MENINGKATKAN REVISIT INTENTION PADA WISATA MUSEUM KOTA SURABAYA MELALUI STRATEGI PEMASARAN

Main Article Content

Citra Anggraini Tresyanto Stephanie Astrid Ayu Alessandro Franciscus Pangalila

Abstract

Museum merupakan obyek wisata yang seringkali terabaikan dari daftar obyek wisata para wisatawan, baik lokal maupun asing. Sedikit program pariwisata yang memberikan waktu kunjungan khusus ke museum. Keberadaan deretan museum yang ada di Kota Surabaya, harusnya cukup dapat menarik kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini adalah untuk membentuk suatu strategi yang tepat untuk dapat menarik pengunjung. Tidak hanya sekedar menciptakan kepuasan namun juga menciptakan minat untuk mengunjungi kembali obyek museum. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengolahan 100 data pengunjung melalui sistem PLS. Hasil analisis terbukti adanya pengaruh signifikan secara langsung dan memediasi antara experiential marketing terhadap tourist satisfaction dan revisit intention. Sedangkan service innovation tidak memberikan pengaruh terhadap penciptaan tourist satisfaction dan revisit intention. Hasil ini dapat memberikan suatu gambaran yang penting bagi pengelola museum untuk dapat menghadirkan museum experience bagi para pengunjung melalui layanan dan program kunjungan.

Article Details

How to Cite
[1]
C. Tresyanto, S. Ayu, and A. Pangalila, “MENINGKATKAN REVISIT INTENTION PADA WISATA MUSEUM KOTA SURABAYA MELALUI STRATEGI PEMASARAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 209-213, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Aburayya, A., A. Marzouqi, D. Alawadhi, F. Abdouli, dan M. Taryam. 2020. “An Empirical Investigation of the Effect of Employees’ Customer Orientation on Customer Loyalty through the Mediating Role of Customer Satisfaction and Service Quality”. Management Science Letters 10(10): 2147-2158.
Amelia, F. R. 2020. “Perencanaan Program Pemanduan Interpretasi Bagi Wisatawan Disabilitas Netra Di Museum Gedung Sate Bandung. Proyek Akhir”. Sekolah Tinggi Pariwisata. Bandung.
Andini, O. 2016. “Pengelolaan Fasilitas Museum Sultan Syarif Kasim di Kabupaten Bengkalis”. JOM FISIP Universitas Riau 3(2): 1-14.
Dwihandoko, L. S. 2019. Perancangan Visual Kampanye Informasi Etiket Pengapresiasian Karya Seni di Museum Macan. Skripsi. Universitas Multimedia Nusantara. Tangerang.
Ghozali, I. Aplikasi Analisis Dengan Program IBM SPSS 25 Edisi 9. Badan Penerbit-Undip, 2018.
Grinnell, J. 2020. The Methods and Uses of a Research Museum. Joseph Grinnell’s Philosophy of Nature: 31-40. University of California Press
Hair, J. F., Ringle, C. M., & Sarstedt, M. (2011). PLS-SEM: indeed a silver bullet. Journal of Marketing Theory and Practice, 19(2), 139–151.
J. F. Hair, J. . W. C. . Black, B. J. Babin, and R. E. Anderson, Multivariate Data Analysis, Seventh Ed. USA: Pearson New International Edition, 2014.
Kotler, P. and Keller, K. L. 2021. Manajemen Pemasaran. Edisi 13, Jilid 2.
Mahmoud Abdulai Mahmoud, Robert Ebo Hinson, Patrick Amfo Anim. (2017). "Service innovation and customer satisfaction: the role of customer value creation", European Journal of Innovation Management, https://doi.org/10.1108/EJIM-09-2017-0117.
Saunders, M, Lewis, P. and Thornhill, A. (2016). Research Methods for Business Students (7th edition) Harlow: Pearson.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet
Vesci, M., E. Conti, C. Rossato, dan P. Castellani. 2021. The Mediating Role of Visitor Satisfaction in the Relationship between Museum Experience and Word of Mouth: Evidence from Italy. The TQM Journal 33(1): 141-162.
Yeh, T., & Chen, S. (2019). The Relationships among Experiential Marketing , Service Innovation , and Customer Satisfaction — A Case Study of Tourism Factories in Taiwan. 1–12. https://doi.org/10.3390/su11041041.
Yogiswari, Ni Made Mas., dkk. (2021). The Influence Of Experiential Marketing On Visitors’ Satisfaction And Intention To Revisit At Batur Camp Bali. Journal of Business on Hospitality and Tourism PISSN 2527-9092, Vol 07 No 01, 2021: 180-195. http://dx.doi.org/10.22334/jbhost.v7i1.296