PERSEPSI MAHASISWA ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE TERHADAP PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATA KULIAH WRITING

Main Article Content

Asriani Hasibuan Nina Nurbaidah

Abstract

Penelitian ini berisi tentang persepsi mahasiswa EFL Terhadap Pemanfaatan Artificial Intlegence pada mata kuliah Writing. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui bagaimana persepsi/pandangan mahasiswa terhadap pemanfaatan Artificial Intlegence pada pembelajaran mata kuliah Writing, dan 2) Faktor apa saja yang mempengaruhi persepsi mahasiswa EFL saat menggunakan teknologi Artificial Intlegence pada mata kuliah Writing. Metode penelitian ini menggunakan kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian merupakan mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris semester empat pada mata kuliah Writing yang berjumlah 16 mahasiswa. Instrumen dalam penelitian ini berupa angket, dan wawancara terstruktur. Hasil dari penelitian ini adalah 1) Persepsi Mahasiswa EFL terhadap pemanfaatan  Artificial Intelligence pada mata kuliah writing adalah berada dalam kategori positif. Peneliti menemukan bahwa skor rata-rata kategori Sangat Tidak Setuju (19,7%), Tidak Setuju (8,46%), Netral (24,40%), Setuju (27,89%), Sangat Setuju (19,72%). 2) Faktor yang mempengaruhi  mahasiswa EFL terhadap pemanfaatan  Artificial Intelligence pada mata kuliah writing adalah faktor sikap, faktor kebutuhan, faktor minat dan faktor harapan dari sudut perceiver lebih dominan dibanding faktor yang lain dalam mempengaruhi  persepsi mahasiswa dalam menggunakan Wordtune pada mata kuliah writing.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Hasibuan and N. Nurbaidah, “PERSEPSI MAHASISWA ENGLISH AS FOREIGN LANGUAGE TERHADAP PEMANFAATAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE PADA MATA KULIAH WRITING”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 363-368, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Awalin, Arpinda Syifa’a. 2023. Student’s Perception on the Impact of Artificial Intelegence on English Grammar Learning.
Aprianto, Dwi. (2017). The English Teachers’ Perception on the Implementation of 2013 Curriculum (A descriptive study at senior high school in Purbalingga subsdistrict. Artikel Skripsi Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Thesis.
Blake, R and Sekuler, R. 2006. Perception. New York. McGraw Hill.
Brown, H Douglas.2007. Priciples of Language Learning and Teaching 5th edition. New Jersey. Pearson Longman.
Engwall., O and Lope, J.2023. Interaction and Collaboration in robot assisted language learning for adults. Computer assisted Language Learning. 35(5-6)1273-1309.
Huang et all. 2023. Trends, Research Issue and application of Artificial Intelegence in langage education. Educational Technology and Society. 26(1)112-131.
Hylland. Ken. 2003. Second Language Writing. New York. Cambridge University.
Maharani Ida. 2006. How to Write Effectively Menulis Secara Efektif Yogyakarta: Citra Aji PARAMA.
Michael G. 1999. Applied Industrial/Organization Psycology 3rd Edition. USA Wadsworth Publishing Company.
Miles and Huberman. 2010. Analisis Data Kualitatif. Universitas Indonesia Press.
Nation, I S. P.2009. Teaching ESL/EFL Reading and Writing. New York: Routledge.
Oxford English Dictionary. 2007. Learner’s Pocket Dictionary.7th ed. Oxford: Oxford University Press.2007.
Patel Jain.2008. English Language Teaching (Methods, Tools and Technique). Jaipur. Sunrise Publisher and Distributors.
Robbins (1995). Increasing Students Engagement and Motivation. Educational Northwest.
Robbins, S. P. and Timothy A. Judge. (2013). Organizational Behavior. United States of America: Pearson Education Inc.: Prentice Hall.
Russel, S. J., & Norvig, P. (2016). Artificial Intelligence: A modern approach (3rd ed.). Essex: Pearson.
Smith. D Barry. 1998. Psychology Science and Understanding. New York. McGrau. Hills Companies.
Sugiyono.(2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Wang R. 2007. Research on Artificial Intelegence Promoting Learning Change.
Wang. et all. 2022. Learnear’s perceived AI Presences in AI Supported Language Learning. A Study of AI as a Humanized agen from community of inquiry. Computer assisted Language Learning.
Zhao. 2023. Leveraging Artificial Intelegence Technology for English Writing: Introducing Wordtune as a digital writing assistants for EFL Writers. RECL Journal.