KOMUNIKASI BISNIS BERBAHASA MANDARIN SEBAGAI SARANA TRANSAKSI DAGANG DI PT SKM (SUMATERA KARYA MAKMUR)

Main Article Content

Ribka Sujana Sepia Nurjannah Diwanta Diwanta Ivana Wijaya Feby Yoana Siregar Jessy Yoana Chen

Abstract

Tujuan dari penulisan penelitian ini adalah untuk memahami cara menggunakan Bahasa Mandarin untuk komunikasi bisnis dalam transaksi pembelian barang, untuk mengetahui faktor- faktor yang mempengaruhi kelancaran komunikasi bisnis, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi dalam komunikasi bisnis dan cara mengatasinya. adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan metode observasi, metode wawancara, studi pustaka, dan metode dokumen, yang sebagian besarnya dilakukan dengan metode wawancara. Ada 2 hal pokok yang harus diperhatikan agar komunikasi bisnis berbahasa mandarin dapat berjalan dengan lancar. Pertama adalah penguasaan Bahasa Mandarin bisnis dan yang kedua adalah kemampuan untuk dapat memahami dasar psikologi lawan bicara.. Kendala dari faktor bahasa dapat dilihat dari adanya pemahaman kosakata bisnis yang kurang, kalimat yang terlalu panjang, kalimat ambigu, kalimat dengan tata bahasa yang tidak lengkap dan peribahasa. Kendala ini dapat diatasi dengan terus belajar dan memperkaya khasanah bahasa Mandarin dalam bidang bisnis, mencari di kamus atau internet, atau bertanya langsung dengan lawan bicara kita. Sedangkan dari faktor psikologi, kendala dapat dilihat saat harus berhadapan dengan orang yang pasif, tidak sabaran, atau orang yang sulit diajak berkompromi.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Sujana, S. Nurjannah, D. Diwanta, I. Wijaya, F. Siregar, and J. Chen, “KOMUNIKASI BISNIS BERBAHASA MANDARIN SEBAGAI SARANA TRANSAKSI DAGANG DI PT SKM (SUMATERA KARYA MAKMUR)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 178-182, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Chaer, Abdul dan Keraf, Gorys. 2006. Tata Bahasa Praktis Bahasa Indonesia. Rineka Cipta.Jakarta.
Christiana, Cahya. 2012. Komunikasi Bisnis Berbahasa China Sebagai Sarana Transaksi Dagang di PT Karisma Jaya Sukoharjo. UNS. Surakarta
Kuntjojo. 2009. Metodologi Penelitian. dari http:-//ebekunt.files.wordpress.com/2009/04/ metodologi-penelitian.pdf. (diakses pada tanggal 8 Juli 2016)
Kusumastuti, Yatri Indah. 2009. Komunikasi Bisnis. IPB Press. Bogor.
Munadzdzofah, O. (2017). Pentingnya Bahasa Inggris, China, dan Jepang sebagai Bahasa Komunikasi Bisnis di Era Globalisasi. VOCATIO, 1 (2).
Purwanto, Djoko, Drs., M.B.A. 2006. Komunikai Bisnis Edisi Ketiga. Erlangga. Jakarta.
Riwayatiningsih, R., Anas, M., & Forijati, R. (2022). Melatih Komunikasi Bahasa Inggris Untuk Pemasaran Bagi Kelompok Usaha Bersama Batik Batu Mangga Di Kabupaten Kediri.
Setiyono, T., Wardiani, R. & Setiawan, H. (2021). Strategi Kesantunan Berbahasa dalam Film Assalamualaikum Calon Imam. Jurnal Bahasa dan Sastra, 8(1), 7-13.
Tanaga, Sylvie. 2008. Pentingnya Bahasa Mandarin di Era Pasar Global.dari https://sylvietanaga.com/. (diakses pada tanggal 12 Mei 2016)
Yuni, R. & Hutabarat, D., L. (2021). Dampak Perdagangan Internasional terhadap Pertumbuhan Ekonomi Indonesia pada Tahun 2009-2019. NIAGAWAN http://www.ef.co.id/epi/regions/asia/indonesia/ http://www.lpmpsulsel.net/v2/attachments/266_Bahasa%20Inggris%20sebagai%20bahasa%20I nternasional%20dalam%20pembelajaran.pdf https://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Mandarin