PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF KONTEMPORER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN TOPIK KEBUTUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024

Main Article Content

Walsyukurniat Zendrato Sesuaikan Sarumaha Arwan Karier Harefa

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena proses pembelajaran yang berlangsung kurang efektif, hal ini disebabkan karena guru kurang perencanaan dan penguasaan terhadap strategi-strategi pembelajaran dan guru sebagai pentransfer informasi atau pengetahuan kepada siswa, sehingga tidak tercipta pembelajaran yang aktif, kreatif, mandiri, efisien dan bermakna. Dalam menyikapi situasi tersebut peneliti tertarik untuk untuk melaksanakan penelitian tentang pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif siswa. Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inovatif kontemporer + metakognitif terhadap pemahaman konsep siswa, 2) untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran inovatif kontemporer + metakognitif terhadap keterampilan metakognitif siswa dalam materi IPS Tepadu serta untuk mengetahui respon siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo terhadap pembelajaranTim peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dengan teknik pengumpulan data melalui lembaran observasi. Disarankan kepada guru-guru yang mengajar di SMP Negeri 1 Luahagundre Maniamolo agar dapat menerapkan model strategi pembelajaran inovatif kontemporer dalam proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran dan teori-teori yang dikemukakan oleh para ahli dalam berbagai strategi pembelajaran, agar siswa lebih mudah dalam memahami dan cerdas serta terampil dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang timbul dalam kegiatan proses pembelajaran sebagaimana mestinya.

Article Details

How to Cite
[1]
W. Zendrato, S. Sarumaha, and A. Harefa, “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN INOVATIF KONTEMPORER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DENGAN TOPIK KEBUTUHAN DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 LUAHAGUNDRE MANIAMOLO TAHUN PEMBELAJARAN 2023-2024”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 2, pp. 565-573, May 2024.
Section
Artikel

References

Sardiman A.M. 2005 Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. PT. Raja Grafindo Persada : Jakarta
Sanjaya, Wina. 2006 Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. PT. Prenada Media Group
Wena, Made. 2011 Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. PT. Bumi Aksara Jakarta Timur
Hernawan, dkk . 2008. Pengembangan Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Universitas Terbuka
Sagala, Syaiful. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran,PT. Alfabeta : Bandung
Yamin, Martinis. 2011. Paradigma Baru Pembelajaran, Gaung Persada(GP) Press : Jakarta
Hamruni (2011) Strategi Pembelajaran. Yogyakarta , PT. Insan Madani.
Sanjaya,Wina.2009. Perencanaan dan desain sistem Pembelajaran, PT. Fajar Interpratama.
http:/www.google.com//Pembelajaran Inovatif. htm”sebagaimana diakses pada 12 Juni 2013, pukul : 14.37 WIB
Dimyati dan Mudjiono.2009. Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta Jakarta.
Hamalik,Oemar. 2012. Kurikulum dan Pembelajaran, PT Bumi Aksara: Jakarta
Slameto, 2003. Belajar dan fakto-faktor yang mempengaruhinya, PT Rineka Cipta: Jakarta
Arikunto 1992 Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, PT. Rineka Cipta, Jakarta
Winataputra, dkk. 2008. Teori Belajar dan Pembelajaran, PT. Universitas Terbuka: Jakarta.