PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP DISIPLIN DIRI SISWA SMP SWASTA FANAYAMA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Main Article Content

Baspuri Luahambowo

Abstract

Dilingkungan sekolah, masih banyak ditemukan pelanggaran terhadap peraturan  yang berupa tata tertib sekolah Seperti halnya yang terjadi di SMP Swasta Fanayama, dimana melalui pengamatan penulis selama berada dilingkungan sekolah tersebut bahwa seperti rok terlalu ketat dan terlalu pendek bagi wanita, memakai celana dibawah pinggang bagi laki-laki, tidak mengerjakan tugas, tidak berpakaian seragam, tidak masuk sekolah tanpa izin, membolos pada saat jam belajar, menentang guru, ribut dalam kelas, dan lain-lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Apakah ada Pengaruh Bimbingan Konseling terhadap Disiplin diri Siswa?”. Penelitian  ini merupakan penelitian eksperimen dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner atau angket tentang “disiplin tingkah laku” yang memiliki 4 alternatif jawaban dengan skor yang berbeda-beda yaitu “Sangat sering” skor = 4, “sering” skor = 3, “kadang-kadang” skor = 2, dan “tidak pernah” skor = 1 yang kemudian hasil data dari angket yang diperlukan untuk mengungkapkan masalah dalam bentuk skor angka data kuantitatif tersebut yang selanjutnya diolah dan dianalisis dengan teknik analisis statistika. Berdasarkan analisa data dan pembahasan hasil penelitian diketahui bahwa ketika konseling Individual ditreatmentkan maka hasilnya menunjukkan siswa sadar dan berkomitmen untuk mengubah tingkah lakunya. Dari hasil temuan tersebut maka disimpulkan bahwa thitung =8,440 dan ttabel =1,753 artinya bahwa t(hitung)> ttabel. Berdasarkan kriteria Uji t adalah Ha diterima jika t(hitung)> ttabel (terlampir). Artinya Ha diterima dan hipotesis Ho ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan Konseling Individual dengan disiplin diri Siswa SMP Swasta Fanayama Tahun Pelajaran  2023/2024.

Article Details

How to Cite
[1]
B. Luahambowo, “PENGARUH BIMBINGAN KONSELING TERHADAP DISIPLIN DIRI SISWA SMP SWASTA FANAYAMA TAHUN PELAJARAN 2023/2024”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 541-544, May 2024.
Section
Artikel

References

TIM DOSEN FIP-IKIP MALANG, 1981 Pengantar dasar-dasar kependidikan, Surabaya-Indonesia: Usaha Nasional,
Soetjipto, Raflis Kosasa, 2007 Profesi Keguruan, Rineka cipta: Jakarta,
Prayitno 1987, Erman Amti, Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Rineka Cipta
: Jakarta.
Prayitno, 1987 Profesionalisasi Profesi Konseling, Rineka cipta : Jakarta.
Dewa Ketut Sukardi,Desak, Nila Kusumawati, 2008 Proses Bimbingan Konseling di Sekolah, Rineka cipta : Jakarta.
Abubakar,1987 Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling, Rineka cipta : Jakarta.
Elizabeth B Humrlock, 1978 Perkembangan Anak, Rineka cipta : Jakarta.
Suharsimi Arikunto, 2010 Prosedur Penelitian, Rineka cipta : Jakarta.
sikologi , 170.