ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA KABUPATEN LUMAJANG

Main Article Content

Stephanie Astrid Ayu Citra Anggraini Tresyanto Maria Kharisma Anggun Putri Larasati

Abstract

Kabupaten Lumajang merupakan salah satu Kabupaten di provinsi Jawa Timur, Indonesia yang merupakan bagian dari wilayah Tapal Kuda Jawa Timur dan memiliki beberapa destinasi wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Situasi terkini dari Kabupaten Lumajang dianggap masih belum mampu memikat wisatawan lokal maupun internasional untuk mengunjungi destinasi wisata yang ada di kabupaten Lumajang. Biro Pemasaran Pariwisata menjadi bagian penting dalam memberikan informasi kepada khalayak umum bahwa terdapat destinasi wisata yang masih belum banyak terjamah keberadaannya karena kurangnya informasi terkait lokasi wisata tersebut. Menjadi sebuah tantangan bagi pemerintah dan juga warga sekitar untuk bisa mempromosikan destinasi wisata yang dimiliki dengan memberikan informasi lengkap dan menarik untuk mengundang wisatawan lokal maupun mancanegara berkunjung dan menikmati keindahan alam yang dimiliki Kabupaten Lumajang. Penelitian ini merupakan penelitian dengan metode kualitatif. Melalui penelitian diperoleh informasi pentingnya setiap daerah di Indonesia, khususnya di Jawa Timur untuk memiliki Tourism Information Centre (TIC). TIC nantinya akan mampu menjadi sumber informasi dan sarana promosi.. Pengambilan kesimpulan berdasarkan pada semua informasi penting yang diperoleh selama proses penelitian berlangsung. Hasil dari penelitian ini berupa rekomendasi kebijakan strategi promosi pemerintah daerah kabupaten Lumajang untuk menarik minat wisatawan lokal dan mancanegara berkunjung ke destinasi wisata yang dimiliki kabupaten Lumajang.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Ayu, C. Tresyanto, and M. K. A. Putri Larasati, “ANALISIS SWOT STRATEGI PEMASARAN DESTINASI WISATA KABUPATEN LUMAJANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 183-187, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Alifionny, N. C. (2020). Efektivitas Tourism Information Center (Tic) Dalam Pengembangan Pariwisata Di Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur. Jurnal MSDA (Manajemen Sumber Daya Aparatur), 8(2), 113-132.
Diyah, F. N. (2010). Promosi Produk Daerah (Promosi Yang Dilakukan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo Dalam Memasarkan Produk Daerah) (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Isnaini, Z. (2018). The Job Description Of Tourist Information Centre Branch Of Malioboro Yogyakarta (Doctoral Dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Murdiyanto, Lilik & Sumiyati (2018). Strategi Komunikasi Pemasaran Pariwisata Untuk Meningkatkan Kunjungan Wisatawan Di Pantai Suwuk Kabupaten Kebumen. Jurnal Wacana Vol. 17 (No. 2), 171-180. Https://Disparbud.Lumajangkab.Go.Id/Data/Detail/1565 Diakses Pada 16 November 2022 Https://Kominfo.Jatimprov.Go.Id/Berita/Ada-689-Kunjungan-Wisatawan-Mancanegara-Ke-Jatim-Pada-2021#:~:Text=Jatim%20newsroom%20%2d%20jumlah%20kunjungan%20wisatawan,Sebelumnya%20yang%20mencapai%2035.035%20kunjungan (Diakses Pada 08 Desember 2022) Https://Tempatwisataseru.Com/Wisata-Lumajang/ Diakses Pada 16 November 2022 Https://Www.Tokohkita.Co/Read/20190525/460/Ini-Tips-Usulan-Bikin-Tourism-Information-Center-Yang-Baik Diakses Pada 16 November 2022.