ANALISIS KESALAHAN AFIKASASI PADA KARANGAN SISWA DI SMP

Main Article Content

Riski Triman Hidayat Harefa Arozatulo Bawamenewi Riana Riana Yanida Bu’ulolo

Abstract

Kesalahan berbahasa didefinisikan sebagai bentuk tuturan yang tidak sesuai dengan kaidah bahasa, yang mencerminkan kurangnya pengetahuan dan penguasaan terhadap kode bahasa. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesalahan berbahasa adalah kurangnya pemahaman tentang tata bahasa yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan afiksasi pada karangan siswa di SMP Negeri 4 Lahewa Timur. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian ini adalah lembar hasil kerja siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lahewa Timur. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu pengumpulan data, reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh sebanyak 59 kesalahan kesalahan afiksasi pada karangan siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Lahewa Timur yang meliputi: bentuk kesalahan peletakan afiks sebanyak 17 kesalahan, bentuk kesalahan penggunaan preposisi atau kata depan sebanyak 16 kesalahan, bentuk kesalahan pemilihan afiks sebanyak 4 kesalahan, bentuk kesalahan penghilangan afiks sebanyak 14 kesalahan, dan bentuk kesalahan peluluhan bunyi pada kata berimbuhan sebanyak 8 kesalahan.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Harefa, A. Bawamenewi, R. Riana, and Y. Bu’ulolo, “ANALISIS KESALAHAN AFIKASASI PADA KARANGAN SISWA DI SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 511-514, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Anam, K., Mulasi, S., & Rohana, S. (2021). Efektivitas Penggunaan Media Digital Dalam Proses belajar Mengajar. Journal Of Primary Education. 2(2), 2–4.
Bawamenewi, A., & Waruwu, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa melalui Transformasi Digital Berbasis E-Learning. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, November, 58–66. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.11739
Dawolo, E., & Bawamenewi, A. (2023). Analisis Penggunaan Kalimat Imperatif Sebagai Kajian Pragmatik Dan Implikasi Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Primary Education Journals (Jurnal Ke-SD-An), 3(2), 139–145. https://doi.org/10.33379/primed.v3i2.3049
Kaso, S. (2020). Analisis Kesalahan Morfologi dalam Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII MTsN 1 Tulungagung. Mardibasa: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia, 1(1), 99–120. https://doi.org/10.21274/jpbsi.2021.1.1.99-120
Ladi, M. (2020). Proses Morfofonemik Kata Kerja Dalam Bahasa Inggris Dan Bahasa Siau (Suatu Analisis Kontrastif). Universitas Sam Ratulangi Fakultas Ilmu Budaya Manado, 1, 1–23.
Lestari, L. T., & Soniatin, Y. (2023). Analisis Kesalahan Berbahasa Dalam Karya Tulis Ilmiah Karangan Siswa Kelas Xi Ma Matholi’Ul Anwar Simo. PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 9(1), 13–20.
Mailani, O., Nuraeni, I., Syakila, S. A., & Lazuardi, J. (2022). Bahasa Sebagai Alat Komunikasi Dalam Kehidupan Manusia. Kampret Journal, 1(1), 1–10. https://doi.org/10.35335/kampret.v1i1.8
Sahir, S. H. (2022). Metodologi Penelitian. KBM Indonesia.
Sholikhati Nur Indah, D. (2023). ANALISIS KESALAHAN BERBAHASA I N D O N E S I A. In Musyawir (Ed.), PT. ADIKARYA PRATAMA GLOBALINDO. http://www.nber.org/papers/w16019
Wijayanti, Y., & Siroj, M. B. (2020). Analisis Kesalahan Bahasa Tulis Pemelajar Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing (BIPA) Level 2B Wisma Bahasa Yogyakarta. Jurnal Sastra Indonesia, 9(2), 90–96. https://doi.org/10.15294/jsi.v9i2.31568