SISTEM MONITORING, KONTROL SUHU, KELEMBAPAN, KUALITAS UDARA PADA RUANG NICU BERBASIS IOT

Main Article Content

Ermawita Ermawita Hotmaida Lestari Siregar Rahmad Fauzi Hanifah Nur Nasution

Abstract

Penelitian ini mengembangkan sistem berbasis Internet of Things (IoT) untuk memantau secara real-time suhu, kelembapan, dan kualitas udara di ruang NICU (Neonatal Intensive Care Unit) di rumah sakit. Pengembangan sistem melibatkan analisis kebutuhan, desain arsitektur IoT, pengembangan perangkat lunak, integrasi, uji coba, implementasi, dan evaluasi. Sensor suhu, kelembapan, dan kualitas udara yang akurat dan presisi tinggi dipilih dan diuji. Data sensor dikirimkan secara nirkabel ke platform IoT untuk analisis dan visualisasi. Pengukuran sensor suhu DHT11 menunjukkan perbedaan kurang dari 1°C dibandingkan suhu inkubator, dengan nilai rata-rata perbedaan sekitar 0,0 hingga 0,5°C. Sistem ini memungkinkan pengaturan otomatis untuk menjaga kondisi lingkungan yang optimal sesuai kebutuhan ruang NICU, mengurangi risiko fluktuasi kondisi. Evaluasi menunjukkan 91% ahli media dan 92% respon pegawai menyatakan sistem ini sangat layak digunakan. Sistem bekerja dengan mengumpulkan data real-time dari sensor, mengirimkan ke gateway IoT, dan kemudian ke platform cloud untuk penyimpanan dan analisis. Sistem ini mengirimkan peringatan real-time jika terdeteksi kondisi lingkungan berbahaya. Staf medis dapat memantau kondisi lingkungan melalui dashboard monitoring. Dengan sistem ini, kondisi lingkungan di ruang NICU dapat dipantau dan dikendalikan lebih efektif dan efisien, meningkatkan kualitas perawatan dan keselamatan bayi prematur dan sakit.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Ermawita, H. Siregar, R. Fauzi, and H. Nasution, “SISTEM MONITORING, KONTROL SUHU, KELEMBAPAN, KUALITAS UDARA PADA RUANG NICU BERBASIS IOT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 350-358, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Aldi Destama Putra, R., 2021. Monitoring Dan Kontrol Suhu Lampu Untuk Budidaya. Jurnal Transit, p. 4.
A.K. Biswas., J. Sahoo., & M.K. Chatli. (2019). A Simple UV-Vis Spectrophotometric Method for Determination of β-carotene Content in Raw Carrot, Sweet Potato and Supplemented Chicken Meat Nuggets. Journal Food Science and Technology, 44: 1809-1813.
Amrullah, Rifqi, S. (2017). Pengembangan Sistem Monitoring Kegiatan Belajar Mengajar Dan Media Pembelajaran Sholat. Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika, 1, 1-7
Anwar, S. & Abdurrohman, 2020. Pemanfaat Teknologi Internet Of Thing Untuk Monitoring Tabak Udang Vaname Berbasis Smarphone Andrroid Menggunakan Wemos D1 Mini. Jurnal Infotronik, Volume 5, p. 79.
Bimo, S. M., Sunardi, . H. & Zulkifli, 2020. Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Sensor. Jurnal Ilmiah Iinformatika Global, Volume 11, p. 49.
Bintoro, A., Putri , R. & Reza, M. S., 2021. Sistem Monitoring Suhu dan Kelembaban pada Penyimpanan. Jurnal Energi Elektrik, Volume 10, p. 15.
BNS,2018.2.[Online]Availableat:http://fatchiyah.lecture.ub.ac.id/files/2018/10/SN I-ISO-IEC-17025-2008-Standard.pdf [Accessed kamis november 2022].
Budiman, E., 2015. Belajar Algoritma Dan Pemograman. Samarinda: s.n.
Bimo Mursalin, S., Sunardi, . H. & Zulkifli, 2020. Sistem Penyiraman Tanaman Otomatis Berbasis Sensor. Jurnal Imiah Informatika Global, Volume 11, p. 49.