HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

Main Article Content

Ulmia Lesty Khotimah Ade Suryanda Erna Heryanti

Abstract

Sikap ilmiah ialah kecenderungan seseorang untuk berperilaku atau bertindak dalam memecahkan permasalahan secara sistematis denga langkah – langkah ilmiah. Peningkatan sikap ilmiah pada proses belajar akan mengembangkan suatu kemampuan berpikir siswa. Kemampuan berpikir kritis ialah kemampuan seseorang dalam menganalisis, mengevaluasi, dan menarik kesimpulan dari suatu informasi dengan difokuskan pada menerapkan solusi permasalahan yang dihadapi. Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan sikap ilmiah dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan lingkungan. Metode penelitian yang digunakan metode deskriptif melalui studi korelasional. Sampel penelitian 106 siswa dipilih dengan teknik pemilihan sampel bertingkat. Pengumpulan data menggunakan teknik survei kuesioner, diukur menggunakan instrumen sikap ilmiah serta kemampuan berpikir kritis. Pengujian hipotesis dengan analisis regresi diperoleh bentuk hubungan linear dan signifikan antara sikap ilmiah dan kemampuan berpikir kritis. Kesimpulan penelitian ini yaitu terdapat.hubungan positif antara sikap ilmiah dengan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi perubahan.lingkungan dengan kriteria tingkat hubungan lemah.

