PENGARUH KETERAMPILAN KOMPUTER DASAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Ahmad Zainy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan komputer dasar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital di Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 3 Padangsidimpuan. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain one-shotcase study. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan angket. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dan inferensial.Sesuai dengan hasil penelitian di ketahui keterampilan Komputer Dasar di Kelas X TKJ SMK Negeri 3 Padangsidimpuan berada pada kategori baik dengan pencapaian nilai rata-rata sebesar 78,48.Gambaran aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital di kelas X TKJ SMK Negeri 3 Padangsidimpuan berada pada kategori baik dengan perolehan nilai rata-rata sebesar 79.71.Hasil uji hipotesis yang dilakukan diketahui bahwa thitung > ttabel yaitu 7.541 > 1.691.Selanjutnya nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 sedangkan nilai probabilitas diketahui sebesar 0.05 dengan demikian dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0.000 < 0.05. Berdasarkan hasil konsultasi nilai tersebut, maka hipotesis alternatif diterima atau disetujui kebenarannya yaitu “Terdapat pengaruh keterampilan komputer dasar terhadap aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran simulasi komunikasi digital di Kelas X TKJ  SMK Negeri 3 Padangsidimpuan”

Article Details

How to Cite
[1]
A. Zainy, “PENGARUH KETERAMPILAN KOMPUTER DASAR TERHADAP AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SIMULASI KOMUNIKASI DIGITAL DI KELAS X TKJ SMK NEGERI 3 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 764-766, May 2022.
Section
Artikel

References

Agustin. Mely Dkk. Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Posing Tipe Pre Solution Posing di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), Vol. 1, No. 1, Tahun 2017.
Arikunto, Suharsimi. 2018. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Aulia, Febrina, ZulhendraZulhendra, dan Putra Jaya. 2019. “Pengaruh Penggunaan Modul Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Keterampilan Komputer Dan Pengelolaan Informasi Di SMK Negeri 2 Bukittinggi.” Voteteknika (Vocational Teknik Elektronika Dan Informatika) 2, no. 1. https://doi.org/10.24036/voteteknika.v2i1.3274
Prasetiyo Bambang, Lina Miftahul Jannah. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif Teori dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Slameto. 2017. Belajar & Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. 2018. Metode penelitian Pendidikan pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Wijaya, I Nyoman Yudi Anggara, dan Eka Grana Aristyana Dewi. 2020. “Pelatihan Keterampilan Dasar Komputer Pada SDN 2 Gilimanuk.” Jurnal Karya Abdi Masyarakat 4, no. 2 (Agustus): 344–49. https://doi.org/10.22437/jkam.v4i2.11272.
Lukman Hakim Siregar dkk, Efektifitas pembelajaran Auditory Intellectually Repetition (AIR) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Education and development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan.Vol.3 No.2 Edisi Januari 2018.