KONTRUKSI SOSIAL GURU PADA PEMBELAJARAN IPS DIKELAS 9 MTS BUSTANUL ULUM KARANGSUKO
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi oleh guru yang berlatar belakang berbeda dengan siswa pengajar dalam proses pembelajaran IPS di salah satu lembaga pendidikan di Desa Karangsuko Pagelaran Provinsi Malang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui permasalahan apa saja yang dihadapi guru dalam proses pembelajaran IPS siswa kelas 9 MTs Bustanur Ulum Karangsuko, dan bagaimana struktur sosial guru. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan jenis pendekatan grounded theory. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru IPS masih mempunyai banyak kendala dalam memahami IPS dalam proses pembelajaran, dan guru IPS menyusun tiga kontruksi (1) Ilmu sosial adalah ilmu yang mempelajari proses kehidupan sehari-hari dan permasalahan sosial dalam masyarakat. (2) Ilmu sosial mempelajari hubungan manusia antara individu, individu dan kelompok, dan kelompok. (3) Ilmu sosial merupakan disiplin ilmu yang mencakup sejarah, geografi, sosiologi, dan ekonomi.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Berger Peter dan Luckman, Thomas.1990. Tafsiran Sosial Atas Kenyataan Risalah Tentang Sosiologi Pengetahuan. Jakarta:LP3ES
Miles, M & A, Michael Humberman. 2007. Qualitative Data Analysis. Jakarta: UI Press.
Mira Azizah, 2019. Persepsi Guru Sekolah Dasar Terhadap Pembelajaran IPS
Moloeng, L. J. 2021. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Noname, N. 2018. Pemahaman Teoritik Teori Konstruksi Sosial. Jurnal Inovasi, 12(2).
Ratnawati, Etty. 2018. Pentingnya Pembelajaran IPS Terpadu.
Riko Agus Setiawan, Muchamad Syafri Hidayat, dan Fitri Fatimah. 2023. Pengertian dan Hakikat Belajar & Pembelajaran Bahasa Arab.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Titus, Hjelm. 2018. Peter L. Berger and the sociology of Religion. Journal Sage, 18(3).
Woolfolk, A. 2020. Psikologi Pendidikan: Edisi Pembelajaran Aktif. New York Pearson.