MENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MODEL PBL BERBANTUAN MIND MAPPING

Main Article Content

Rizky Rahmadani Stepanus Sahala Sitompu Erwina Oktavianty

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik setelah diimplementasikan model Problem Based Learning dengan metode Mind Mapping  pada materi zat dan perubahannya.  Dalam penelitian ini menggunakan one-group-pretest-posttest-design dengan sampel penelitian diantaranya 15 orang laki-laki dan 17 orang perempuan. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah tes pemahaman konsep peserta didik dengan teknik pengukuran, teknik angket dan teknik dokumentasi sebagai teknik pengumpulan informasi data. Analisis data yang dilakukan untuk mengidentifkasi peningkatan pemahaman konsep peserta didik sebelum dan sesudah diterapkan model berbasis masalah dengan metode mind mapping. Hasil penelitian ini menunjukkan peningkatan pemahaman konsep dengan yang dibuktikan dari hasil rata-rata skor pretest-posttest sebesar 16,62 menjadi  88,27 serta dilakukan uji wilcoxon signed rank dengan nilai Asymp. Signifikansi (2-tailed) sebesar 0,000. Maka dapat dinyatakan bahwa H0 ditolak dan HA diterima. Selain itu, efektivitas implementasi untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik diukur menggunakan effect size dengan hasil sebesar 4,78 termasuk kategori tinggi.  Temuan ini menyatakan bahwa model  Problem Based Learning dengan metode Mind Mapping untuk meningkatkan pemahaman konsep dapat memberikan proses pembelajaran dengan suasana belajar yang aktif dan kreatif.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Rahmadani, S. Sitompu, and E. Oktavianty, “MENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DENGAN MODEL PBL BERBANTUAN MIND MAPPING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 58-63, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Ahmad Walid, Sajidan, R. M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures untuk Meningkatkan Curiosty dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10(1), 22–27. https://doi.org/10.15294/jpfi.v10i1.3047
Alpha, M. G. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 989–995.
Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Aam Amaliyah, Azwar Rahmat Attadib: Journal of Elementary Education, Vol. 5 (1), Juni 2021. 5(1), 28–45.
Aprinawati, I. (2018). Penggunaan Model Peta Pikiran (Mind Mapping) Untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Wacana Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 2(1), 140–147. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i1.35
Asmiati, A., Sumardi, L., Ismail, M., & Alqadri, B. (2022). Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Minat Melanjutkan Studi Anak Pada Masyarakat Nelayan di Desa Seruni Mumbul Kabupaten Lombok Timur. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 786–793. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.645
Belajar, H. (2023). ©JP-3 Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Penerapan Model Pembelajaran. 5(2), 157–161.
Ekantini, A. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran IPA di Masa Pandemi Covid-19: Studi Komparasi Pembelajaran Luring dan Daring pada Mata Pelajaran IPA SMP. Jurnal Pendidikan Madrasah, 5(2), 187–194. https://doi.org/10.14421/jpm.2020.52-04
Fariana, M., Sma N, G., Kabupaten, L. T., & Selatan, A. (2017). Implementasi Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Dan Aktivitas Siswa. Journal of Medives Journal of Mathematics Education IKIP, 1(1), 25–33.
http://e-journal.ikip veteran.ac.id/index.php/matematika
Handayani, R., Minarti, I. B., Mulyaningrum, E. R., & Sularni, E. (2023). Perwujudan Profil Pelajar Pancasila melalui Problem Based Learning pada Pembelajaran IPA di SMPN 37 Semarang. Journal on Education, 6(1), 518–525. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.2965
Iswara, S. N. W., Wahyudi, & Kusuma, D. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Tema 3 Subtema 2 Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning Siswa Kelas Iv. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(2), 388–396. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i2.2268
Kistian, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri Langung Kabupaten Aceh Barat. Bina Gogik, 5(2), 13–24.
Rahmawati, M. M. E., & Budiningsih, C. A. (2014). Pengaruh Mind Mapping Dan Gaya Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Siswa Pada Pembelajaran Ipa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 1(2), 123–138.
Rina Dwi Muliani, R. D. M., & Arusman, A. (2022). Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Riset Dan Pengabdian Masyarakat, 2(2), 133–139. https://doi.org/10.22373/jrpm.v2i2.1684
Rosmaya, E., Swadaya, U., Jati, G., & Pendahuluan, A. (2023). PENERAPAN MODEL PBL PADA MATA KULIAH KURIKULUM DAN. 12(2), 80–86.
Suhendar, U., & Ekayanti, A. (2018). Problem Based Learning Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(1), 15–19. https://doi.org/10.24269/dpp.v6i1.815
Surur, M., & Urfi, R. N. U. (2017). PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING MENGGUNAKAN INDEX CARD MATCH UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING Pendidikan di sekolah pada mengajar , yaitu adanya interaksi antara pendidikan di sekolah tergantung. Jurnal Edutama, 4(2), 11–18. https://doi.org/10.30734/jpe.v4i2.51
Ulfah, M., Bakti, I., & Saadi, P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning Dengan Tugas Mind-Map Pada Materi Larutan Penyangga. JCAE (Journal of Chemistry And Education), 5(3), 95–101. https://doi.org/10.20527/jcae.v5i3.1293
Zainuri, M., Matsum, J. H., & Thomas, Y. (2020). Tingkat Pendapatan, sosial, Budaya dan Jarak Rumah dengan Sekolah sebagai Faktor Penyebab Anak Putus Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10), 1–15.
Zulkarnain, I., & Sari, N. A. (2014). Model penemuan terbimbing dengan teknik Mind Mapping untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 240–249.