REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MERDEKA BELAJAR: PERSPEKTIF TEORETIS DAN PRAKTIS

Main Article Content

Izuddinsyah Siregar

Abstract

Artikel ini menjelaskan konsep Merdeka Belajar dengan melihat bahwa terdapat kebutuhan mendesak untuk melakukan rekonstruksi pembelajaran IPS melalui konsep Merdeka Belajar yang tidak hanya mengandalkan pendekatan teoretis, tetapi juga mengedepankan solusi praktis yang aplikatif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Merdeka Belajar dalam pembelajaran IPS menekankan pada fleksibilitas, kebebasan, dan partisipasi aktif siswa dalam proses belajar. Pendekatan ini bertujuan untuk memberdayakan siswa dengan memberi ruang eksplorasi, berpikir kritis, dan mengaitkan pembelajaran dengan konteks nyata. Konsep ini mendorong pembelajaran yang lebih personal dan relevan, dimana siswa dapat mengeksplorasi materi sesuai dengan minat dan kebutuhan mereka. Integrasi dengan teori pembelajaran seperti konstruktivisme, pembelajaran berbasis masalah, dan teori pembelajaran sosial memperkaya pembelajaran IPS dengan pendekatan yang lebih aktif, kolaboratif, dan kontekstual yang tentunya berpusat pada siswa. Dengan menerapkan pendekatan ini, pembelajaran IPS mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, analisis sosial, dan partisipasi aktif siswa, yang sangat penting dalam membekali mereka menghadapi tantangan sosial di dunia nyata dengan menjadikan pembelajaran IPS lebih dinamis. Keterbatasan sumber daya, kesiapan guru, dan kesenjangan antara teori dan praktik, menjadi sebuah tantangan, namun dibutuhkan pelatihan, dukungan, dan pemahaman mendalam. Secara teoretis, Merdeka Belajar mendorong pendekatan holistik dan adaptif, berbasis teori seperti konstruktivisme dan pembelajaran berbasis masalah. Hal ini mendukung pengembangan keterampilan berpikir kritis, analisis sosial, dan partisipasi aktif siswa, yang esensial dalam pembelajaran IPS.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Siregar, “REKONSTRUKSI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL MELALUI MERDEKA BELAJAR: PERSPEKTIF TEORETIS DAN PRAKTIS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 66-72, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Aisyah, S., Sholeh, M., Lestari, I. B., Yanti, L. D., Nuraini, N., Mayangsari, P., & Mukti, R. A. (2024). Peran Penggunaan Teknologi dalam Pembelajaran IPS di Era Digital. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 44–52.
Alfiyanti, D. G., & Erita, Y. (2022). Validitas Bahan Ajar dengan Model Problem Based Learning Materi IPS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Penggerak. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(2), 2353–2371.
Amalia, R. D. (2024). Implementasi Digitalisasi dalam Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di Sekolah Menengah Pertama: Studi Kasus di MTs Nurul Ikhlas, Sidoarjo. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Amini, A., Sahfitri, A. A., Fadillah, A., Lubis, K., Mahyuni, L., & Abdi, K. (2024). Pengembangan Kemampuan Kreativitas dalam Pembelajaran IPS. El-Mujtama: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 228–232.
Anam, K., Wardany, K., Rahmani, H., Joni, H., & Bangki, R. (2024). Desain Kurikulum Adaptif dalam Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Literature Review Strategi Berfokus pada Perbedaan Individu. Merdeka Belajar Kampus Merdeka, 1(1), 39–45.
Anggila, W., Adisel, A., & Salamah, S. (2023). Persepsi Guru IPS terhadap Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Belajar di SMP Negeri Kecamatan Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur. Indonesian Journal of Social Science Education (IJSSE), 5(2), 196–204.
Atikasari, N., & Sunardi, S. (2023). Diffusion And Innovation Belajar. Id Account: A Systematic Literature Review. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 16(2), 92–103.
Azizah, V., Harisnawati, H., & Rahayu, S. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran IPS di Kelas VII SMP Negeri 1 Sasak Ranah Pasisie Kabupaten Pasaman Barat. Innovative: Journal of Social Science Research, 3(4), 1673–1682.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105–2118.
