PENGEMBANGAN MEDIA ALBUM HERBARIUM TUMBUHAN BERBASIS LINGKUNGAN SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MORFOLOGI TUMBUHAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media album herbarium book yang layak dan valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran bagi mahasiswa pendidikan biologi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah research and development dengan model pengembangan oleh Hannafin dan Peck. Adapun tahap pengembangannya meliputi tahap: need assessment (analisis kebutuhan), design (perancangan), dan development/implementation (fase pengembangan dan implementasi). Dari hasil analisis data yang diperoleh, pengembangan media album herbarium tumbuhan berbasis lingkungan sebagai media pembelajaran morfologi tumbuhan termasuk dalam kategori sangat layak digunakan sebagai media pembelajaran. Hal ini dilihat dari hasil nilai validasi ahli materi 82%, ahli media 85%. Kriteria dari validator tersebut sangat layak. Untuk hasil respon mahsiswa untuk skala terbatas sebesar 88,4% dan skala operasional sebesar 95% termasuk dalam kategori sangat layak.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ali, Muhamad. 2009. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik.Jurnal Edukasi Elektro. 5(1): 10-16.
Arikunto, S. (2008). Dasar -Dasar EvaluasiPendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran EdisiRevisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Dikrullah.2017. Pengembangan Herbarium Book Sebagai Media PembelajaranBiologi Pada Mata Kuliah Struktur Tumbuhan TinggiMahasiswa Jurusan Pendidikan Biologi Uin Alauddin Makassa.
Hannafin, M.J. & Peck, K.L. (1988). The design, development and evaluation instructionalsoftware. New york: Macmillan PublishingCompany.
Mahnum. 2012. Media Pembelajaran (Kajian Terhadap Langkah-Langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). JurnalPemikiran Islam. 37(1): 27-36.
Musfiqon (2012). Pengembangan Media danSumber Pembelajaran. Jakarta: PrestasiPustakaraya
Putra, N. 2011.Reseacrh and Development, Penelitian dan Pengembangan Suatu Pengantar.PT. Raja Grafindo. Jakarta
Purwono, Dkk. 2014.Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Menengah Pertama negeri 1 Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran.2(2): 127
Sudarsono, Ratnawati, Budiwati. 2003. Taksonomi Tumbuhan Tinggi Yogurt.Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta.
Suwono, Hadi. (2011). Panduan BelajarPengembangan Media Mata Pelajaran
Biologi. Malang: UM Press
Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu Dalam Teori dan Praktik. Prestasi Pustaka Published. Jakarta. (2018): 35-43.