KONTRUKSI SOSIAL GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS 9 MTS BUSTANUL ULUM KARANGSUKO

Main Article Content

Hamidi Rasyid Fitrotul Ainiyah Hendra Rustantono

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja  yang dihadapi oleh guru yang berlatar belakang berbeda dengan  siswa pengajar dalam proses pembelajaran IPS di salah satu lembaga pendidikan di Desa Karangsuko Pagelaran Provinsi Malang. Tujuan  penelitian ini adalah untuk mengetahui  permasalahan apa saja yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran IPS siswa kelas 9 MTs Bustanur Ulum Karangsuko, dan bagaimana struktur sosial guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan grounded theory. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS masih mempunyai banyak  kendala dalam memahami IPS dalam proses pembelajaran, dan guru IPS menyusun tiga kontruksi (1) Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari proses kehidupan sehari-hari  dan permasalahan sosial  dalam masyarakat. (2) Ilmu sosial  mempelajari hubungan manusia antara individu, individu  dan  kelompok, dan kelompok. (3) Ilmu sosial merupakan disiplin ilmu yang mencakup  sejarah, geografi, sosiologi, dan ekonomi.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Rasyid, F. Ainiyah, and H. Rustantono, “KONTRUKSI SOSIAL GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS 9 MTS BUSTANUL ULUM KARANGSUKO”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 48-51, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Afsari, dkk. 2021. Systematic Interatur Review: The Effectiveness Of Realistic Mathematics Education Approach In Mathematics Learning. Indonesian Journal Of Intellectual Publication. 1(3).
Berger Peter dan Luckman, Thomas.1990. Tafsiran Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta:LP3ES
Miles, M & A, Michael Humberman. 2007. Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press.
Mira Azizah, 2019. Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran IPS
Moloeng, L. J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Noname, N. 2018. Pemahaman Teoritik Teori Konstruksi Sosial. Jurnal Inovasi, 12(2).
Ratnawati, Etty. 2018. Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu.
Riko Agus Setiawan, Muchamad Syafri Hidayat, dan Fitri Fatimah. 2023. Pengertian dan Hakikat Belajar & Pembelajaran Bahasa Arab.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Titus, Hjelm. 2018. Peter L. Berger and the sociology of Religion. Journal Sage, 18(3).
Woolfolk, A. 2020. Psikologi Pendidikan: Edisi Pembelajaran Aktif. New York Pearson.