KAJIAN ETNOFISIKA MATERI GERAK PADA TARI TORTOR DI TAPANULI SELATAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA

Main Article Content

Sari Wahyuni Rozi Nasution Hanifah Nur Nasution Unita Sukma Zuliani Nasution

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji etnofisika konsep gerak pada tari tortor di Tapanuli Selatan dalam pembelajaran Fisika, yang diharapkan dapat dijadikan sebagai media dalam pembelajaran fisika untuk mengkaji konsep gerak pada tari tortor di Tapanuli Selatan, dan diharapkan dapat memperkenalkan budaya Tapanuli Selatan dengan mempelajari konsep-konsep fisika di dalamnya. Budaya dan pendidikan mempunyai peran yang sangat penting dalam menumbuhkan dan mengembangkan nilai luhur bangsa kita, yang berdampak pada pembentukan karakter yang didasarkan pada nilai budaya yang luhur. Tari Tortor merupakan salah satu kearifan lokal yang berasal dari Sumatera Utara lebih lengkapnya daerah Humbang Hasundutan, Toba, Tapanuli Tengah dan Tapanuli Selatan. Peneliti mengambil khas tari Tortor bagian Tapanuli Selatan untuk diteliti. Pembelajaran berbasis kearifan lokal merupakan salah satu upaya melestarikan kebudayaan tradisional suatu daerah agar tidak tergerus oleh perkembangan zaman dan tetap terjaga hingga generasi mendatang. Budaya akan lebih dikenal apabila dimasukkan ke dalam kegiatan pembelajaran salah satunya adalah di bidang IPA dan fisika. Pembelajaran fisika yang terintegrasi dengan kearifan lokal dapat meningkatkan kreativitas dan hasil belajar peserta didik. Selain itu, juga mampu meningkatkan karakter positif peserta didik seperti karakter jujur, disiplin, tekun, bertanggung jawab, dan peduli terhadap lingkungan. Penelitian ini termasuk penelitian kualitatif jika ditinjau dari segi datanya. Adapun tahapan dari metode penelitian ini adalah Observasi, Wawancara, Dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis, diverifikasi, dan direduksi kemudian dikontruski ke pengetahuan ilmiah dan diintepretasikan ke konsep fisika pada pembelajaran fisika.

Article Details

How to Cite
[1]
S. W. Rozi Nasution, H. N. Nasution, and U. S. Z. Nasution, “KAJIAN ETNOFISIKA MATERI GERAK PADA TARI TORTOR DI TAPANULI SELATAN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 359-362, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Anikarnisia, N. M., & Wilujeng, I. (2020). Need assessment of STEM education based on local wisdom in junior high school. The 5th International Seminar on Science Education, Journal of Physics: Conference Series, 1–6. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1440/1/012092.
Asra, A., Festiyed, Mufti, F., & Asrizal. (2021). Pembelajaran Fisika Mengintegrasikan Etnosains Permainan. KONSTAN Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 6(2), 66– 73.
Astuti, Irnin Agustina Dwi& Y. B. 2021. Kajian Etnofisika Pada Tari Piring Sebagai Media Pembelajaran Fisika. Prosiding Seminar Nasional Sains, 477- 482.
Lubis, S. S., & Sahyar, S. (2021, March). The Development of High School Physics Textbooks Based on Batak Culture. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1811, No. 1, p. 012081). IOP Publishing.
Muyassarah, A., Ratu, T., & Erfan, M. (2019). Pengaruh Pembelajaran Fisika Berbasis STEM Terhadap Kemampuan Motorik Siswa. Prosiding SNFA (Seminar Nasional Fisika Dan Aplikasinya), 1–6.
Nurhidayat, Wahyu.,Fifi Aprilia., Depi Siti Wahyuni., & Nana. 2020. Etnofisika Berupa Implementasi Konsep Kalor Pada Tari Mojang Priangan.Jurnal Hasil Kajian,138-141.
Rahmawati, N. P., In'am, A., & Dintarini, M. (2019). Implementation of Patil Lele Traditional Game As Ethnomathematics to Improve Student’s Perspective to Mathematics. Mathematic Education Journal (MEJ), 3(2), 130-138.
Sudjana. 2018. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.
Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Tuhusula, T. S., Pattana, B., Randai, E., Wateriri, D. R., Walukow, A. F., Tuhusula, T. S., ... & Walukow, A. F. (2020). Eksperimen Menggunakan Virtual Lab Berbasis PHET Simulation dalam Pembelajaran Fisika pada Materi Gerak Parabola Program Studi Pendidikan Fisika, Universitas Cenderawasih Learning Physics on Parabolic Movement Materials. Jurnal Pendidikan Fisika, 2.
Wahyuni, W. (2018, September). Ethnomatematika Geulengkue Teu Peu Poe Permainan Daerah Pada Anak Pesisir Aceh. In Seminar Nasional Royal (SENAR) (Vol. 1, No. 1, pp. 527- 532).