PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI HSK 2

Main Article Content

Dhatu Sitaresmi

Abstract

Minimnya sumber belajar menyebabkan siswa menjadi kurang antusias dalam mempelajari bahasa Mandarin, khususnya pada materi HSK 2. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis flipbook pada materi HSK 2. Pengembangan media dilakukan dengan menggunakan metode Research and Development (R&D), dengan tahapan ADDIE. Data diperoleh melalui angket dari ahli media, ahli materi, dan juga angket dari responden uji coba. Hasil pengembangan berupa e-book berbasis flip pdf professional pada materi HSK 2. Hasil validasi kelayakan media oleh ahli yaitu sebesar 84.4% dengan kategori “sangat layak”, hasil penilaian ahli materi didapatkan persentase sebesar 78.6% dikategorikan “layak”. Hasil tanggapan siswa uji coba didapatkan nilai 85.7% dengan kategori “sangat layak”. Berdasarkan penilaian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa media flipbook pada materi HSK 2 layak diaplikasikan dan dijadikan media pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Sitaresmi, “PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-BOOK BERBASIS FLIP PDF PROFESSIONAL PADA MATERI HSK 2”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 21-27, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Aisyah, & Dahnial, I. (2024). Pengembangan Media Pop-Up Book Digital Pembelajaran PPKn Materi Negeriku IndonesiaKelas IV SDN102017 Sei Rampah. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 12(1), 19–30.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran.
Hidayatullah, M. T., Asbari, M., Ibrahim, M. I., & Faidz, H. H. (2023). Urgensi Aplikasi Teknologi dalam Pendidikan di Indonesia. 02(06).
Kamarga, H. (2002). Belajar sejarah melalui e-learning: Alternatif mengakses sumber informasi kesejarahan. Intimedia.
Khairrani, A. (2019). E-Book sebagai media pembelajaran di masa depan. Jurnal Repository Universitas Negeri Jakarta, 5–6.
Manurung, P. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-book di Masa Pandemi Covid-19. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan dan Konseling, 10(2). https://doi.org/10.30829/al-irsyad.v10i2.8978
Nahdiyah, D., Hadi, M. N., & Sholekhudin, A. (2024). Inovasi E-Modul Berbasis MooDisPada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas X MA Ma’arif Durensewu Pandaan. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 12(2), 169–184.
Putri, E. D. (2023). Pentingnya media pembelajaran dalam meningkatkan prestasi belajar.
Putri, I. P., Yuniasih, N., & Sakdiyah, S. H. (2020). Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Perjuangan Para Pahlawan di Kelas IV Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional PGSD Unikama, 4(1), 523–530.