SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA

Main Article Content

Yuli Bangun Nursanti Bagus Aqil Saputra Gibran Khalil Gibran

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas penerapan pendekatan etnomatematika dalam pembelajaran matematika dilihat dari kemampuan matematis yang dikembangkan, materi yang diajarkan, dan budaya yang digunakan sebagai pendekatan. Penelitian ini merupakan penelitian Systematic Literature Review (SLR) bertujuan  mengidentifikasi, meninjau, dan memberikan evaluasi penelitian-penelitian yang relevan guna menjawab pertanyaan penelitian yang telah ditetapkan. Penelitian ini merangkum, mereview, dan menganalisis 20 artikel yang memuat penerapan pendekatan etnomatematika dan pengembangan kemampuan matematis sebagai konten utama. Pencarian artikel pada penelitian dari Google Scholar dan Publish and Perish dengan berfokus pada artikel yang terakreditasi SINTA atau terindeks SCOPUS. Hasilnya adalah (1) kemampuan matematis yang secara efektif dapat dikembangkan dengan pendekatan etnomatematika adalah pemahaman konsep matematis, literasi matematis, berpikir kritis, pemecahan masalah, komunikasi matematis, berpikir kreatif, koneksi matematis, visualisasi geometris; (2) materi matematika yang secara efektif dapat dipelajari dengan pendekatan etnomatematika antara lain geometri seperti bangun datar, bangun ruang, transformasi geometri, dan koordinat kartesius, limit fungsi aljabar, dan operasi bilangan bulat; (3) budaya yang dapat dimanfaatkan dalam pendekatan etnomatematika antara lain bangunan adat, makanan adat, mainan adat, dan pakaian/kain adat, permainan adat, dan kegiatan sehari-hari.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Nursanti, B. Saputra, and G. Gibran, “SYSTEMATIC LITERATURE REVIEW: EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN ETNOMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 107-113, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Agusdianita, Neza, and Victoria Karjiyati. "The Use of Ethnomathematics Learning Devices Based on Realistic Mathematics Education Models on Mathematics Literacy Mastery." International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2020). Atlantis Press, 2021.
Astuningtyas, Erika Laras, Andhika Ayu Wulandari, and Isna Farahsanti. "Etnomatematika dan pemecahan masalah kombinatorik." Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika 3.2 (2017): 111-118.
Dinata, Pranita Marta, Anggit Grahito Wicaksono, and Ema Butsi Prihastari. "Efektivitas LKPD Berbasis Etnomatematika Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar di Era New Normal." Jurnal Educatio FKIP UNMA 8.3 (2022): 1128-1134.
Edi, Sarwo. "Eksplorasi konten transformasi geometri berbasis etnomatematika pakaian adat suku dayak kenyah." Prosiding Seminar Pendidikan Matematika Dan Matematika. Vol. 3. 2021.
Hamzah, Hasmawati. "Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Minat Kelas 5 SDN 12 Langkanae Kota Palopo." Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 5.1 (2022): 98-105.
Herawaty, Dewi, et al. "The improvement of the understanding of mathematical concepts through the implementation of realistic mathematics learning and ethnomathematics." International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018). Atlantis Press, 2019.
Herlinda, Nopri, and Adityawarman Hidayat. "PENGARUH PEMBELAJARAN ETNO-RME TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 BANGKINANG KOTA." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 8.3 (2023): 5666-5681.
Indriati, Mefa, Turmudi Turmudi, and Jarnawi Afgani Dahlan. "Effectiveness of ethnomathematics-based visual thinking approach in increasing mathematics literacy and cultural motivation." International Journal of Trends in Mathematics Education Research 5.4 (2022): 394-402.
Irfan, Muh. "Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa." Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika 5.2 (2022): 1-7.
Melati, Vina Rima, and Uba Umbara. "EFEKTIVITAS MODEL GUIDED DISCOVERY LEARNING BERBASIS ETNOMATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS." JUMLAHKU: Jurnal Matematika Ilmiah STKIP Muhammadiyah Kuningan 9.2 (2023): 29-38.
