VIRTUAL TOUR MENGGUNAKAN GAMBAR EQUIRECTANGULAR 360” (STUDI KASUS: SEKOLAH TINGGI PARIWISATA AMBARRUKMO YOGYAKARTA)

Main Article Content

Agung Yuliyanto Nugroho Nur Rohman Eli Suherli

Abstract

Kegiatan Pengenalan Kampus (KPK), dikemas dalam bentuk apapun tetap saja berisi pengenalan, orientasi, dan proses adaptasi mahasiswa baru terhadap lingkungan kampus, baik kehidupan secara akademik maupun kemahasiswaan yang tentunya berbeda dengan kondisi pada pada sekolah menengah atas (SMA). Hadirnya media berbasis online memungkinkan pengguna dapat mengakses informasi tanpa harus datang ke lokasi. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan kegiatan pengenalan kampus berbasis virtual tour sebagai media informasi lingkungan STIPRAM. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Deskriptif Kuantitatif, teknik pengumpulan data berasal dari observasi dan kuesioner. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa STIPRAM dengan jumlah sampel 125 orang responden. Tujuan penelitian ini adalah membuat foto 360 panorama kampus STIPRAM Yogyakarta dengan metode image stitching. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa kegiatan pengenalan kampus berbasis virtual tour sebagai media informasi layak untuk dikembangkan.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Nugroho, N. Rohman, and E. Suherli, “VIRTUAL TOUR MENGGUNAKAN GAMBAR EQUIRECTANGULAR 360” (STUDI KASUS: SEKOLAH TINGGI PARIWISATA AMBARRUKMO YOGYAKARTA)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 566-572, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Azwar, S. (2015). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23 . Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro
GREENGARD, Samuel. Virtual reality. Mit Press, 2019.
Jakaria, Y. (2015). Mengolah Data Penelitian Kuantitatif dengan SPSS. Bandung: ALFABETA.
RYAN, Marie-Laure. Narrative as virtual reality 2. Johns Hopkins University Press, 2015.
PUSTAKA MAJALAH, JURNAL ILMIAH ATAU PROSIDING
Adriyanto, A.R. and Triani, A.R., 2015. 360 Virtual Reality Panorama Of Indonesia Tourism. Bandung Creative Movement (BCM) Journal, 2(1).
Afriliana, Ida Indriyanto, Jatmiko., 2018 Implementasi Augmented Reality Untuk Pengenalan Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama
Ahmad, H., and B. G. Sigarete. "Preferensi Mahasiswa dalam Berwisata: Studi Kasus Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM), Yogyakarta." Jurnal Kepariwisataan 12.1 (2018): 55-64.
Anggraini, S.D., Sidyawati, L., Ponimin, P. and Ujang, N., iOMTARA (INTERIOR OMAH NUSANTARA): Aplikasi Room Tour Dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality Sebagai Media Pengenalan Pariwisata Rumah Tradisional Nusantara. Jurnal IPTA (Industri Perjalanan Wisata), 7(2), pp.223-246.
Artha, B., Hadi, A.S. and Sari, N.P., 2020. Faktor Penentu Pariwisata Virtual Situs Warisan Dunia di Indonesia: Sebuah Telaah Pustaka dan Kerangka Konseptual. Jurnal Kepariwisataan Indonesia: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Kepariwisataan Indonesia, 14(1), pp.38-45.
AULIA, ADITYA. Sistem Informasi Akademik Sekolah Tinggi Pariwisata (STiPRAM) Ambarukmo Berbasis Web menggunakan PHP dan Mysql. Diss. Universitas Gadjah Mada, 2018.
Bafadhal, A.S., 2020. Pendampingan Pembuatan Konten Virtual Tourism sebagai Inisiasi Living Lab Cagar Budaya Kampoeng Heritage Kayoetangan. Jurnal Abdimas Pariwisata, 1(2), pp.66-73.