Article Details

How to Cite
[1]
U. Khotimah, A. Suryanda, and E. Heryanti, “HUBUNGAN SIKAP ILMIAH DENGAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 150-157, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Agnafia, D. N. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Biologi. Florea, 6(1), 45–53. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/florea.v6i1.4369
Anazifa, R. D., & Djukri. (2017). Project - Based Learning and Problem - Based Learning: Are They Effective to Improve Student’s Thinking Skills? Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 6(2), 346–355. https://doi.org/10.15294/jpii.v6i2.11100
Arikunto, S. (2018). Dasar - Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.
Astalini, A., Kurniawan, D. A., Perdana, R., & Kurniasari, D. (2018). Identification of Student Attitudes Toward Physics Learning at Batanghari District High School. The Educational Review, 2(9), 475–484. https://doi.org/10.26855/er.2018.09.003
Ayu, D. (2017). Pengaruh Asesmen Portofolio Elektronik Terhadap Penguasaan Konsep Dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Biologi Di Man 2 Bandar Lampung [skripsi]. Lampung: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan. Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.
Candrasekaran, S. (2014). Developing Scientific Attitude, Critical Thinking and Creative Intelligence of Higher Secondary School Biology Students by Applying Synectics Techniques. International Journal of Humanities and Social Science Invention, 3(6), 1–8.
Damanik, D. P., & Bukit, N. (2013). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Sikap Ilmiah Pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry Training (IT) dan Direct Instruction (DI). Jurnal Pendidikan Fisika, 2(1), 16–24. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf
Dores, O. J., Wibowo, D. C., & Susanti, S. (2020). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Matematika. J-PiMat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 242–254.
Erdoğan, V. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century Into 4 Language Skills in EFL Classes. International Journal of Education and Research, 7(11), 113–124.
Facione, P. (2015). Critical Thinking : What It is and Why It Counts. Measured Reasons LLC. https://www.insightassessment.com/CT-Resources/Teaching-For-and-About-Critical-Thinking/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts/Critical-Thinking-What-It-Is-and-Why-It-Counts-PDF
Fitria, D. (2020). Hubungan Keterampilan Proses Sains dan Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Suhu dan Kalor. Journal Evaluation in Education (JEE), 1(3), 83–90. https://doi.org/10.37251/jee.v1i3.137
Hasnan, S. M., & Fitria, Y. (2020). Pengaruh Penggunaan Model Discovery Learning Dan Motivasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 239–249.
Henrliniar, D. (2023). Peningkatan Kemampuan Analisis dan Sikap Ilmiah Siswa Melalui Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Modul pada Konsep Struktur dan Fungsi Jaringan pada Manusia. Berajah Journal: Jurnal Pembelajaran Dan Pengembangan Diri, 3(1), 29–38.
Indriani, C., Hidayat, S., & Astriani, M. (2023). Peningkatan Sikap Ilmiah Peserta Didik Melalui Model Discovery Learning Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Didaktika Biologi: Jurnal Penelitian Pendidikan Biologi, 7(1), 1. https://doi.org/10.32502/dikbio.v7i1.4479
Karim, N. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran dalam Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Model Jucama di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1). https://doi.org/10.20527/edumat.v3i1.634
Khairawati, Rahayu, H. M., & Setiadi, A. E. (2018). Analisis Korelasi Sikap Ilmiah dan Prestasi Belajar Siswa di SMPN 3 Sungai Kakap. Pena Kreatif: Jurnal Pendidikan, 7(1), 52–61.
Khan, M., & Siddiqui, M. A. (2020). Examining Scientific Attitude Scales in India: Development and Validation of a New Scale. Interdisciplinary Journal of Environmental and Science Education, 16(4), 1–13. https://doi.org/10.29333/ijese/8557
Kristiani, N., Susilo, H., Rohman, F., & Aloysius, D. C. (2015). The Contribution of Students’ Metacognitive Skills and Scientific Attitude Towards Their Academic Achievements in Biology Learning Implementing Thinking Empowerment by Questioning (TEQ) Learning Integrated with Inquiry Learning (TEQI). International Journal of Educational Policy Research and Review, 2(9), 113–120.
Kurniawan, D., Suprapto, P. K., & Ali, M. (2022). Hubungan Kecerdasan Naturalis Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Jurnal Pendidikan Biologi, 13(2), 105. https://doi.org/10.17977/um052v13i2p105-112
Lestari, M. A. (2019). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis, Sikap Ilmiah Siswa Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa yang Melaksanakan Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas VIII SMP Negeri 1 Tarakan [skripsi]. Tarakan : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Borneo Tarakan.
Nugraha, A. J., Suyitno, H., & Susilaningsih, E. (2017). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Keterampilan Proses Sains dan Motivasi Belajar melalui Model PBL Abstrak. Journal of Primary Education, 6(1), 35–43.
Nugraha, Rosdianto, H., & Sulistri, E. (2022). Korelasi Antara Pemahaman Konsep Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Jurnal Phi Jurnal Pendidikan Fisika Dan Fisika Terapan, 3(3), 29. https://doi.org/10.22373/p-jpft.v3i3.14843
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/
Omar, M. S., & Awang, M. I. (2021). The Relationship Between Attitude and Higher Order Thinking Skills (HOTS) Among Secondary School Students. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 12(7), 82–90.
Pasaribu, P. A., Tanjung, I. F., & Hartono, A. (2023). Scientific Attitude and Critical Thinking. 2nd Annual International Conference on Islamic Education for Students (AICOIES 2023), 569–576.
Pitafi, A. I., & Farooq, M. (2012). Measurement of Scientific Attitude of Secondary School Students in Pakistan. Academic Rearch International, 2(2), 379–392. www.savap.org.pk%5Cnwww.journals.savap.org.pk
Putrianti, Hatibe, A., & Kade, A. (2017). Pengaruh Sikap Ilmiah dan Berpikir Kritis terhadap Pengetahuan Lingkungan Melalui Model Pembelajaran Kontekstual dengan Pendekatan SETS pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 3 Palu. Jurnal Riset Pendidikan MIPA, 1(2), 63–74. https://doi.org/10.22487/j25490192.2017.v1.i2.pp63-74
Putriningtyas, A., Muhlis, & Bachtiar, I. (2022). Perkembangan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Biologi di MAN 2 Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1534–1542.
Rahmawati, Y., Ridwan, A., Hadinugrahaningsih, T., & Soeprijanto. (2019). Developing Critical and Creative Thinking Skills Through STEAM Integration in Chemistry Learning. Journal of Physics: Conference Series, 1156(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1156/1/012033
Revati, N., & Meera, D. K. P. (2017). An Investigation of Scientific Attitude Among Secondary School Students in Kottayam District of Kerala. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 07(01), 63–66. https://doi.org/10.9790/7388-0701036366
Ristanto, R. H., Ahmad, A. S., & Komala, R. (2022). Critical Thinking Skills of Environmental Changes: A Biological Instruction Using Guided Discovery Learning-Argument Mapping (GDL-AM). Participatory Educational Research, 9(1), 173–191. https://doi.org/10.17275/per.22.10.9.1
Ritonga, R. (2021). Hubungan Kemampuan Berpikir Kritis dan Sikap Ilmiah Siswa dengan Hasil Belajar IPA di Madrasah Ibtidaiyah Kota Batu. Masters Thesis: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Rizky, H., Sukmawati, D., & Rusdi, R. (2020). Excretory System Learning: What is The Relationship Between Critical thinking Skills and Biology Learning Motivation? Biosfer, 13(2), 320–332. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.v13n2.320-332
Rosmaini. (2023). Analisis Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(2), 869–879.
Saputra, R. D. A., Jufri, A. W., & Ramdani, A. (2019). Profil Literasi Sains Dasar dan Kecenderungan Berpikir Kritis Siswa SMP di Kabupaten Sumbawa Barat. Jurnal Edukasi Sumba (JES), 3(2), 46–52.
Sari, F. F. K., & Lahade, S. M. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Sikap Ilmiah Rasa Ingin Tahu Peserta Didik Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPA. Jurnal Basicedu, 6(1), 797–802.
Scott, L. A. (2017). 21St Century Skills Early Learning. The Partnership for 21st Century Learning (P21), 20. http://static.battelleforkids.org/documents/p21/P21_ELF_Framework_Final_20pgs.pdf
Syahmel, S., & Jumadi, J. (2019). Discovery Learning Using Multiple Representation Model for Enhancing Scientific Processing and Critical Thinking Skills of the Students. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(2), 180–194. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i2.26704
Widyapuraya, N. W., Suryana, A. L., Suyanta, S., & Wilujeng, I. (2023). Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP Negeri 1 Juwangi pada Pembelajaran IPA. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(3), 1368–1374. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i3.1723
Wildan, W., Hakim, A., Siahaan, J., & Anwar, Y. A. S. (2019). A Stepwise Inquiry Approach to Improving Communication Skills and Scientific Attitudes on A Biochemistry Course. International Journal of Instruction, 12(4), 407–422. https://doi.org/10.29333/iji.2019.12427a
Yuliatin, B. H., Purwoko, A. A., Muntari, & Mutiah. (2021). The Relationship Between Scientific Attitude and Creative Thinking Skill in Chemistry Education Students at University of Mataram. Chemistry Education Practice, 4(3). https://doi.org/10.29303/cep.v4i3.2733