Nirmala, Linda, Agus Susanta, and Endang Widi Winarni. "Pengembangan E-Modul berbasis model realistich mathematics education (RME) menggunakan rumah adat bubungan lima untuk meningkatkan pemahaman konsep pada materi bangun datar kelas IV sekolah dasar." Jurnal Kajian Pendidikan Dasar 2.2 (2023): 345-357.
Nooryanti, Suci, Sri Utaminingsih, and Henry Suryo Bintoro. "Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik berbasis etnomatematika terhadap komunikasi matematis siswa sekolah dasar." ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika 3.1 (2020): 30-34.
Nur, Andi Saparuddin, Y. L. Sukestiyarno, and Iwan Junaedi. "Etnomatematika dalam perspektif problematika pembelajaran matematika: Tantangan pada siswa indigenous." Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana. Vol. 2. No. 1. 2019.
Nuraini, Nuraini, et al. "Problem based learning in ethnomathematics context toward students’ mathematics literacy on transformation geometry materials." AIP Conference Proceedings. Vol. 2659. No. 1. AIP Publishing, 2022.
Perdana, D. C., and I. Isrokatun. "Problem-based learning and ethnomathematics on mathematical understanding." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1318. No. 1. IOP Publishing, 2019.
Pinxten, Rik. "Ethnomathematics and its practice." For the learning of mathematics 14.2 (1994): 23-25.
Priyatna, Sundap, and Niken Wahyu Utami. "Ethnomathematics-based student worksheets: Yogyakarta traditional foods as a means to learn solid geometry." Instructional Media for Mathematics (IM Math) 1.1 (2023).
Putri, Galuh Rizky Nindy, and Zaenuri Zaenuri. "Exploration of Student’s Mathematical Connection Ability in PjBL with Ethnomathematics Nuance." Unnes Journal of Mathematics Education 11.3 (2022): 248-256.
Rahmadani, Mona Lisa, Zulfah Zulfah, and Zulhendri Zulhendri. "Pengaruh Pendekatan Ethno-RME terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa." JURNAL PENDIDIKAN MIPA 13.4 (2023): 1162-1170.
Santoso, Erik, Sudianto Sudianto, and Dedi Nurjamil. "BELAJAR GEOMETRI TRANSFORMASI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BAHAN AJAR ETNOMATEMATIKA." Jurnal THEOREMS (The Original Research of Mathematics) 7.1 (2022): 74-81.
Sudirman, S., et al. "Integrating ethnomathematics into augmented reality technology: Exploration, design, and implementation in geometry learning." Journal of Physics: Conference Series. Vol. 1521. No. 3. IOP Publishing, 2020.
Turmuzi, Muhammad, I. Gusti Putu Sudiarta, and I. Gusti Putu Suharta. "Systematic literature review: Etnomatematika kearifan lokal budaya Sasak." Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 6.1 (2022): 397-413.
Wahyudi, Wahyudi, and Aan Putra. "Systematics literature review: Eksplorasi etnomatematika pada aktivitas masyarakat." Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika 3.1 (2022): 173-185.
Wardani, Iwan Usma, Ni Ketut Suarni, and I. Gede Margunayasa. "Systematic Literature Review Etnomatematika: Pendidikan Matematika pada Kearifan Lokal Sasak." EDUKASIA: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 4.2 (2023): 2845-2858.
Widada, Wahyu, et al. "Ethnomathematics and outdoor learning to improve problem solving ability." International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession (ICETeP 2018). Atlantis Press, 2019.
Wijayanti, Ria, and Anita Trisiana. "Pengaruh Permainan Engklek Berbasis Etnomatematika Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas III." Jurnal Sinektik 1.2 (2018): 178-190.
Wulandari, Deah Uji, et al. "Integration of Ethnomathematics Teaching Materials in Mathematics Learning in Elementary School." IJORER: International Journal of Recent Educational Research 5.1 (2024): 204-218.
Yanti, Dwi, Wahyu Widada, and Zamzaili Zamzaili. "Pengaruh linier kovariat komunikasi matematis peserta didik terhadap rerata kemampuan akhir peserta didik dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik berorientasi etnomatematika Bengkulu." Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia 3.2 (2018): 82-93.