Bahari, A.F., & Ashoer, M. (2018) Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi dan Psikologis Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Ekowisata. Jurnal Manajemen Ide Inspiriasi. Vol 5, No 1, Hal 69-78.
Baharuddin, M., Yulianti, Y. and Nasution, H., 2015. Rancang Bangun Aplikasi M-Commerce Pariwisata kota Singkawang Berbasis Android. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 3(3), pp.315-319.
Biantoro, D.L. and Harianto, W., 2019. Implementasi Sistem Virtual Reality Pada Objek Wisata Di Jatim Park. Semnas SENASTEK Unikama 2019, 2.
Chiao, Huei-Ming, Yu-Li Chen, and Wei-Hsin Huang. "Examining the usability of an online virtual tour-guiding platform for cultural tourism education." Journal of Hospitality, Leisure, Sport & Tourism Education 23 (2018): 29-38.
Dantes, G.R., Sudarma, K. and Suputra, H., 2016. Virtual Reality dan Augmented Reality: Pemberdayaan Wisata Bawah Laut dalam Rangka Meningkatkan Daya Dukung Pariwisata. Proceeding Semnasvoktek, 1, pp.8-8.
Dika Ivana Christine, Eliezer. PERANAN MOTIVASI MAHASISWA DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DI UNIVERSITAS DARMA PERSADA. Diss. Universitas Darma Persada, 2018.
Efendi, Y. and Junaidi, J., 2018. Aplikasi 3D Mapping Menggunakan Virtual Reality (Studi Kasus Museum Sang Nila Utama). J-SAKTI (Jurnal Sains Komputer dan Informatika), 2(2), pp.107-114.
Fahruddin, A. and Fitrianto, Y., 2015. Virtual Reality Photography untuk Media Promosi OnLine Objek Wisata Curug Tujuh Bidadari. Jurnal ilmiah komputer grafis.
Fajri, F.A. and Novita, Y., 2019. VR Rumah Gadang: Innovation of Nagari Tourism Promotion Media for a Thousand Gadang Houses with Virtual Reality Based on Android Applications. Adaptive Strategies for Sustainable Education, p.141.
Farhan, M., Firdaus, M.A. and Putra, P., 2018. Penerapan Teknologi Virtual Reality Photography Pada Sistem Informasi Objek Wisata Di Bidang Pemasaran Wisata Dinas Pariwisata Kota Palembang Berbasis Web (Doctoral dissertation, Sriwijaya University).
Fatma, Y., Hayami, R., Budiman, A. and Rizki, Y., 2019. Rancang Bangun Virtual Tour Reality Sebagai Media Promosi Pariwisata Di Propinsi Riau. JURNAL FASILKOM, 9(3), pp.1-7.
Fauzi, A.H. and Gozali, A.A., 2015. Virtual Reality to promote tourism in Indonesia. Jurnal Sistem Komputer, 5(2), pp.47-50.
Fitrianto, Y. and Fahruddin, A., Virtual Reality Photography Untuk Media Promosi Online Objek Wisata Curug Tujuh Bidadari. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 8(1), p.158330.
Ginting, Tri Wenda Tulenan, Virginia Wowor, Hans., 2016 Pengenalan Gedung Kampus Universitas Sam Ratulangi Dengan Pemanfaatan Augmented Reality Dan Layanan Berbasis Lokasi
Handoko, I.T., Marselina, S.M., Huda, A.M. and Wijaya, R., 2015. Bandung Advanced Tour Game Petualangan Wisata Bandung Berbasis Mobile Menggunakan Teknologi Virtual Reality. eProceedings of Applied Science.
Hayat, C. and Panggeso, D., 2020. Virtual Reality Visualization of Tongkonan Traditional House as Promotional Media for Cultural Tourism using ADDIE Model. Khazanah Informatika: Jurnal Ilmu Komputer dan Informatika, 6(2)
Hermawan, I., 2016, October. Katalog Virtual Reality E-Tourism Berbasis Video 360 Sebagai Konten Digital Kreatif Bagi Media Simulasi Profil Destinasi Wisata. In Prosiding Sentrinov (Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif) (Vol. 2, No. 1, pp. 478-485).
