PERKEMBANGAN PENELITIAN KUALITATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA: SEBUAH KAJIAN STUDI LITERATUR

Main Article Content

Wendi Saputra Yaya Sunarya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan penelitian kualitatif dalam pembelajaran membaca sepanjang tahun 2021-2024. Penelitian kualitatif dalam pembelajaran membaca akan menggambarkan kondisi membaca siswa secara natural dan nyata di sekolah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan jenis studi literatur. Metode ini akan menjawab permasalahan peneliti dengan berbagai kajian studi pustaka seperti buku, artikel penelitian, dan lain-lain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat metode kualitatif yang digunakan dalam penelitian pembelajaran membaca. Keempat metode tersebut yaitu metode etnografi, grounded theory, fenomenologi, dan studi kasus. Peneliti menemukan bahwa sepanjang tahun 2021-2024 terjadi peningkatan penelitian kualitatif secara signifikan. Metode studi kasus paling banyak digunakan peneliti dalam pembelajaran membaca yaitu sebanyak 38 artikel penelitian. Sedangkan metode grounded theory merupakan metode yang paling sedikit digunakan dalam pembelajaran membaca sejumlah 1 artikel penelitian.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Saputra and Y. Sunarya, “PERKEMBANGAN PENELITIAN KUALITATIF DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA: SEBUAH KAJIAN STUDI LITERATUR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 64-69, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Agus, C., & Anwar, A. A. (2021a). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Literature Circle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan …, 8(7), 2359–2372. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/5591%0Ahttp://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/download/5591/3142
Agus, C., & Anwar, A. A. (2021b). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Berbasis Literature Circle Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan …, 8(7), 2359–2372. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/5591%0Ahttp://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/download/5591/3142
Agwianto, R. R., & Manik, Y. M. (2023). Sistem Pembelajaran Menulis dan Membaca bagi Pemula di Kelas Rendah Kategori Sekolah Dasar. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 3(01), 196–203. https://doi.org/10.47709/educendikia.v3i01.2412
Apriliyani, F. D., Salamah, R. A., Amalia, F. P., & Sari, F. W. (2023). Studi Kasus Kesulitan Membaca Dan Upaya Guru Dalam Mengatasinya Pada Peserta Didik Kelas Iv B Sdn Demaan Jepara. Jurnal Muassis Pendidikan Dasar, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.55732/jmpd.v2i1.35
Ayuniar, D., Affandi, L. H., & Setiawan, H. (2021). Upaya Guru Dalam Mengajarkan Keterampilan Membaca Siswa Sd Pada Masa Pandemi Covid-19 Sdn Gugus Iv Kecamatan Pujut. Progres Pendidikan, 2(1), 26–30. https://doi.org/10.29303/prospek.v2i1.75
Bassey, M. (1999). Case Study Research in Educational Settings. Open University Press.
Chandra, C., Rahman, R., Damaianti, V. S., & Syaodih, E. (2021). Krisis Kemampuan Membaca Lancar Anak Indonesia Masa Pandemi COVID-19. Jurnal Basicedu, 5(2), 903–910. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.848
Creswell, J. (2008). Educational Research, planning, conducting, and evaluating qualitative and quantitative approaches. Sage Publication.
Dunne, C. (2011). The place of the literature review in grounded theory research. International Journal of Social Research Methodology, 14(2), 111–124. https://doi.org/10.1080/13645579.2010.494930
Elkins, M. Y. (2010). Using PICO and the brief report to answer clinical questions. Nursing, 40(4), 59–60. https://doi.org/10.1097/01.NURSE.0000369871.07714.39
Emzir. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.
Hasanah, N. (2020). Media Komik Dalam Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Di Gubuk Baca Sekolah Pagesangan Wintaos Gunungkidul (Studi Fenomenologi). Transformatif, 4(1), 49–62. https://doi.org/10.23971/tf.v4i1.1891
Ideyani Vita, N., Agus Zainal, M., STIK Pembangunan Medan, D., & STIK Pembangunan Medan, A. (2020). Gerakan Literasi Membaca: Studi Fenomenologi tentang Gerakan Literasi Membaca Siswa SMA Negeri 2 Medan. Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi Communique, 3(1), 41–47. https://ejurnal.stikpmedan.ac.id/index.php/JIKQ/article/view/41
Intaniasari, Y., & Utami, R. D. (2022). Menumbuhkan Budaya Membaca Siswa Melalui Literasi Digital dalam Pembelajaran dan Program Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(3), 4987–4998. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2996
Kasanah, S. P. U., Mukhlis, K. R., & Fidha, A. Z. (2024). STUDI LITERATUR : MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA ANAK SD MELALUI BUKU CERITA BERGAMBAR. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 5(1), 1027–1033.
