URGENSI INOVASI PENDEKATAN INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Main Article Content

Alfauzan Amin Sarmi Yonani

Abstract

Metode pembelajaran berbasis individu semakin penting di era di mana teknologi menjadi mudah diakses. Saat ini, masyarakat membutuhkan pendidikan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya belajar individu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui urgensi pendekatan individual dalam meningkatkan kualitas pembelajaran perspektif pendidikan Islam. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode penelitian kepustakaan dengan buku-buku dan jurnal-jurnal serta artikel yang berkaitan denga pendekatan individu, pendidikan islam dan pembelajaran sebagai sumber informasi. Hasil dari penelitian ini adalah pendekatan individual menjadi salah satu cara pendidik untuk menggali informasi mengenai diri peserta didik, hal ini bertujuan untuk memudahkan pendidik dalam mengenali karakteristik bawaan dari masing-masing peserta didik, dimana karakter bawaan ini dapat dijadikan sebagai salah satu dasar dalam memilih media, metode, strategi dan model pembelajaran yang tepat sehingga pembelajaran akan lebih optimal dan berkualitas. Dalam pendidikan islam pendekatan individual ini dimaksudkan untuk menghargai pemikiran dari masing-masing peserta didik yang sudah pasti anak berbeda antara satu peserta didik dengan peserta didik lainnya.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Amin and S. Yonani, “URGENSI INOVASI PENDEKATAN INDIVIDUAL DALAM MENINGKATKAN KUALITAS BELAJAR PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 472-479, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Alfian, N. I. (2015). Dakwah fardiyah. AT-TABSYIR: Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 3(1), 67–86.
Alfauzan Amin, Pengembangan Materi Pendidikan Agama Islam Berbasis Model Pembelajaran Inquiry Training Untuk Karakter Kejujuran Siswa Sekolah Menengan Pertama, At-Ta’lim, Vol 17, No 1. Januari 2018
Alfauzan Amin, Implementasi Pendidikan Agama Islam Berwawasan Lingkungan Hidup dan Budaya di Sekolah Menengan Pertama (SMP), IJSSE : Indonesia Journal of Social Science Education Vol 1, No 1, Januari 2019
Alfauzan Amin, Pemahaman Konsep Abstrak Ajaran Agama Islam Pada Anak Melalui Pendekatan Sintetik dan Isyarat Analogi Dalam Al-Qur’an, Madania Vol 21, No 2, Desember 2017
Alimni, Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Bersih Desa di Purbosari Kecamatan Seluma Barat Kabupaten Seluma, Manhaj : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, Vol 4 No 2, 2019
Ambarwati, D., Wibowo, U. B., Arsyiadanti, H., & Susanti, S. (2022). Studi Literatur: Peran Inovasi Pendidikan pada Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 8(2), 173–184. https://doi.org/10.21831/jitp.v8i2.43560
Basir, M. (2017). Pendekatan Pembelajaran (Issue July). LAMPENA INTIMEDIA.
Bebasari, M., & Suhaili, N. (2022). Perbedaan individu di dalam psikologi pendidikan. Indonesian Journal of Counseling and Development, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.32939/ijcd.v4i1.1117
Efendi, A. L., Pujiaryanti, A. D., Umniyya, A., Aditya, D., Rahmania, D. A., & Malang, U. N. (2023). PENERAPAN PENGELOLAAN MANAJEMEN KELAS MELALUI PENDEKATAN GROUP PROCESS DI SD MUHAMMADIYAH 4. Manajemen Pendidikan, 18(2), 201–207. https://doi.org/10.23917/jmp.v18i2.23292
Faizah, S. N. (2020). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 1(2), 175. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85
