PENGARUH LITERASI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESUKSESAN KARIR MASA DEPAN ANAK: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR

Main Article Content

Mardhiyah Zulfa Dwi Sulisworo Eko Nursulistiyo

Abstract

Keterbatasan literasi di kalangan siswa dapat menjadi hambatan besar dalam mencapai kesuksesan kariernya di masa depan. Kesadaran akan kesenjangan sosial-ekonomi dan pentingnya kesetaraan akses terhadap pendidikan dan dukungan keluarga menjadi krusial dalam menciptakan lingkungan yang mendukung bagi individu untuk mencapai potensi penuh mereka dalam karier di masa depan. Artikel ini menyajikan sebuah tinjauan literatur yang bertujuan untuk mengeksplorasi peran penting dukungan keluarga yang dikaitkan dengan literasi dan pengalaman sekolah anak dalam meningkatkan kesuksesan karirnya di masa depan. Melalui proses sistematik pencarian dan analisis literatur, mengidentifikasi dan mengevaluasi hubungan antara faktor-faktor tersebut dan dampaknya pada perkembangan karir individu. Temuan utama dari artikel ini menunjukkan pentingnya dukungan keluarga yang positif dalam memberikan fondasi yang kuat untuk pengembangan keterampilan dan aspirasi karir sang anak. Begitu juga dengan peran krusial literasi dalam membuka akses ke peluang pendidikan dan pekerjaan, serta dampak yang signifikan dari pengalaman sekolah yang mendukung dalam membentuk sikap dan kesiapan karir.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Zulfa, D. Sulisworo, and E. Nursulistiyo, “PENGARUH LITERASI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN DUKUNGAN KELUARGA TERHADAP KESUKSESAN KARIR MASA DEPAN ANAK: SEBUAH TINJAUAN LITERATUR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 90-94, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Amelia Yessica, Muhammad Rizal, & Austin, D. (2024). Peran Penting Lingkungan Sekolah dan Dukungan Orang Tua dalam Melanjutkan Pendidikan. Inopendas, 7(1), 58–64. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/pendas/article/view/12007/4491
Bhat, B. A., & Bhat, G. J. (2019). Formative and Summative Evaluation Techniques for Improvement of Learning Process. European Journal of Business and Social Sciences, 7(5), 776–785. https://ejbss.org/
Falco, L. D., & Steen, S. (2018). Using school-based career development to support college and career readiness: An integrative review. Journal of School-Based Counseling Policy and Evaluation, 1(1), 51–67. https://scholarworks.wm.edu/jscpe
Irianto, P. O., & Febrianti, L. Y. (2017). Pentingnya Penguasaan Literasi Bagi Generasi Muda Dalam Menghadapi Mea. Conference Proceedings Center for International Language Development of Unissula, 640–647. http://jurnal.unissula.ac.id/index.php/ELIC/article/view/1282
Journal, D. E. (2024). PENGARUH PROGRAM LITERASI SEKOLAH TERHADAP MINAT dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti . Pemerintah Indonesia melalui Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberlakukan gerakan berupa literasi sekolah yang dilaksanakan . 4, 39–49. https://doi.org/10.37905/dej.v4i1.2476
Kartikasari, E. (2022). Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Gerakan Literasi Sekolah. Jurnal Basicedu, 6(5), 8879–8885.
Maslikhah, M., Hidayat, D. R., & Marjo, H. K. (2022). Pengaruh Dukungan Keluarga Dan Efikasi Diri Terhadap Pengambilan Keputusan Karir Siswa Smk Negeri. Jurnal Ilmu Dan Budaya, 43(1), 33. https://doi.org/10.47313/jib.v43i1.1528
Meliani, D., & Panduwinata, L. F. (2022). Pengaruh Mata Kuliah Kewirausahaan dan Motivasi Berwirausaha terhadap Pembentukan Jiwa Green Entrepreneur Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 10(1), 16–30. https://doi.org/10.26740/jpap.v10n1.p16-30
Milner-Bolotin, M., & Marotto, C. C. F. (2018). Parental engagement in children’s STEM education. Part I: Meta-analysis of the literature. Lumat, 6(1), 41–59. https://doi.org/10.31129/LUMAT.6.1.292
Pshembayeva, E., Pfeyfer, N., Uaikhanova, M., & Bubenchikova, A. (2022). Career success: Analysis and development of career opportunities in students. Frontiers in Education, 7(December), 1–11. https://doi.org/10.3389/feduc.2022.999541
Susilawati, & Muhammad Sulhan. (2018). Pelaksanaan Gerakan Literasi Sekolah (Gls) Di Tingkat Sekolah Dasar. Visipena Journal, 9(2), 261–273. https://doi.org/10.46244/visipena.v9i2.458
Wijayanto, A. (2020). Peran Orangtua dalam Mengembangkan Kecerdasan Emosional Anak Usia Dini. Diklus: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 4(1), 55–65. https://doi.org/10.21831/diklus.v4i1.30263
Xing, X., & Rojewski, J. W. (2018). Family Influences on Career Decision-Making Self-Efficacy of Chinese Secondary Vocational Students. New Waves Educational Research & Development, 21(1), 48–67.
Yusriyah, A. H., & Retnasari, D. (2023). Mengembangkan bakat dan minat siswa. Prosiding Teknik Tata Boga Busana FT UNY, 18(1), 2–5.