POLA ASUH ORANG TUA PADA KETERAMPILAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG

Main Article Content

Dzikra Ayu Adzkiya Reza Febri Abadi Neti Asmiati Ade Derajat Dewi Cahyaningrat

Abstract

Tunagrahita ialah istilah yang digunakan untuk seseorang yang memiliki perkembangan intelegensi yang terlambat. Seseorang dikategorikan tunagrahita jika memiliki tingkat kecerdasan (IQ) yang rendah (di bawah rata-rata normal), sehingga untuk proses tumbuh kembangnya memerlukan bantuan atau layanan yang sesuai, termasuk program pendidikannya. Program khusus bina diri ini bertujuan untuk kemandirian anak tunagrahita mengurus dirinya sendiri tanpa bergantung pada orang lain. Contoh dari program khusus bina diri anak tunagrahita sedang salah satunya latihan menggunakan toilet sendiri (toilet training). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan dengan tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sebagai pembanding atau pemeriksaan data serta mencegah kesalahan dalam analisis data. Pola asuh yang diterapkan oleh masing-masing orang tua terhadap pembelajaran toilet training anak tunagrahita usia 8 –12 tahun di SKh Negeri 02 Kota Serang yaitu orang tua D menerapkan pola asuh kombinasi antara pola asuh permisif dan pola asuh demokratis. Orang tua Z menerapkan pola asuh otoriter. Orang tua A menerapkan pola asuh permisif. Orang tua R menerapkan pola asuh kombinasi dari ketiga jenis pola asuh yaitu pola asuh permisif, demokratis, dan otoriter. Pola asuh orang tua berpengaruh dalam mendorong perkembangan kemandirian anak, namun jenis pola asuh yang diterapkan oleh orang tua kurang relevan dengan hasil kemandirian anak. Maka dalam menerapkan pola asuh perlu memberikan porsi dan pembawaan yang tepat dari orang tua agar dapat menghasilkan kemandirian anak yang berkembang dengan baik diseluruh aspek sehingga anak mampu untuk mandiri.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Adzkiya, R. F. Abadi, N. Asmiati, A. Derajat, and D. Cahyaningrat, “POLA ASUH ORANG TUA PADA KETERAMPILAN BINA DIRI ANAK TUNAGRAHITA SEDANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 487-492, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Arikunto. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: Sagung Seto.
Ayun, Q. (2017). Pola Asuh Orang Tua dan Metode Pengasuhan dalam Membentuk Kepribadian Anak. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 5(1), 102. https://doi.org/10.21043/thufula.v5i1.2421
Basuni, M. (2012). Pembelajaran Bina Diri Pada Anak Tunagrahita Ringan. In Jurnal Pendidikan Khusus: Vol. IX (Issue 1, p. 11). https://journal.uny.ac.id/index.php/jpk/article/view/6725/5780
Dr. Umar Sidiq, M.Ag Dr. Moh. Miftachul Choiri, M. (2019). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9). http://repository.iainponorogo.ac.id/484/1/METODE PENELITIAN KUALITATIF DI BIDANG PENDIDIKAN.pdf
Farida Rohayani, Wahyuni Murniati, Tirta Sari, & Annida Ramdhani Fitri. (2023). Pola Asuh Permisif dan Dampaknya Kepada Anak Usia Dini (Teori dan Problematika). Islamic EduKids, 5(1), 25–38. https://doi.org/10.20414/iek.v5i1.7316
Febriyanti, A. (2021). Peran Orang Tua Dalam Mendisiplinkan Toilet Training Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak Usia 2-4 Tahun Di Desa Bakal Dalam Kec. Talo Kecil Kab. Seluma) [Institut Agama Islam Negeri (Iain) Bengkulu]. In Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. http://journal.unilak.ac.id/index.php/JIEB/article/view/3845%0Ahttp://dspace.uc.ac.id/handle/123456789/1288
Golang Nuhan, H., & Ribek, I. N. (2021). Kemampuan Toilet Training Memiliki Hubungan dalam Pemakaian Diapers pada Anak Usia Toddler. Jurnal Gema Keperawatan, 14(2), 157–173. https://doi.org/10.33992/jgk.v14i2.1763
Haryono, Y., Lelono, S. K., & Yanti, T. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua dengan Kemampuan Perawatan Diri pada Anak Retardasi Mental. Jurnal Ilmiah Wijaya, 12(1), 66–75.
Komariah, Kokom, Agus Mulyanto, and R. N. (2019). Pengaruh Toilet Training Terhadap Kemandirian Anak Usia 4-5 Tahun Di Tkq Al-Huda Antapani Wetan Tahun Ajaran 2017-2018. EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 3(1), 33–35.
Lestari, F. P., & Mahmudah, S. (2018). Kontribusi Pola Asuh Orang Tua terhadap Self Care Skill Anak Tunagrahita di SDLB/C Alpa Kumara Wardhana II