PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HOTS PESERTA DIDIK

Main Article Content

Meliza Meliza Nenni Faridah Lubis Putri Siregar

Abstract

Higher order thinking skills (HOTS) merupakan keterampilan berpikir yang dapat menuntun keterampilan berpikir yang tidak hanya mengaplikasikan apa yang sudah dipahami, melainkan menganalisis, mengevaluasi, dan mengaplikasikan ini termasuk ke dalam keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan higher order thinking skills (HOTS)  melalui penerapan model project based learning (PjBL) pada materi larutan elektrolit dan non elektrolit peserta didik MAN Labuhanbatu Selatan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pre-eksperimental  dengan one-group pretest-posttest design.  Teknik pengumpulan data mengggunakan tes dan observasi. Uji yang digunakan dalam penelitian  ini yaitu uji normalitas, uji N-Gain, pair sample t-test. Pada analisis deskriptif dengan bantuan software SPSS versi 22 di dapatkan nilai rata-rata penerapan pengggunaan model project based learning (PjBL) adalah 87,4 termasuk dalam kategori sangat baik. Selanjutnya dengan menggunakan uji-t menunjukkan nilai signifikansi lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05). Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model project based learning (PjBL) pada materi larutan elektrolit dan non-elektrolit dapat meningkatkan higher order thinking skills (HOTS) peserta didik MAN Labuhanbatu Selatan.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Meliza, N. Lubis, and P. Siregar, “PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN HOTS PESERTA DIDIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 336-342, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Alviah, Iis, Endang Susilowati, & Mohammad Masykuri. (2020). Pengaruh Kemampuan Literasi Kimia Terhadap Capaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA Negeri 1 Sukoharjo Pada Materi Larutan Penyangga Dengan Pemodelan Rasch. Jurnal Pendidikan Kimia. 9 (2), 121-130
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Fahmi. (2022). Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Kompetensi Larutan Elektrolit Pada Peserta Didik Kelas X MIPA-6 SMA Negeri 1 Pekalongan Semester 2 Tahun Pelajaran 2018-2019. Jurnal Pendidikan Dasar & Menengah. ISSN 2776-5865, 3 (1), 91-104
Hake, R, R. (1999). Analyzing Change/ Gain Scores.AREA-D American Education Research Association’s Devision.D, Measurement And Reasearch Methodology.
Kertati, Indra, dkk. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif Era Digital : Penerapan & Implementasi Pembelajaran Inovatif Berbasis Studi Kasus Era Industri 4.0 dan Society 5.0. PT Sonpedia Publishing Indonesia.
Kristiyanto, Dedi. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Matematika Dengan Model Project Based Learning (PjBL). Jurnal Mimbar Ilmu. 25 (1), 1-10.
Lestari, Nyoman Ayu Putri, dkk. (2023). Model-Model Pembelajaran untuk Kurikulum Merdeka di Era Society 5.0. Nilacakra.
Malik, Adam & M. Minan Chusni. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Deepublish.
Meliza, & Ermawita. (2024). Meta-Analisis Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Model Inquiry Learning terhadap Hasil Belajar. Jurnal Education and Development, 12(1), 172–179
Megawati, Wardani, Ambarsari Kusuma., & Hartatiana. (2020). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Matematika Model PISA. Jurnal Pendidikan Matematika, 14 (1), 15-24.
Mudrikah, Saringatun, dkk. (2022). Inovasi Pembelajaran di Abad 21. Demangan: Pradina Pustaka.
Putri, Wike Yunita. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit.
Riana, Indri. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit di SMA Negeri 1 Baitussalam.
Sani, Ridwan Abdullah. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills). Tira Smart.
Saputro, Okta Aji & Theresia Sri Rayahu. (2020). Perbedaan pengaruh penerapan model Project Based Learning (PjBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4 (10), 185-193
Simamora, Khairul Fahmi. (2022). Kemampuan HOTS Siswa Melalui PjBL Ditinjau dari Kemampuan Literasi Kimia Siswa. Jurnal Inovasi Pendididan Kimia. pISSN : 2685 -0761, 4 (1), 55-65
Sasmono, S. (2018). Project Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kimia Siswa Pokok Bahasan Hakikat Ilmu Kimia. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 189. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.727
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta.
Supriadi, Gito (2021). Statistik Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Suryani, Nina Dwi. (2022). Mengenal HOTS (Higher Order Thinking Skills) Dalam Pendidikan. Malang: Media Nusa Creative.
Yani, Ahmad. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. Ahlimedia Press.
Zahroh, Fathimatuz. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Elektrokimia. Jurnal Phenomenon. 10 (2), 191-203.