PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERORIENTASI HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA MATERI FLUIDA STATIS
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul fisika
berbasis Problem Based Learning (PBL) berorientasi Higher
Order Thinking Skill (HOTS) pada materi fluida statis yang
praktis, valid dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian
pengembangan atau R&D dengan disain 4D. Subjek penelitian
yang dipakai adalah modul fisika berbasis PBL berorientasi
HOTS. Responden penelitian ini adalah siswa SMA kelas XI IPA.
Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi modul
dan angket praktikalitas untuk mengetahui kepraktisan dari
modul. Hasil analisis dari pengumpulan data didapatkan validitas
modul sebesar 88% dengan kriteria valid, kepraktisan diperoleh
nilai 95,5% dan keefektifan diperoleh nilai rata-rata nilai sebesar
86,40 dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian,
maka modul yang dikembangkan dinyatakan valid, praktis dan
efektif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Amazihono, M., Buulolo, F., Siboro, A., & Susanto, I. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Berbantuan Media Kinemaster Terhadap Hasilbelajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Pengukuran Kelas X Sma Swasta Gkpi Padang Bulan T.P 2022. Penelitian Fisikawan, 6(1), 62–63.
Anisa, M. K., Permana P, N. D., & Nova, T. L. (2020). Penggunaan Simulasi Virtual Pada Pembelajaran Fisika Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (Hots) Siswa : Meta Analisis. Jurnal Kumparan Fisika, 3(2), 163–170. https://doi.org/10.33369/jkf.3.2.163-170
Haryadi, R., & Septiawati, R. W. (2021). Dampak Covid-19 terhadap Pembelajaran Fisika pada Siswa SMA. Pena Kreatif : Jurnal Pendidikan, 10(1), 30–35.
Nurmalasari, L., Taheri Akhbar, M., & Syaflin, S. L. (2022). Pengembangan Media Kartu Hewan dan Tumbuhan (Tuhetu) Pada Pebelajaran IPA Kelas IV SD Negeri. Riset Pendidikan Dasar, 05(1), 1–8.
Priatna, K., Putrama, I.M., & Divayana, D.G.H. (2017). Pengembangan E-Modul Berbasis Model Pembelajaran Project Based Learning Pada Mata Pelajaran Videografi untuk Siswa Kelas X Desain Komunikasi Visual di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika, 6(1), 70-78
Safitri, R. N., Pangestika, R. R., & Anjarini, T. (2024). Pengembangan modul matematika berbasis etnomatematika terintegrasi hots pada materi bangun ruang kelas v sd. 5(1), 47–54.
Samadun, S., & Dwikoranto, D. (2022). Improvement of student's critical thinking ability in physics materials through the application of problem-based learning. IJORER: International Journal of Recent Educational Research, 3(5), 534-545.