PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari masalah yang ditemukan yakni rendahnya hasil belajar siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar kelas VIII-B pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini memiliki dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran Quantum Learning. Instrumen atau teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar dalam bentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal. Uji prasyarat yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan rumus “t” dengan taraf signifikan α = 0,05. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran Quantum Learning adalah pretes sebesar 42% dan postest sebesar 77,75% sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes sebesar 39,25% dan postest sebesar 67,25%. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung>ttabel yaitu 7,77 > 1,686 pada taraf α = 0,05. Hal ini berarti hipotesis diterima yang menyatakan bahwa terdapat pengaruh signifikan model pembelajaran Quantum Learning terhadap hasil belajar siswa.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Anggara, Apri, and Rakimahwati Rakimahwati. 2021. “Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu 5(5): 3020–26. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/1265.
Bawamenewi, Arozatulo. 2019. “Pengembangan Bahan Ajar Memprafrasekan Puisi ‘ Aku ’ Berdasarkan Model Pembelajaran Problem Based Learning ( PBL ).” 2: 310–23.
Bobbi Deporter and Mike Hernacki. 2015. Quantum Learning. Bandung: PT Mizan Pustaka.
Haslan. 2011. “Bahasa Inggris Melalui Model.” (1): 1–88.
Helmiati. 2012. Aswaja Pressindo Model Pembelajaran | Dr. Hj. Helmiati, M.Ag. | Download. https://b-ok.asia/book/11172046/445481.
Laia, Askarman, Helnanirma Susanti Fau, and Merdina Ziraluo. 2023. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA.” (2): 179–87.
Masgumelar, Ndaru Kukuh, and Pinton Setya Mustafa. 2021. “Teori Belajar Konstruktivisme Dan Implikasinya Dalam Pendidikan.” GHAITSA: Islamic Education Journal 2(1): 49–57. https://siducat.org/index.php/ghaitsa/article/view/188.
Noveri Amal jaya harefa, Dkk. 2020. Media Pembelajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Dan Teknologi Informasi. Tangerang Selatan: Unpam Press.
Novi Irwan, Nahar. 2016. “Penerapan Teori Belajar Behavioristik Dalam Proses Pembelajaran.” Nusantara ( Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial ) 1(1): 74. http://jurnal.um-tapsel.ac.id/index.php/nusantara/article/view/94.
Nurfadilah, Khoirunnisa. 2023. “Peran Pembelajaran Quantum Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Dan.” 3: 22–28.
Nurhadi. 2020. “Teori Kognitivisme Serta Aplikasinya Dalam Pembelajaran.” 2: 77–95.
Rusadi Putra, I Kadek, Ni Wayan Rati, and I Nyoman Murda. 2019. “Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Peta Pikiran Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar IPS.” Thinking Skills and Creativity Journal 2(2): 63–72.
Rusman. 2016. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGravindo Persada.
Sidik, Priadana. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif. Tangerang Selatan: Pascal Books.
Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sutikno, M. Sobry. 2019. “Metode & Model-Model Pembelajaran.” Holistica Lombok: 1–194.
Wahab, Gusnarib, and Rosnawati. 2021. 3 Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran. http://repository.uindatokarama.ac.id/id/eprint/1405/1/TEORI-TEORI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN.pdf.
Wicaksono, D, and I Iswan. 2019. “Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas Iv Sekolah ….” Jurnal Holistika 11(September 2018): 111–26. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/view/5362%0Ahttps://jurnal.umj.ac.id/index.php/holistika/article/download/5362/3584.