PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPA

Main Article Content

Yudis Ghifari Ellina Rienovita Della Amelia

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan Augmented Reality (AR) guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik, khususnya pada aspek analisis dan inferensi, dalam pembelajaran IPA (Sains) kelas VIII. Metode kuasi eksperimen one group pretest-posttest desain digunakan dalam penelitian ini, dengan teknik purposive sampling hanya satu kelas saja sampelnya berjumlah 30 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa AR efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kedua aspek yang diuji, yaitu analisis dan inferensi. Hal ini dibuktikan dengan perolehan gain sebesar 13,17 untuk aspek analisis dan 6,46 untuk aspek inferensi.Temuan penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangsih bagi penelitian setelah ini, khususnya dalam pemanfaatan AR dalam pembelajaran. Selain itu, penelitian ini juga diharapkan dapat mendorong pengembangan bahan ajar berbasis AR yang lebih menarik dan interaktif untuk mendukung proses belajar mengajar yang  lebih efektif dan bermakna bagi peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Ghifari, E. Rienovita, and D. Amelia, “PENGGUNAAN AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PELAJARAN IPA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 28-36, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800
Agustin, A., & Aqua Kusuma Wardhani, H. (2023). Pengaruh Media Augmented Reality (Ar) Berbantuan Assemblr Edu Terhadap Hasil Belajar Siswa Smp It Robbani Sintang. Edumedia: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 7(2), 7–13. https://doi.org/10.51826/edumedia.v7i2.952
Al-Mahrooqi, R., & Denman, C. J. (2020). Assessing Students’ Critical Thinking Skills in the Humanities and Sciences Colleges of a Middle Eastern University. International Journal of Instruction, 13(1), 783–796. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13150a
Anatoliivna, O. (2021). Critical Thinking in the Context of the World Vuca: Its Role and Definition. Грааль Науки, 3(2–3), 382–387. https://doi.org/10.36074/grail-of-science.02.04.2021.079
Angelo, T. A. (1995). Classroom Assessment for Critical Thinking Cooperative Learning and Critical Thinking. Teaching of Psychology, 22(1), 6–7. https://doi.org/10.1207/s15328023top2201_1
Arici, F., Yildirim, P., Caliklar, Ş., & Yilmaz, R. M. (2019). Research trends in the use of augmented reality in science education: Content and bibliometric mapping analysis. Computers and Education, 142(August), 103647. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103647
Arifin, Z. (2014). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Remaja Rosdakarya.
Arsanti, M., Zulaeha, I., Subiyantoro, S., & Haryati, N. (2021). Tuntutan Kompetensi 4C Abad 21 dalam Pendidikan di Perguruan Tinggi untuk Menghadapi Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 319–324. http://pps.unnes.ac.id/prodi/prosiding-pascasarjana-unnes/
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.
Ashari, S. A., A, H., & Mappalotteng, A. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality. Jambura Journal of Informatics, 4(2), 82–93. https://doi.org/10.37905/jji.v4i2.16448
Black, B., Chislet, J., Thomson, A., Thwaites, G., & Thwaites, J. (2008). Critical Thinking – a definition and taxonomy for Cambridge Assessment. Research Matters: A Cambridge Assesment Publication., 6, 30–35. http://news.bbc.co.uk/1/hi/education/4287712.stmChannelFourTelevision
Dishon, G., & Gilead, T. (2021). Adaptability and Its Discontents: 21St-Century Skills and the Preparation for an Unpredictable Future. British Journal of Educational Studies, 69(4), 393–413. https://doi.org/10.1080/00071005.2020.1829545
Juwita, Saputri, E. Z., & Kusumawati, I. (2021). Teknologi Augmented Reality (Ar) Sebagai Solusi Media Pembelajaran Sains Di Masa Adaptasi Kebiasaan Baru. Journal of Biology Education, 3(2), 124–134. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/bioeduca
Khoiri, A., Evalina, Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., Siswandi, Janudin, & Sunarsi, D. (2021). 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012142
Lee, R. (2022). Using Augmented Reality in Science Education to Foster 21st- Century Skills and Higher-Order Thinking Skills. Culminating Projects in Information Media, 41. https://repository.stcloudstate.edu/im_etds/41?utm_source=repository.stcloudstate.edu%2Fim_etds%2F41&utm_medium=PDF&utm_campaign=PDFCoverPages
Marinda, L. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget Dan Problematikanya Pada Anak Usia Sekolah Dasar. An-Nisa’ : Jurnal Kajian Perempuan Dan Keislaman, 13(1), 116–152. https://annisa.uinkhas.ac.id/index.php/annisa/article/download/26/19
Meisner, M. (2021). The Habit Of Critical Thinking: Powerful Routines To Change Your Mind And Sharpen Your Thinking. Thinknetic.
Miterianifa, Ashadi, Saputro, S., & Suciati. (2021). A Conceptual Framework for Empowering Students’ Critical Thinking through Problem Based Learning in Chemistry. Journal of Physics: Conference Series, 1842(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1842/1/012046
Nurhidayanti, A., Nofianti, E., Kuswanto, H., Wilujeng, I., & Suyanta, S. (2022). Analisis Kemandirian Belajar Peserta Didik SMP Melalui Implementasi LKPD Discovery Learning Berbantuan Augmented Reality. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 10(2), 312–328. https://doi.org/10.24815/jpsi.v10i2.23719
Permana, R. A., & Ikasari, D. (2023). Uji Normalitas Data Menggunakan Metode Empirical Distribution Function Dengan Memanfaatkan Matlab Dan Minitab 19. Semnas Ristek (Seminar Nasional Riset Dan Inovasi Teknologi), 7(1), 7–12. https://doi.org/10.30998/semnasristek.v7i1.6238
Perry, T., Lea, R., Rübner Jørgensen, C., Cordingley, P., Shapiro, K., Youdell, D., Harrington, J., Kaiser, N., Stow, M., Lenz Taguchi, H., Thompson, S., & Twiselton, S. (2021). Cognitive Science Approaches in the Classroom: a Review of the Evidence. Education Endowment Foundation, 1–50. https://d2tic4wvo1iusb.cloudfront.net/production/documents/guidance/Cognitive_Science_in_the_classroom__Evidence_and_practice_review.pdf?v=1701381167
Privitera, G. (2019). Quasi-Experimental And Single Case Experimental Designs (pp. 5–16). Sage Journal. https://us.sagepub.com/sites/default/files/upm-binaries/89876_Chapter_13_Quasi_Experimental_and_Single_Case_Designs.pdf
Pugi Febriningrum, D., & Mastuti Purwaningsih, S. (2022). Pengaruh Aplikasi Assemblr Edu Berbasis Teknologi Augmented Reality Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Indonesia Kelas Xi Ips Sman 8 Surabaya. Journal Pendidikan Sejarah, 13(1), 1–10. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/avatara/article/view/50083/41281
Rusmayani, R. (2020). Analisis Butir Soal Penilaian Akhir Semester Genap Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Bintang Persada Tabanan-Bali. Widya Balina, 5(1), 41–49. https://doi.org/10.53958/wb.v5i1.50
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susanto, D., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61. https://doi.org/10.61104/jq.v1i1.60
Villarta, Y. M., Atibula, L. T., & Gagani, F. S. (2021). Performance-based assessment: Self-efficacy, decision-making, and problem-solving skills in learning science. Journal La Edusci, 2(3), 1–9. https://doi.org/10.37899/journallaedusci.v2i3.381
Vygotsky, L. (1979). Mind in Society. The Development of Higher Psychological Processes. In The American Journal of Psychology (Vol. 92, Issue 1). https://doi.org/10.2307/1421493