PENGEMBANGAN E-MODUL BAHAN AJAR KOMPONEN EKOSISTEM DAN INTERAKSINYA BERBASIS MIND MAP KURIKULUM MERDEKA UNTUK SMA
Main Article Content
Abstract
Pada era society 5.0, teknologi dan manusia hidup berdampingan dalam rangka peningkatan kualitas hidup manusia. Salah pemanfaatan tekhnologi dalam pendidikan adalah pembuatan e-modul. Jadi penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengembangkan e-modul bahan ajar komponen ekositem dan interaksinya berbasis mind map untuk SMA yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Penelitian ini menggunakan model 4D. Model ini terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian adalah kelas X SMA N 2 Padangsidimpuan sebanyak 36 orang. Tekhnik pengumpulan datanya menggunakan lembar observasi dan angket. lembar observasi validasi e-modul dinilai oleh pakar, lembar praktikalitas dinilai oleh praktisi dan angket diisi oleh siswa. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan diperoleh hasil validasi e-modul bahan ajar komponen ekosistem dan interaksinya berbasis mind map kurikulum merdeka untuk SMA sebesar 91,6 % kategori sangat valid. Hasil uji praktikalitas e-modul bahan ajar komponen ekosistem dan interaksinya berbasis mind map kurikulum merdeka untuk SMA sebesar 90,3 % kategori sangat praktis. Sedangkan motivasi belajar siswa dengan penerapan e-modul bahan ajar komponen ekosistem dan interaksinya 90,0% kategori motivasi sangat tinggi. Berdasarkan nilai tersebut e-modul bahan ajar komponen ekosistem dan interaksinya berbasis mind map untuk SMA yang dikembangkan sudah memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Depdiknas. 2008. Kumpulan Permen. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : CV. Pustaka Setia
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.
Saleh. Andri. 2008. Kreatif Mengajar Dengan Mind Map. Bandung : Tinta Emas Publishing
Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Yoga, Djohan. 2008. Applied Real-time Mind Map@ Classroom.https://www.google.co.id/?gws_rd=cr&ei=o0WmU7TPMMf8QXssoF4#q=Djohan+mind+map diakses April 2024.