Hermawan, I., Ingsiyah, H. and Ariawan, W.P., 2017, November. Design Profile Video Pariwisata Kabupaten Semarang Berbasis Virtual Reality Menggunakan Modifikasi Quadcopter Drone untuk Dukungan Visual Capture Udara. In Prosiding Sentrinov (Seminar Nasional Terapan Riset Inovatif) (Vol. 3, No. 1, pp. TI133-TI142).
Hidayatulloh, Arif Lumenta, Arie S M., 2018 Sugiarso Rancang Bangun Aplikasi Virtual Tour Potensi Alam Kecamatan Mandolang Kabupaten Minahasa
Hoetomo, M. A. "Kamus Lengkap Bahasa Indonesia." Surabaya: Mitra Pelajar (2005).
Kaplan, Rachel SW. "Internal marketing and internal branding in the 21st century organization." IUP Journal of brand Management 14.2 (2017).
Kawulur, M.U., Rindengan, Y.D. and Najoan, X.B., 2018. Virtual Tour e-Tourism Objek Wisata Alam di Kabupaten Biak Numfor. Jurnal Teknik Informatika, 13(3).
Koriaty, Sri Fatmawati, Erni Sucipto, Sucipto., 2016 Persepsi Mahasiswa Terhadap Efektivitas Pelaksanaan Pengenalan Etika Kampus Pada Masa Orientasi Mahasiswa Baru
Langford, Bradley J., et al. "Bacterial co-infection and secondary infection in patients with COVID-19: a living rapid review and meta-analysis." Clinical microbiology and infection 26.12 (2020): 1622-1629.
Lestari, Sri, Maria Goretti Adiyanti Faturochman, and Bimo Walgito. "The Concept of Harmony in Javanese Society." Anima, Indonesian Psychology Journal 29.1 (2013): 24-37.
Maulana, M.R., Rusli, C.Y. and Kurniawan, I., 2016. Pemanfaatan Virtual Reality Untuk Pengembangan Kios Informasi Objek Wisata Di Kota Pekalongan Berbasis Mobile. Jurnal LITBANG Kota Pekalongan, 11.
Nata, I.G.N.M., 2017. Aplikasi Virtual Tour Guide Sebagai Promosi Pariwisata Bali. Jurnal Sistem dan Informatika, 11(2), p.129987.
P Annafi, Farrizka., 2014 Pengembangan Aplikasi Virtual Tour Berbantuan Video Sebagai Media Informasi Wilayah Fakultas Teknik Universitas Yogyakarta
Perdamaian, I.G.B.H.Y., Werthi, K.T. and Nirmala, B.P.W., 2019. Rancang Bangun Media Interaktif Pengenalan Objek Wisata Tanah Lot Menggunakan Virtual Reality Berbasis Android. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 8(3), pp.85-94.
Prasetia, Rhoza Hidayat, Eka Wahyu Shofa, Rahmi Nur., 2018 Pengembangan Aplikasi Panduan Pengenalan Kampus Universitas Siliwangi Berbasis Augmented Reality Pada Perangkat Android
Prasetyo, Tri Ferga Bastian, Ade Sujadi, Harun., 2021 Optimalisasi Penerapan Teknologi Virtual Reality Tour Kampus Universitas Majalengka Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle
Priyono, Andiko. EFEKTIVITAS PENGGUNAAN WEBSITE SEBAGAI MEDIA INFORMASI DALAM PENINGKATAN PELAYANAN ELEKTRONIK MAHASISWA DALAM SEMINAR ECOTOURISM DI STIPRAM YOGYAKARTA (Studi pada: The First STIPRAM Conference On Ecotourism 2018). Diss. Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta, 2018.
