KOMPARASI KUALITAS HIDUP PENDUDUK PRA LANSIA MENURUT JENIS KELAMIN DI KELURAHAN TIMBANGAN KABUPATEN OGAN ILIR

Main Article Content

Adelia Jesika Dian Sri Andriani Azizah Husin

Abstract

Keberhasilan pemerintah dalam melakukan pembangunan nasional. Terutama di bidang kesehatan mampu mendorong meningkatnya. Kualitas hidup manusia yang berdampak pada meningkatnya jumlah penduduk uisa lanjut. Begitu pula yang terjadi di kabupaten Ogan Ilir presentase penduduk lansia mencapai 10,02% di tahun 2021. Maka dari itu, diperlukan persiapan yang harus dilakukan mulai dari usia pra lansia karena hal ini akan berpengaruh pada kualitas hidup penduduk di masa lansia nanti. Salah satu factor yang mempengaruhi kualitas hidup adalah jenis kelamin. Maka dari itu, peneliti tertarik untuk mengetahui perbedaan kualitas hidup penduduk pra lansia menurut jenis kelamin di kelurahan Timbangan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif yang menggunakan pendekatan komparatif untuk membandingkan antarvariabel atau objek yang diteliti. Sampel penelitian adalah penduduk usia pra lansia (45-59 tahun) di kelurahan Timbangan sebanyak 143 responden. Hasil pengujian data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kualitas hidup penduduk pra lansia menurut jenis kelamin di kelurahan Timbangan. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji Mann Whitney yang dilakukan menunjukkan nilai Asymp. Sig (2-tailed) yang diperoleh sebesar 0.032 < 0.05 sehingga Ha diterima.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Jesika, D. Andriani, and A. Husin, “KOMPARASI KUALITAS HIDUP PENDUDUK PRA LANSIA MENURUT JENIS KELAMIN DI KELURAHAN TIMBANGAN KABUPATEN OGAN ILIR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 136-143, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Agus, A. D., & Andromeda. (2014). Perbedaan Succesful Aging Pada Lansia Ditinjau Dari Jenis Kelamin. Intuisi Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(2). 85-91.
Akbar, Fredy dkk. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Kader Posyandu Lansia di Kecamatan Wonomulyo. Jurnal Abdidas, 2(2), 392-397.
Amruddin dkk. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Andriani, D. S., Putri, R. M., & Saputra, A. (2024). The Effect of Educational Background on The Quality of Life of The Pre-Elderly Population. Jurnal Biometrika dan Kependudukan : In Press, 13(1).
Bunga, Beatriks Novianti Kiling dkk. (2019). Tinjauan Tempat Tinggal dan Jenis Kelamin Pada Kualitas Hidup Orang Usia Lanjut.
Hariyanto dkk., (2018) Korelasi Kebersihan Botol Susu Dengan Kejadian Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) Pada Bayi Usia 1-12 Bulan. Jurnal Delima Harapan.
Hidayah, Nurul dkk. (2019). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kualitas Hidup Lansia di Yogyakarta.
Kiling, I. Y., & Bunga, B. N. (2019). Pengukuran dan Faktor Kualitas Hidup Pada Orang Tua Lanjut. Journal of Health and Behavioral Science, 1(3), 149-165.
Kurniawati, D. dkk. (2020). Penggunaan Skala Likert Untuk Menganalisa Efektivitas Registrasi Stakeholder Meeting: Exhibition Industry 2020. Seminar Nasional Terapan Administrasi Bisnis & MICE X.
Payumi & Imanuddin, B. (2021) Hubungan Penerapan Sistem Informasi Terhadap Keberhasilan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di Wilayah Kerja Puskesmas Sepatan Tahun 2020. Jurnal Health Sains, 2(1)
Priska, Bella dkk. (2020). The Relationship of Family Support with The Quality of Elderly Living in Sidomulyo Health Center Work Area in Pekanbaru Road. Jurnal Proteksi Kesehatan, 9(1), 1-8.
Purwanto. (2018). Teknik Penyusunan Instrumen Uji Validitas dan Realibilitas Penelitian Syariah. Magelang: StaiaPress.
Raharjo, Sahid . Contoh Kasus Uji Beda Mann Whitney Menggunakan SPSS. spssindonesia,com
Susilowati. (2017). Kegiatan Humas Indonesia Bergerak di Kantor Pos Depok II Dalam Meningkatkan Citra Instansi Pada Publik Eksternal. Jurnal Komunikasi, VIII(2).
Suwarsa, T., & Hasibuan, A. R. (2021). Pengaruh Pajak Restoran dan Pajak Hotel Terhadap Pendapatan Asli Daerah Kota Padangsidempuan Periode 2018-2020. Jurnal Akuntansi, 14(2).
Taluke, D. dkk. (2019). Analisis Preferensi Masyarakat Dalam Pengelolaan Ekosistem Mangrove Di Pesisir Pantai Kecamatan Loloda Kabupaten Halmahera Barat.
Widiyanto, Joko. 2010. SPSS for Windows untuk Analisis Data Statistik dan Penelitian. Surakarta: Badan Penerbit FKIP UMS.