POLA PENGAJARAN GURU GUNA MENINGKATKAN MUTU BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AMALIYAH TANJUNG TIGA

Main Article Content

M. Baihaqi Irhamuddin Irhamuddin

Abstract

Penelitian  ini bertujuan untuk mendeskripsikan   pola pengajaran guru  guna  meningkatkan mutu belajar siswa pada mata pelajaran  fiqh di Madrasah  Aliyah Swasta Amaliyah Tanjung Tiga. Tujuan penulisan pada artikel ini sebagai edukasi dan informasi kepada pembaca bahwa madrasah Aliyah Swasta Amaliyah  Tanjung Tiga memiliki kiprah dalam meningkatkan hasil belajar siswa khususnya pada mata pelajaran Fiqh. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang berupaya  memaparkan fenomena-fenomena sosial yang sedang berkembang pada massa sekarang. Teknik pengumpulan data yang dilakukannya adalah observasi dan wawancara tidak terstruktur lalu kemudian data dianalisis secara objektif dan dideskripsikan secara ilmiah dengan mengikuti prosedur penulisan karya tulis ilmiah. Dari Hasil penelitian maka ditemukan yaitu: pertama, mata pelajaran fiqh merupakan salah satu mata pelajaran pokok dalam ilmu Pendidikan agama Islam, Kedua, peserta didik mengalami peningkatan kompetensi dari hasil belajar pada mata pelajaran fiqh. Ketiga, metode pembelajaran diramu dengan sedemikan rupa agar mudah untuk di pahami oleh peserta didik. Keempat, melakukan evaluasi berkala terkait aktivitas belajar mengajar yang telah diselenggarakan.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Baihaqi and I. Irhamuddin, “POLA PENGAJARAN GURU GUNA MENINGKATKAN MUTU BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH SWASTA AMALIYAH TANJUNG TIGA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 493-500, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Adriani, N. (2018). Pembelajaran Fiqh di Madrasah Ibtidaiyah. In Grou (Vol. 23529, Issue 2).
Agustina, D. (2020). Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri Program Khusus MAN 4 Banjar. http://idr.uin-antasari.ac.id/id/eprint/14184
Anjani, D., Priatna, O. S., & Mukri, S. G. (2021). Hubungan Pemahaman Materi Pembelajaran Fiqih Dengan Pengamalan Ibadah Sholat Siswa di Mts Nurul Ihya Kota Bogor. Fikrah Journal of Islamic Education, 5(1), 79–90.
Aseri, M. (2022). Manajemen Pembelajaran Fiqih di Sekolah dan Madrasa Bagi Guru Pendidikan Agama Islam. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 229. https://doi.org/10.35931/am.v6i2.920
Aslan. (2018). Pada Madrasah Aliyah Di Kabupaten Sambas. 5, 115–124.
Ati, I. cahyaning. (2021). Implementasi Pembelajaran Fiqih Melalui Media Berbasis E-Learning Madrasah Siswa di MTS Almaarif 01 Singosari pada Masa Pandemi Covid-19. Vicratina, 6(2), 65–71. http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3011
Azizah, S. (2014). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FIQIH MELALUI PENERAPAN METODE DEMONSTRASI DI KELAS II MADRASAH IBTIDAIYAH AL-HIKMAH KALIBATA JAKARTA SELATAN (Penelitian Tindakan Kelas. 1.
Baihaqi, M. (2023). LEARNING PATTERNS DURING THE COVID 19 PANDEMIC AT THE PRIVATE MADRASAH ALIYAH AMALIYAH TANJUNG TIGA. 1, 89–98.
Harsyah, Z. (2008). METODE PEMBELAJARAN FIQIH KONTEKSTUAL DI KELAS ULYA MADRASAH DINIYAH NURUL UMMAH KOTAGEDE YOGYAKARTA. In JURUSAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM FAKULTAS TARBIYAH: Vol. المجلد 49 (Issue UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA).
Hartedi, S. (2023). Desain Pembelajaran materi Fiqih Dalam PersPektiF kurikulum merDeka belajar. Al-Bahtsu, 7(2), 46–52.
Khoirunnisak. (2021). Pembelajaran Fikih Di Madrasah Aliyah. Al-Hasany, 2(1), 1–5. http://books.google.com.co/books?id=iaL3AAAAQBAJ&printsec=frontcover&dq=intitle:Market+research+in+Practice+inauthor:hague&hl=&cd=1&source=gbs_api%0Apapers3://publication/uuid/4EEA28E9-41A0-4677-9426-7B552915D62F%0Ahttps://doi.org/10.1080/23311886.2019.16
Masykur, M. R. (2019). Metodologi Pembelajaran Fiqih. Jurnal Al-Makrifat, 4(2), 31–44.
Nurhayati, N. (2018). Memahami Konsep Syariah, Fikih, Hukum Dan Ushul Fikih. Jurnal Hukum Ekonomi Syariah, 2(2), 124–134. https://doi.org/10.26618/j-hes.v2i2.1620
Rohman, A. A. (2009). Efektivitas Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di MAN 13 Jakarta. 1–83.
Sukino, S., Erwin, E., & Maulidia, A. (2020). Pendekatan Humanistik-Religius dalam Pembelajaran Fikih di Madrasah Aliyah Negeri 3 Pontianak, Kalimantan Barat, Indonesia. DAYAH: Journal of Islamic Education, 3(2), 169. https://doi.org/10.22373/jie.v3i2.7234
Zubaidillah, M. H. (2018). Analisis Mata Pelajaran Fikih Kelas X Materi Zakat Dan Hikmahnya Di Madrasah Aliyah. Al-Falah: Jurnal Ilmiah