Farhan, A. (2023). Inovasi Pelayanan Publik pada Pemerintah Daerah di Indonesia. Matra Pembaruan, 7(2), 111–123. https://doi.org/10.21787/mp.7.2.2023.111-123
Hadi, S. (2011). Pembelajaran Sosial Emosional Sebagai Dasar Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Teknodik, 2, 227–240.
Iqbal, M. (2016). Peningkatan Prestasi Peserta Didik Melalui Pendekatan Personal. Lentera, 16(18), 86–91.
Landasan, S. (2013). PEMBELAJARAN KOLABORATIF : Diklus, September, 292–304.
Lestari, L., & Septiana, N. (2021). PENGARUH PENDEKATAN INDIVIDUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS TINGGI DI SDN 143 REJANG LEBONG. EBTIDA’: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 01(02).
Lubis, M. S. (2021). Belajar dan Mengajar Sebagai Suatu Proses Pendidikan Yang Berkemajuan. JURNAL LITERASIOLOGI, 5(2), 95–105.
Mappasiara. (2018). Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup, dan Epistemologinya). Inspirasi, 1(3), 86–104. https://belajarbersamavika.blogspot.com/2020/07/objek-pendidikan-islam.html
Mubarok, H., & Apriani, N. (2022). Pelaksanaan Pendekatan Individual Dalam Pembelajaran PAI di SD Negeri 117874 Kotapinang. TA’DIBAN: Journal of Islamic Education, 2(1), 37–42. https://doi.org/10.61456/tjie.v2i1.33
Muhammad Yusuf, Muzdalifah, Mujadidah Alwi, B. (2022). Konsep Dasar Dan Ruang Lingkup Pendidikan Islam. Bacaka: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 74–80.
Mulyati, S., Nur, S., & Syahid, A. (2021). Pendekatan Individual dalam Perkembangan Anak Didik. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 159–169. https://doi.org/10.46963/alliqo.v6i2.399
Nerita, S., Jamna, J., & Solfema, S. (2022). Perbedaan Individu dalam Proses Pembelajaran dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Bioscientist : Jurnal Ilmiah Biologi, 10(2), 1077. https://doi.org/10.33394/bioscientist.v10i2.6333
Shaifudin, A. (2020). Pendekatan sosio-emosional dalam pembelajaran. El-Wahdah: Jurnal Pendidikan, 1(1).
Suwarno, Y. (2016). Inovasi disektor Publik. STIA LAN, December 2016, 1–38. files/1765/Suwarno - 2016 - Bab I Mengenal Inovasi.pdf%0Ahttps://www.researchgate.net/publication/327289042_Bab_I_Mengenal_Inovasi
Tengku Kasim, T. S. A., & Che Husain, F. (2008). Pendekatan individu dalam pengajaran Pendidikan Islam sebagai wahana melahirkan modal insan bertamadun. Jurnal Usuluddin, 27, 141–156.
Turdjai. (2016). Pengaruh Pendekatan Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Triadik, 15(2), 17–29. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/triadik/article/download/2865/1373
Turhusna, D., Solatun, S., & Tangerang, U. M. (2020). Perbedaan individu dalam proses pembelajaran. As-Sabiqun : Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2, 28–42.
Wahyudi, S. (2019). TEORI INOVASI: SEBUAH TINJAUAN PUSTAKA. Jurnal Valuta, 2(2), 5–10.
Warsita, B. (2009). Strategi pembelajaran dan implikasinya pada peningkatan efektivitas pembelajaran. Jurnal Teknodik, XIII(1).
Zagoto, M. M., & Yarni, N. (2019). Perbedaan individu dari gaya belajarnya serta implikasinya dalam pembelajaran. Jurnal ReviewPendidikan Dan Pengajaran, 2, 259–265.
Zahra Rosyiddin, A. A., Johan, R. C., & Mulyadi, D. (2022). Inovasi Pembelajaran Sebagai Upaya Menyelesaikan Problematika Pendidikan Indonesia. Inovasi Kurikulum, 19(1), 44–53. https://doi.org/10.17509/jik.v19i1.42679
Zulkifli. (2019). Konsep Pendidikan Dalam Islam. Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 15(2), 65–71. https://doi.org/10.31000/rf.v15i2.1805.