ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Muhammad Nur Asyidiq Nur Rahmah

Abstract

Discovery learning adalah pendekatan pembelajaran yang mendorong siswa untuk terlibat aktif dalam proses belajar melalui penemuan dan eksplorasi sedangkan Outdoor study merupakan metode yang mengintegrasikan kegiatan belajar dengan lingkungan alam. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui sejauh mana model discovery learning berbasis outdoor study dapat berdampak terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPAS. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif, data yang dikumpulkan menggunakan soal observasi, wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model discovery learning berbasis outdoor study dapat memberikan peningkatan terhadap hasil belajar terlihat pada test awal siswa 39% siswa yang berhasil menyelesaikan prettest dengan baik, sedangkan setelah menerapkan model discovery learning berbasis outdoor study siswa berhasil menyelesaikan posttes dengan baik dan mengalami peningkatan sebesar 80%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa discovery learning berbasis outdoor study efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan temuan model discovery learning berbasis outdoor study menunjukkan potensi dalam meningkatkan hasil belajar siswa selain itu siswa dapat mengembangkan keterampilan seperti observasi,analisis dan pemecahan masalah.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Asyidiq and N. Rahmah, “ANALISIS MODEL DISCOVERY LEARNING BERBASIS OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPAS DI SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 34-39, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

ANGGITA, S. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Pembelajaran Outdoor Study Untuk Meningkatkan Keaktifan Peserta Didik Kelas X Ips 1 Di Sman 7 Malang. Social: Jurnal Inovasi Pendidikan IPS, 2(4), 225-230.
Amini, R., & Saniyah, S. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran IPA Berbasis Picture And Picture di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 835-841.
Ade, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 14 Bermani Ilir Kabupaten Kepahiang (Doctoral dissertation, IAIN BENGKULU).
Elly, E., Rumanta, M., & Widiasih, W. (2021). Development of Natural Science Teaching Materials (IPA) Based Outdoor Basic Learning to Improve Creative Thinking Skills of Students in Class 2 Toboali State School 4, Bangka Selatan Regency. Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI- Journal), 4(4), 12495-12513.
Ermawati, D., Anisa, R. N., Saputro, R. W., Ummah, N., & Azura, F. N. (2023). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Dersalam. Kumpulan Artikel Pendidikan Anak Bangsa (Kapasa): Jurnal Pendidikan, Sosial dan Humaniora, 3(2), 82-92.
Hasnan, S. M., Rusdinal, R., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh penggunaan model discovery learning dan motivasi terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239-249.
Marta, H., Fitria, Y., Hadiyanto, H., & Zikri, A. (2020). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 149-157.
Marisya, A., & Sukma, E. (2020). Konsep model discovery learning pada pembelajaran tematik
terpadu di sekolah dasar menurut pandangan para ahli. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(3), 2189-2198.
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Keaktifan Belajar Siswa Melalui Model Discovery Learning Di Sekolah Dasar. Jurnal basicedu, 5(4), 1717-1724.
Prananda, G., Saputra, R., & Ricky, Z. (2020). Meningkatkan hasil belajar menggunakan media lagu anak dalam pembelajaran ipa sekolah dasar. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 304-314.
Rahmah, N. B. PENDIDIKAN 1. Pengertian pendidikan. Tahta Media Group, 85.
Rahmah, N., & Afifa, N. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Jurnal Didaktika Pendidikan Dasar, 7(3), 929–956. https://doi.org/10.26811/didaktika.v7i3.1264
Setyawan, R. A., & Kristanti, H. S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Discovery Learning Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 1076-1082.
Safitri, S., & Rahmah, N. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 26-33.
Safitri, D. (2024). Peran Metode Outdoor Study Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS di SMP. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(3), 3345-3354.
Sriramadhani, P., Rufaida, S., & Amal, A. (2024). Pengaruh Metode Outdoor Study Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa SD. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 684-697.
Yamin, M., & Syahrir, S. (2020). Pembangunan pendidikan merdeka belajar (telaah metode pembelajaran). Jurnal ilmiah mandala education, 6(1).