PENGARUH BAHASA PERSUASIF DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN PADA OBJEK WISATA DI KOTA MEDAN
Main Article Content
Abstract
Industri pariwisata di Indonesia, khususnya di kota Medan sudah mulai bangkit dan berangsur pulih setelah dilanda covid-19. Kunjungan wisatawan semakin ramai membuat objek wisata di kota Medan memberikan kontribusi bagi pemerintah kota Medan. Terjadinya lonjakan pengunjung disebabkan beberapa faktor diantaranya adalah adanya komunikasi atau bahasa informasi yang bersifat persuasif sehingga memberikan nilai positif dan dampak terhadap pertambahan jumlah pengunjung wisatawan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh komunikasi persuasif dalam meningkatkan jumlah wisatawan pada objek wisata di Kota Medan, khususnya di Istana Maimun Medan. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah sampling accidental. Sumber data primer penelitian ini yaitu diperoleh dengan cara menyebarkan quesioner kepada pengunjung objek wisata tersebut. Jenis skala yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan skala likert. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa komunikasi persuasif berpengaruh signifikan terhadap minat wisatawan. Besarnya kontribusi komunikasi persuasif dalam mempengaruhi minat wisatawan adalah sebesar 0,465. Artinya bahwa komunikasi persuasif sangat penting karena akan mampu meningkat jumlah wisatawan sebesar 46,50%.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Choirina AN. Pengaruh Komunikasi Persuasif Beuty Advisor Kosmetik Wardah Terhadap Minat Beli Konsumen di Laris Swalayan Kartasura. 2021;25. Available from: http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/93631
Crystallography XD. 済無No Title No Title No Title. 2016. 1–23 p.
Dan P, Disbudpar K, Kunjungan M, Di W. Strategi Komunikasi Dinas Kebudayaan. 2013;1(3):450–64.
Novianti E, Endyana C, Lusiana E, Wulung SRP. Komunikasi Persuasif dan Penerapannya di Daya Tarik Wisata Tebing Keraton Sekolah Pascasarjana Universitas Padjadjaran, Jl. Dipatiukur No. 35 Bandung Pendidikan Pariwisata, Universitas Pendidikan Indonesia , Jl. Dr. Setiabudhi No. 229 Bandung Persu. J Sustain Tour Res. 2020;2(3):43–7.
Purnomo RA. Analisis Statistik Ekonomi dan Bisnis Dengan SPSS. Cv. Wade Group. 2016. 1–177 p.
Ramadoni MA, Hermansyah T, Bina U, Palembang D. Obyek Wisata Bukit Seguntang. 2022:2(1):81–100.
Sitepu E, Sabrin. Strategi Komunikasi Pariwisata Dalam Meningkatkan Minat Berwisata Di Sumatera Utara. Agustus. 2020:9:28–44.