IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA PADA DAERAH 3T DAN KENDALA GURU DALAM PENERAPANNYA
Main Article Content
Abstract
Sistem pendidikan nasional dalam suatu sistem pendidikan kurikulum yang sifatnya dinamis serta harus selalu dilakukan perubahan dan pengembangan, agar dapat mengikuti perkembangan dan tantangan zaman. Meskipun demikian, perubahan dan pengembanganya harus dilakukan secara sistematis, terarah, tidak asal berubah. Perkembangan kurikulum dalam dunia pendidikan di Indonesia melahirkan adanya kurikulum baru bertajuk kurikulum Merdeka Belajar. Program merdeka belajar sejatinya merupakan bentuk penyederhanaan dari berbagai aspek penyederhanaan. Penelitian ini difokuskan pada implementasi kurikulum di daerah 3T dan kendala guru dalam penerapannya pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan kegiatan evaluasi. Penelitian dimaksudkan untuk memperoleh gambaran mengenai implementasi kurikulum merdeka pada daerah 3T dan hal apa saja yang menjadi kendala guru dalam penerapannya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode deskriptif kualitatif, Data yang dikumpulkan didasarkan pada wawancara dan tinjauan literatur dari jurnal-jurnal yang membahas kurikulum merdeka.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Darise, G. N. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 Revisi Sebagai Solusi Alternatif Pendidikan Di Indonesia Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Iqra’, 13(2), 41.
https://doi.org/10.30984/jii.v13i2.967
Implementasi Kurikulum Merdeka: Kendala dan Penanganannya dalam Pembelajaran di Sekolah
DOI: https://doi.org/ 10.55606/jurrimipa.v2i2.1559
Kendala Guru dalam Penerapan Kurikulum Merdeka – Ira Wantiana, Mellisa DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i3.5149
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV. Alvabeta
Suherman, Ayi (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka teori dan praktik kurikulum medeka belajar penjas SD. Indonesia Emas Grup