S.D., Pratiwi, H.Y., & Ayu, H.D. (2022). Analisis keterampilan abad 21 melalui implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 7(1), 39–53.
Keputusan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor 033/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka. (2022). Jakarta : Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Khoirurrijal, Fadriati, Sofia, Makrufi, A.D., Gandi, S., Muin, A., Tajeri, Fakhruddin, A., Hamdani, Suprapno. (2022). Pengembangan Kurikulum Medeka. Malang : Literasi Nusantara Abadi.
Khonsa, N., dkk. (2023). Kesiapan Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (Studi Kasus SMP Negeri 137 Jakarta). Journal on Education. 6(1) : 6908-6921.
Naufal, H. (2021). Model Pembelajaran Konstruktivisme pada Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa di Era Merdeka Belajar. In ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 2, 143-152.
Qurniawati, D.S. (2023). Efektivitas Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar. Confrence of Elelementary Studies, 195-203.
Rahmad. (2016). Kedudukan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Sekolah Dasar. Muallimuna Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 67-78.
Sari, S. P., & Sari, D. S. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ARTIKULASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 1 MERBAU KECAMATAN MERBAU KABUPATEN KEPULAUAN MERANTI. Jurnal Online Mahasiswa Pendidikan Matematika (JOMPEMA), 1(1), 163-174.
Setiawati, F. (2022) Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Nizamul ‘Ilmi : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 7(1), 1-17.
Suardipa, I. P., & Primayana, K. H. (2023). Peran desain evaluasi pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. Widyacarya: Jurnal Pendidikan, Agama dan Budaya, 4(2), 88-100.
Sugiarto, S. dkk. (2022). Penguatan Growth Mindset Guru Dalam Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 75-78.
Suhandi, A.M. & Robi’ah, F. (2022). Guru dan Tantangan Kurikulum Baru : Analisis Peran Guru dalam Kebijakan Kurikulum Baru. Jurnal Basicedu, 6(4):5940.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Jakarta. Presiden Republik Indonesia.