PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI FUNGI SMA S. FAJAR MAS LAHUSA

Main Article Content

Liberkat Solomasi Hulu

Abstract

Penggunaan media belajar yang aman dan efektif akan meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal ini disebabkan berbagai media peer-review akan digunakan dengan benar sesuai dengan kurikulum yang diajarkan. Penggunaan aplikasi canva pada dunia pendidikan yaitu peserta didik dapat diarahkan untuk menguasai keterampilan baru yang berkaitan dengan pengembangan teknologi dan internet serta literasi visual peserta didik dalam pembelajaran biologi.  Penulisan artikel ini menggunakan metode literature review, yaitu proses dimana peneliti meletakkan, mendapatkan, membaca, dan mengevaluasi literatur penelitian yang berhubungan dengan persoalan yang akan diteliti. Penelitian ini menganalisis efektivitas penggunaan aplikasi canva dalam pembuatan media pembelajaran untuk mata pelajaran biologi SMA. Teknik pengumpulan data penelitian pengembangan multimedia interaktif berbasis canva di SMA S. Fajar Mas Lahusa ini menggunakan analisis data secara kuantitatif melalui data yang diperoleh dari hasil angket validasi yang diberikan kepada ahli materi, ahli desain pembelajaran, dan ahli media dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan produk media pembelajaran yang dihasilkan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa Multimedia Interaktif berbasis canva, yang akan digunakan untuk menunjang pembelajaran materi fungi pada mata pelajaran biologi SMA S. Fajar Mas Lahusa.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Hulu, “PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF BERBASIS CANVA PADA MATERI FUNGI SMA S. FAJAR MAS LAHUSA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 604-606, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Abdullah, Ramli. (2012). Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar. 12(2): halaman 216-231.
Afandi, Muhamad. Evi Chamalah, dan Oktarina Puspita Wardani. Model Dan Metode Pembelajaran Di Sekolah. Semarang: UNISSULA Press. 2013.
Ahdar Djamaludin dan Wardana, 2019 Belajar dan Pembelajaran 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis, Sulawesi Selatan : CV Kaffah Learning Center.
Daryanto. (2016). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.
Sanjaya, Wina. 2010. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana
Soenarto, Sunaryo dkk. 2012. Media Pembelajaran Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.