Basri, W., & Rahmi, T. S. (2023). Kendala Guru dalam Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada Pembelajaran IPS Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Moral and Civic Education, 7(1), 1–16.
Celin, T. (2022). Peningkatan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Melalui Kebijakan Merdeka Belajar dalam Pembelajaran IPS. Dinamika Sosial: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(3), 321–338.
Faslia, F., Aswat, H., & Aminu, N. (2023). Pelibatan Model Projek Based Learning pada Pembelajaran Ilmi Pengetahuan Sosial (IPS) Menuju Pelajar Pancasila Pada Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3895–3904.
Fitriyani, Y., Supriatna, N., & Sari, M. Z. (2021). Pengembangan Kreativitas Guru dalam Pembelajaran Kreatif pada Mata Pelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(1), 97–109.
Hanapi, H., Lasmawan, I. W., & Suharta, I. G. P. (2023). The Problems and Dilemmas of Implementing The MBKM Curriculum Education Study Program In The Social Science In The Lombok Region. Jurnal Pendidikan IPS, 13(2), 260–267.
Lathifah, I., Fungkiuudin, H., Trisnaningtyas, R., Setiawan, R. Y., Alfiyah, N. A., & Muthoharoh, L. (2023). Tantangan Implementasi Kurikulum Pendidikan IPS di Era Globalisasi. Concept: Journal of Social Humanities and Education, 2(4), 213–223.
Latif, A., & Pahru, S. (2023). Pengaruh Metode Hypnoteaching dan Multiple Intelligence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Pembelajaran IPS SD di Universitas Hamzanwadi. KASTA: Jurnal Ilmu Sosial, Hukum, Agama, Budaya dan Terapan, 3(3), 182–193.
Majid, M. A. (2024). Kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Meretas Upaya Antisipatif di Tengah Optimisme Implementatif. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 5(1), 12–25.
Mariska, R., & Khobir, A. (2024). Implementasi Aliran Konstruktivisme terhadap Kurikulum Merdeka dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. ALFIHRIS: Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(1), 210–219.
Maskuroh, L. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran IPS dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Dinamika Sosial, Kebijakan, dan Lingkungan di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan, 11(1), 78–90.
Natasya, N., Safitri, D., & Sujarwo, S. (2024). Hambatan dan Tantangan Implementasi Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran IPS di SMP 11 Muhammadiyah. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 3(10), 1–9.
Purwanto, M., & Hermanto, Y. B. (2023). Faktor-Faktor Kontekstual dan Implikasi Kesiapan Perubahan Organisasi. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 4(2), 1738–1748.
Rizal, Y. K., & Nur, L. (2024). Implementasi Program P5 dalam Menumbuhkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(2), 227–237.
Safitri, U., & Gistituati, N. (2024). Penerapan Kurikulum Merdeka Berdasarkan Teori Belajar Humanisme di Pendidikan Dasar. Mitra PGMI: Jurnal Kependidikan MI, 10(1), 116–126.
Sativa, O., Nuraini, A., Fitriani, S. N., Maesaroh, S., Miyzaana, T. A. F., Agustin, T., & Marini, A. (2023). Relevansi Media Virtual Reality dengan Teori Albert Bandura pada Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 3(2), 51–60.
Sembiring, D. A. K., Raja, N. R. L., Rosiyanti, R., & Toam, A. (2024). Transisi Motivasi Belajar Siswa Kala dan Pasca Pandemi Covid-19. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 8(1), 94–107.
Silalahi, E. M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis 3V (Verbal, Visual, dan Voice) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Literasi Digital pada Pembelajaran IPS di SMAN 2 Gianyar. Universitas Pendidikan Ganesha.
Siregar, A. R., & Muchtar, M. (2024). Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelligences (Kecerdasan Majemuk) dalam Pembentukan Karakter Siswa Kelas VII MTsS Yaspen Muslim Pematang Tengah Tanjung Pura Langkat. Journal Millia Islamia, 299–311.
Sitepu, N. H., Humaira, S. S., Khairunnisa, N., Syakira, D., Harahap, A., & Yusnaldi, E. (2024). Pentingnya Keterampilan Sosial dalam Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 6(3).
Wardarita, R., Batubara, H., Wahyuni, N., & Astina, T. (2024). Urgensi Evaluasi Pembelajaran dalam Menciptakan Pendidikan Berkualitas di Era Merdeka Belajar. Innovative: Journal of Social Science Research, 4(1), 1583–1590.