PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DIKELAS VIII SMP NEGERI 1 LOLOWAU

Main Article Content

Sesuaikan Sarumaha

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran tuntas (Mastery Learning) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 1 Lolowau.  Penerapan dilaksanakan dalam proses pembelajaran, dengan memaksimalkan pembelajaran kepada siswa siswa, guru sebagai fasilitator dan motifator. Dalam pembelajaran guru menggunakan Strategi Pembelajaran tuntas. Dengan strategi tersebut Siswa diharapkan meningkatkan aktifitas belajar sehingga segala kesulitan yang di hadapi siswa dapat teratasi. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 20 orang. Hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata siswa sebesar 63,25, jumlah siswa yang tuntas sebanyak 9 orang dengan persentase ketuntasan hanya 40%, sedangkan siswa yang tidak tuntas sebanyak 11 orang dengan persentase ketidaktuntasan 55%. Pada siklus II meningkat nilai rata-rata diperoleh 76,75, seluruh siswa tuntas yang berjumlah 20 orang dengan persentase ketuntasan 100%. Kesimpulan penelitian adalah penerapan strategi pembelajaran tuntas dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di kelas VIII SMP Negeri 1 Lolowau.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Sarumaha, “PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKn DIKELAS VIII SMP NEGERI 1 LOLOWAU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 596-600, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Arikunto Suharsimi. 2017. Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta : Bumi Aksara
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Pusat Kurikulum,Balitbang Depdiknas.
Desak Putu. 2015. Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Denpasar: PT. Universitas Udayana.
Husamah. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Malang: PT. Anggota IKAPI (Ikatan Penerbit Indonesia).
Isjoni. 2014. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. 2020. 2020. Metode Penelitian Pendidikan Kualitatif: untuk Penelitian yang Bersifat Ekploratif, Enterpretif, Interaktif, dan Konstruktif.Bandung: CV. Alfabeta.
Suhirman. 2021. Penelitian Tindakan Kelas (Pendekatan Teoritis & Praktis). Mataram: PT. Sanabi.
Suyanto., dan Abbas. Wajah Dinamika Pendidikan Anak Bangsa. Jakarta: AdicitaKarya Nusa, 2001.
Wena Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer: Suatu Tinjauan. Konseptual Operasional. Jakarta: PT. Bumi Aksara.