STRATEGI, DAMPAK & FAKTOR COPING PADA ORANG TUA YANG MEMILIKI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS: SISTEMATIK REVIEW
Main Article Content
Abstract
Coping stress merupakan hal yang perlu dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak berkebutuhan khusus untuk menghadapi tingkat stres yang lebih tinggi dari orang tua lain yang tidak memiliki anak berkebutuhan khusus. Maka dari itu penting untuk mengetahui strategi apa yang dapat dilakukan serta pentingnya melakukan coping dapat dilihat dari dampaknya. Pangkalan data yang digunakan ialah Science Direct, ERIC, Springer Link, SAGE, Google Scholar, JSTOR, Wiley, ProQuest, dan Portal Garuda dengan ketentuan jurnal yang dipublikasi 10 tahun terakhir. Adapun hasil penelitian ini menemukan adanya tiga macam pengelompokan strategi coping yang dilakukan oleh orang tua yang memiliki anak dengan kebutuhan khusus, dampak melakukan coping, serta faktor apa saja yang dirasakan para orang tua dalam melakukan coping.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Evans, G., Wittkowski, A., Butler, H., Hedderly, T., & Bunton, P. (2015). Parenting Interventions in Tic Disorders: an exploration of parents' perspectives. Child: Care, Health, and Development, 384-396.
Jacques, C., Saulnier, G., Ethier, A., & Soulieres, I. (2021). Experience of Autistic Children and Their Families During the Pandemic: From Distress to Coping Strategies. Journal of Autism and Developmental Disorders.
Lazarus, R., & Folkman, S. (1984). Stress Appraisal and Coping. Newyork: Springer Publishing Company.Inc.
Padden, C., & James, J. E. (2017). Stress among Parents of Children with and without Autism Spectrum Disorder: A Comparison Involving Physiological Indicators and Parent Self-Reports. J Dev Phys Disabil, 567-586.
Rasmun. (2004). Stress Koping dan Adaptasi. Jakarta: CV.Sagung Seto.
Rodiyah. (2021). Hubungan Spiritual, Jenis Kelamin, dan Dukungan Sosial dengan Strategi Coping pada Mahasiswa. Journal of Human and Education, 12-22.
Salies, T. G., & Batista, M. F. (2020). How Mothers of Deaf Children Cope with Conflict. Rio de Janeiro: University of Rio de Janeiro.
Sukadiyanto. (2010). Stress dan Cara Menguranginya. Cakrawala Pendidikan, 55-66.
Wang, H.-T., & West, E. (2016). Asian American Immigrant Parents Supporting Children with Autism: Perceptions of Fathers and Mothers. International Journal of Whole Schooling, 12(1), 1-21.