Khusnia, M., Kholidin, N., & Pravitasari, D. (2022). Kesulitan Membaca Siswa (Studi Kasus di Sekolah Dasar). FingeR: Journal of Elementary School, 1(1), 32–44. https://doi.org/10.30599/finger.v1i1.97
Kirana, K. C., Suntari, Y., & Ew, E. D. (2024). Studi Literatur : Analisis Kesulitan Belajar Bahasa Indonesia Materi Teks Prosedur terhadap Pembelajaran Bermakna pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 1–10.
Machi, L. A., & McEVOY, B. T. (2022). The Literatur Review, 6 Steps to Success. In Corwin (four).
Maryamah, M., & Effendy, M. H. (2019). Penerapan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Keterampilan Membaca Cepat pada Siswa Kelas XI di MA Al-Falah Tlanakan Pamekasan. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.19105/ghancaran.v1i1.2990
Nadia Tiara Antik Sari, Indah Nurmahanani, Nahrowi Adjie, G. R. (2022). Persepsi Siswa Sekolah Dasar Kelas Rendah Terhadap Aktivitas Membaca Nyaring (Reading Aloud) : Sebuah Studi Kasus. Metodik Didaktik : Jurnal Pendidikan Ke-SD-An, 17(2), 81–90. https://ejournal.upi.edu/index.php/MetodikDidaktik/article/view/30845
Nai, F. A., Kosmas, J., & Nurhoeda, A. (2023). Pengembangan Literasi Siswa Melalui Model Pembelajaran Membaca Dan Menulis Permulaan. Optimisme: Jurnal Bahasa, Sastra Dan Budaya, 4(2), 1–12.
Noviandari, A., & Gularso, D. (2022). Budaya Membaca Siswa Di Sekolah Dasar Negeri Sokaraja Nanggulan Kulon Progo Yogyakarta. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(1), 276–290. doi: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v6i1.2880%0Ap-ISSN:
Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan: Penelitian Kuantitatif, penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. CV Bumi Maheswari.
Safa’ah, A., & Rimadhani M, N. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis Berbasis Indigenousasi dengan Media Flash Card. Bidayatuna Jurnal Pendidikan Guru Mandrasah Ibtidaiyah, 4(2), 169. https://doi.org/10.54471/bidayatuna.v4i2.1253
Safitri, D., & Warsiman, W. (2023). Implementasi Metode Silabel dalam Pembelajaran Membaca Permulaan (Studi Kasus pada Siswa Kelas VII SMP Harapan 2 Genteng). JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(10), 8311–8320. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2206
Savitri, D. I. (2022). Studi Kasus Kesulitan Belajar Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar Dampak Learning Loss. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(8), 3084–3089. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i8.769
Stough, L. M., & Lee, S. (2021). Grounded Theory Approaches Used in Educational Research Journals. International Journal of Qualitative Methods, 20, 1–13. https://doi.org/10.1177/16094069211052203
Sukadari, S., Suyata, S., & Kuntoro, S. A. (2015). Penelitian Etnografi Tentang Budaya Sekolah Dalam Pendidikan Karakter Di Sekolah Dasar. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 3(1), 58–68. https://doi.org/10.21831/jppfa.v3i1.7812
Waruwu, M. (2023). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai , 7(1), 2896–2910.
Windasari, I., Apriliana, A. C., & Artikel, I. (2022). STUDI KASUS TERHADAP ANAK BERKESULITAN MEMBACA ( DISLEKSIA ) PADA SISWA KELAS II SDN PARAKANMUNCANG I Anak berkesulitan belajar memiliki ketidakteraturan dalam proses fungsi mental dan fisik yang bisa menghambat alur belajar yang normal , sehingga menyeba. Literat-Jurnal Pendidikan.(1), 53–63. https://ejournal.unsap.ac.id/index.php/literat/article/view/21