Purnawan, I.K.Y., Divayana, D.G.H. and Sindu, I.G.P., 2019. Pengembangan Virtual Reality untuk Promosi Wisata Religi Pura Ponjok Batu. International Journal of Natural Science and Engineering, 3(1), pp.12-21.
Putra, E.Y., Wahyudi, A. and Tumilaar, A., 2018. Virtual Reality 360 Interaktif Wisata Digital Kota Tomohon dengan Tampilan Stereoscopic. CogITo Smart Journal, 4(1), pp.104-112.
Rachmanti, Diajeng Amatullah Azizah. Analisis Penyusunan Laporan Keuangan UMKM Batik Jumput Dahlia Berdasarkan SAK-EMKM. Diss. Universitas Muhammadiyah Surabaya, 2018.
Rahman., 2020 Pengenalan Gedung Kampus Politeknik Negeri Lhokseumawe Menggunakan Voice Information Berbasis Virtual Reality
Ramadhan, M.H.F., 2017. Pembuatan 3d Virtual Reality: Virtual Pariwisata Candi Cetho Di Karanganyar Lantai Tiket Sampai Teras Lima Menggunakan Unity 3d Game Engine Berbasis Android.
Riesa, R.M. and Haries, A., 2020. Virtual Tourism Dalam Literature Review. Jurnal Pariwisata Bunda, 1(1), pp.1-6.
Rizaldy, I., Agustina, I. and Fauziah, F., 2018. Implementasi Virtual Reality Pada Tur Virtual Monumen Nasional Menggunakan Unity 3D Algoritma Greedy Berbasis Android. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 3(2), pp.75-80.
Sabrina, P., 2016. Aplikasi virtual reality objek pariwisata Candi Prambanan. SKRIPSI-2012.
Safriadi, N., Sastypratiwi, H. and Tamara, N., 2018, October. Aplikasi Virtual Tour Berbasis Multimedia Interaktif Pada Objek Wisata Qubu Resort Pontianak. In Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SEMNASTIK) (Vol. 1, No. 1, pp. 411-416).
Saputra, E.S., Adhitio, L. and Kurniato, R., 2017. HILANG-Aplikasi Permainan Bernuansa Horror sebagai Media Promosi Pariwisata dan Budaya berbagai daerah di Indonesia Menggunakan Teknologi Leap Motion dan Virtual Reality.
Stich, Michael, et al. "Hydrolysis of LiPF6 in carbonate-based electrolytes for lithium-ion batteries and in aqueous media." The Journal of Physical Chemistry C 122.16 (2018): 8836-8842.
Sumarwan, Ujang. Riset Pemasaran dan Konsumen Seri: 3. PT Penerbit IPB Press, 2019.
Suryanto, A. and Kusumawati, D.A., 2017. Developing a Virtual Reality Application of the Lawang Sewu Building as Educational Media for the Subject of History. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(4), pp.362-368.
Sutherland, Robert M. "Cell and environment interactions in tumor microregions: the multicell spheroid model." Science 240.4849 (1988): 177-184.
Waliyuddin, M.H., Sukamto, A.S. and Anra, H., Rancang Bangun Aplikasi Panorama Wisata Kota dalam Upaya Pengenalan Budaya dan Pariwisata Kota Pontianak. JUSTIN (Jurnal Sistem dan Teknologi Informasi), 7(2), pp.113-121.
Wulur, H.W., Sentinuwo, S. and Sugiarso, B., 2015. Aplikasi Virtual tour Tempat Wisata Alam di Sulawesi Utara. Jurnal Teknik InformatikaPUSTAKA LAPORAN PENELITIAN
Nama peneliti, tahun, judul, jenis penelitian, nama lembaga, kota
Kurniawan, M. P., 2011, Teknologi Motion Capture dengan Multi Kamera pada Pembuatan Animasi 3D, Tesis, S2 Teknik Informatika, STMIK AMIKOM, Yogyakarta.