ANALISIS STRUKTUR KALIMAT DALAM MENULIS KARANGAN TEKS PERSUASIF DI SMP
Main Article Content
Abstract
Kesalahan dalam menyusun struktur kalimat oleh siswa harus diminimalisir karena dapat menghambat rasa percaya diri siswa dalam bertanya. Hal ini terjadi ketika siswa belum sepenuhnya memahami materi yang disampaikan guru dan belum memiliki penguasaan yang cukup terhadap penggunaan struktur kalimat. Kesalahan dalam penulisan struktur kalimat dapat beragam, mulai dari kalimat tanpa subjek, tanpa predikat, tanpa objek, tanpa pelengkap, dan tanpa keterangan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelengkapan dan kesalahan penggunaan struktur kalimat pada karangan teks persuasif siswa di SMP Negeri 2 Alasa. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh sebanyak 28 kelengkapan, yang meliputi : (1) kalimat tunggal berjumlah 13 kelengkapan struktur, (2) kalimat majemuk bertingkat berjumlah 14 kelengkapan struktur,(3) kalimat majemuk setara berjumlah 1 kelengkapan struktur. Sedangkan kesalahan struktur kalimat pada karangan siswa diperoleh 44 kesalahan, yang meliputi kesalahan (1) kalimat tunggal berjumlah 17 kesalahan, (2) kalimat majemuk bertingkat berjumlah 26 kesalahan dan (3) kalimat majemuk setara berjumlah 2 kesalahan.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Achmad. (2012). Sintaksis Bahasa Indonesia. Tanggerang: Pustaka Mandiri.
Aedi, N. (2010). Instrumen Penelitian Dan Teknik Pengumpulan Data. Journal of Chemical Information and Modeling, 1–16.
Bawamenewi, A. (2018). View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk. 3(1), 325–329.
Hamidah, N. (2023). Peningkatan Keterampilan
Menulis Teks Persuasif Melalui Metode Diskusi Berbantuan Media Audiovisual. STRATEGY : Jurnal Inovasi Strategi dan Model Pembelajaran, 3(1), 19–22. https://doi.org/10.51878/strategi.v3i1.1955
Idewarni, H. E. T. (2013). No Explorations in Economic History,
Martha, N., & Situmorang, Y. (2018). Meningkatkan Kemampuan Menulis Siswa melalui Teknik Guiding Questions. Journal of Education Action Research, 2(2), 165–171. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JEAR/index
Mudjiyono, G. (n.d.). Gregorius Mudjiyono Analisis Kesalahan Struktur Kalimat dalam Menulis Mahasiswa PBSI Unika Widya Mandala Madiun 279. 279–288.
Putri, B. I. N. W., Sutrimah, S., & Hasanudin, C. (2020). Discovery learning dengan memanfaatkan kemasan kudapan: Analisis keterampilan menulis teks persuasi. Equilibrium: Jurnal Pendidikan, 8(2), 143–151. https://doi.org/10.26618/equilibrium.v8i2.3375
Ridwan Harnowo Sasongko 1), Yulianti2), K. (2008). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Persuasi Melalui Penggunaan Media Video Ridwan Harnowo Sasongko 1) , Yulianti 2) , Karsono 3).
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penrlitian. Yogyakarta: KBM INDONESIA
Sudiati. (2019). Keterampilan Berbahasa Reseptif: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Susanti, Dewi Indah, dkk. (2013). Sintaksis Bahasa Indonesia. Tanggerang: Pustaka Mandiri.
Undang Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, (2003).