PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN FIRE-UP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI ASAM DAN BASA DI SMA MUHAMMADIYAH 1 PEKANBARU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil kemampuan berpikir kritis siswa yang tergolong masih rendah. Untuk itu peneliti menerapkan strategi pembelajaran FIRE-UP. Strategi pembelajaran FIRE-UP ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan larutan asam dan basa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes, dokumentasi, dan observasi. Dalam penelitian ini, pertemuan dilaksanakan sebanyak enam kali, yaitu lima kali pertemuan dengan menggunakan strategi pembelajaran FIRE-UP dan satu pertemuan untuk post-tes. Untuk melihat peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dilakukan uji t-test. Dari hasil perhitungan diperoleh thitung 4,32 dan pada taraf signifikan 5% diperoleh ttabel 2,00, maka thitung > ttabel maka Ho ditolak dan Ha diterima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terjadi peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan larutan asam dan basa dengan penerapan strategi pembelajaran FIRE-UP kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dengan gain ternormalisasi didapat 0,79 dengan kategori tinggi pada kelas eksperimen, sedangkan pada kelas kontrol didapat gain ternormalisasi sebesar 0,56 pada kategori sedang.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ailatat, Jena. 2022. Penerapan Strategi FIRE-UP Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Kelas X SMA Negeri 28 Maluku Tengah. Skripsi. IAIN Ambon: Ambon
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Dalyono, M. 2007. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta
Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya.
Djamarah. 2006. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Femmy., Azahari, Abd Rahaman., & Alexandro, Rinto. 2016. Penerapan Model FIRE-UP Dalam Praktek Pengalaman Lapangan Mahasisiwa PGSD Di SDN 3 Panarung. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial (JPIPS). 5(1). 42-49
Golzar, Jawad., Noor, Shagofah., & Tajik, Omid. 2022. Convenience Sampling. International Journal of Education and Language Studies. 1 (2). 72-77
Hartono. 2010. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Hartono. 2011. Metodologi Penelitian. Pekanbaru: Zanafa Publishing
Thomas, Madden. 2002. FIRE-UP Your Learning. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Meliza., Ermawita. 2024. Meta-analisis Penggunaan bahan Ajar Berbasis Model Inquiry Learning Terhadap hasil Belajar. Jurnal Education and Development. 12(1). 172-179
Vera, Necis. 2009. Penerapan Strategi Pembelajaran FIRE-UP Untuk meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Perhitungan Kimia Kelas X SMAN I Kampar. Pekanbaru: FKIP UR
Nelta, Aulia., Musdansi, Dwi Putri., & Asril, Asregi. 2019. Pengaruh Strategi Pembelajaran FIRE-UP Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Kimia (Pokok Bahasan Koloid di SMAN 1 Cerenti). Jom FTK UNIKS. 1(1). 94-102
Nurhalimah. 2017. Penerapan Strategi Pembelajaran FIRE-UP Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 1 Luwu Utara. Skripsi. Makasar: Universitas Muhammadiyah Makasar
Putri, Sri Artina. 2009. Penerapan Strategi Pembelajaran FIRE-UP Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan di Kelas XI SMAN I Mudik. Pekanbaru: FKIP UR
Sari, Martala. 2014. Penerapan Model Pembelajaran FIRE-UP Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Pencernaan Manusia Kelas VIII SMPN 28 Pekanbaru Tahuan Ajaran 2023/2014. Jurnal Universitas Lancang Kuning
Shahni, Sharmila. 2018. Penerapan Strategi Pembelajaran FIRE-UP dapat Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Fluida Di Kelas XI MIPA I SMA Negeri 2 Pekanbaru. Jurnal UIR: Perspektif Pendidikan dan Keguruan. IX(1). 20-27
Son, Aloisius Loka. 2019. Instrumentasi Kemampuan Pemecahan Masalah matematis: Analisis Reliabilitas, Validitas, Tingkat Kesukaran, dan Daya Pembeda. Gema Wiraloka. 10(1), 41–52
Sumargono. 2012. Penerapan Strategi FIRE-UP Untuk Meningkatkan Aktifitas Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Yang Aktif, Kreatif, Efektif, dan Menyenangkan (Studi Tindakan Kelas XI TKJ. 1 SMK Telkom Darul Ulum Jombang). Jurnal GAMATIKA. 2(2). 106-114
Susanto, Dedi., Risnita., & Jailani, M. Syahran. 2023. Teknik Pemeriksaan Keabsahan Data Dalam Penelitian Ilmiah. Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Humaniora. 1(1). 53-61
Turnip, Betty M., Siburuan, Tommy Lesmana. 2012. Pengaruh Strategi pembeljaran FIRE-UP Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pokok Hukum Newton Di Kelas VIII Semester I SMP PTP Nusantara IV BAH Jambi Tahun Pembeljaran 2011/2012. Jurnal UNIMED. 1(2). 19-24
Usmadi. 2020. Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas dan Uji Normalitas). Jurnal pendidikan Sains, Sosial dan Agama. 8(1). 387-397