PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS

Main Article Content

ira Restu Kurnia Septian Mukhlis Misbah Misbah

Abstract

Pembelajaran IPS memiliki potensi besar untuk meningkatkan partisipasi siswa dalam proses belajar mengajar di kelas. Partisipasi siswa merupakan salahsatu elemen penting demi tercapainya tujuan pembelajaran yang diselenggarakan. Penelitian ini membahas mengenai penerapan model role playing untuk meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan partisipasi siswa setelah model role playing ini diterapkan. Penelitian ini dilakukan selama 3 siklus. Setiap siklusnya terjadi peningkatan indikator partisipasi siswa. Data yang diperoleh sebagai nilai akhir adalah sebesar  telah mencaapai nilai rata-rata di atas 80% sehingga hal tersebut dapat membuktikan bahwa model pembelajaran role playing.

Article Details

How to Cite
[1]
ira Kurnia, S. Mukhlis, and M. Misbah, “PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PARTISIPASI SISWA DALAM PEMBELAJARAN IPS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 77-81, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta
B. suryosubroto. 1997. Proses Belajar Mengajar di Sekolah Dasar. Jakarta. Rineka Cipta
Departemen Pendidikani iNasional.2006. iKurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas Hidayati .(2004). Pendidikan iIlmu iPengetahuan Sosial. iJogjakarta. iUniversitas Negeri Jogjakarta.
Djumingin , Sulastriningsih. 2011. Strategi dan iAplikasi iModel iPembelajaran Inovatif Bahasa dan Sastra. iMakassar: iBadan iPenerbit iUNM
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara
Johnson, E. B. (2009). Contextual Teaching & Learning. Bandung:Mizan Learning Center.
Naziaha, S.T., Maulana, L.H.,& Sutisnawati,A. 2020. Analisis Keefektifan Belajar Siswa Selama Pembelajaran Dari Pada Masa Covid-19 Di Sekolah Dasar. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(2), 109-120.
Sagala, Syaiful . (2003). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung. PT.Rosdakarya
Subana, M., Sudrajat, 2011. Dasar – Dasar Penelitian Ilmiah. Bandung: Pustaka Setia
Wiriaatmadja , Richiati. (2006i). iMetode iPenelitian iTindakan iKelasi. iBandung : iRemaja Rosdakarya.
Yeni, Herawati. (2008). Peningkatan Partisipasi Siswa Dalam Pembelajaran Biologi Melalui Optimalisasi Penggunaan Dengan Model Pembelajaran Problem Bed Learning. Laporan Penelitian. UNY.