PENGARUH KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP SW. KRISTEN BNKP TELUKDALAM

Main Article Content

Arwan Karier Harefa

Abstract

Dalam dunia pendidikan motivasi belajar siswa sangatlah penting, Seorang guru yang seringkali berkomunikasi dengan siswanya atau anak didiknya dalam proses pembelajaran akan menumbuhkan motivasi belajar siswa. Masalah dalam penelitian ini adalah gaya komunikasi guru yang hanya focus pada materi pelajaran yang akan diajarkan, komunikasi siswa dalam hal menyanggah atau memberi pertanyaan masih kurang, komunikasi dua arah atau pembelajaran dua arah, jarang terjadi dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPSKelas IX SMP SW. Kristen BNKP Telukdalam Tahun Pembelajaran 2022. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/i kelas IX SMP SW. Kristen BNKP Telukdalam Tahun Pembelajaran 2022 yang berjumlah 50 siswa. Sampel penelitian diambil dari keseluruhan populasi. Dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa 1) Ada Pengaruh komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPSKelas IX SMP SW. Kristen BNKP Telukdalam Tahun Pembelajaran 2022. Hal ini dapat dibuktikan melalui perhitungan koefisien korelasi dimana Nilai rxy = 0,38 berada pada interval 0,20 - 0,39 = Rendah. 2) Besarnya persentase koefisien korelasi dapat diketahui dari perhitungan koefisien determinasi sebesar 14,44%. 3) Dari hasil perhitungan hipotesis penelitian maka nilai thitung = 2,85 > ttabel = 1,68, artinya Ha diterima yaitu ada pengaruh yang signifikan pada komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPSKelas IX SMP SW. Kristen BNKP Telukdalam Tahun Pembelajaran 2022 dan Ho ditolak yaitu tidak ada pengaruh yang signifikan pada komunikasi antara guru dengan siswa terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPSKelas IX SMP SW. Kristen BNKP Telukdalam Tahun pembelajaran 2022.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Harefa, “PENGARUH KOMUNIKASI ANTARA GURU DENGAN SISWA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII SMP SW. KRISTEN BNKP TELUKDALAM”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 624-628, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Alo, L. 2007. Sosiologi Organisasi. PT. Citra Bakti. Bandung.
A.M, Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta.
Arikunto, S. 2004. Organisasi dan Administrasi. Grafindo Persada. Jakarta.
Asnawi dan Basyirudin U. 2002. Media Pembelajaran. Ciputat Pers. Jakarta.
D.N. Adjai Rodinson, 2008, Asas-Asas Praktek Mengajar, Bhatara, Jakarta.
G. Robbins James, S. Jones Barbara, 1996, Komunikasi Yang Efektif, Pedoman Ilmu Jaya, Cet. III, Jakarta.
Hadi Sutrisno, 2003, Metodologi Research II, Andi Offset, Yogyakarta.
Hamzah B. Uno. 2006. Teori Motivasi dan Pengukurannya; Analisis di Bidang Pendidikan. PT. Bumi Aksara. Jakarta.
Martono, N. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif; Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.
Nasution, S. 1996. Didaktik Asas-Asas Mengajar. Jenmars. Bandung.
Nanawi, H. 2002. Administrasi Pendidikan. PT. Toko Gunung Agung. Jakarta.
Ngalim, P. 2006. Psikologi Pendidikan. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Panuju, R. 2007. Sistem Komunikasi Indonesia. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Pawit, M. 1990. Komunikasi Pendidikan dan Komunikasi Instruksional. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Pribadi, S. 2005. Psikologi Kejiwaan. Rosda Karya. Bandung.
Rohani, A. 2004, Pengelolaan Pengajaran, Edisi Revisi, PT. Rineka Cipta.
Sudjana, N dan Ibrahim. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Sinar Baru Algesindo. Bandung. Cet II.
Subroto, S. 2000. Humas Dalam Dunia Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Mitra Widya. Yogyakarta.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta. Bandung.
Stepen, K. 2009. Sosiologi Makro. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Onong, U. 2001. Ilmu Komunikasi; Teori dan Praktik. PT. Remaja Rosda Karya. Bandung. Cet. I.
Usman, U. 2010. Menjadi Guru Profesional. Remaja Rosda Karya. Bandung.
Walgito, B. 2003. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Andi Offset. Yogyakarta.
Winarno, A. 2007. Ilmu Pengantar Dasar Metode Teknik. Tansito. Bandung.
Winkel, WS. 2000. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Gramedia. Jakarta.
Wojowasito dan Poerwadarminto. 1980. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia. Hasta. Bandung.
Zaitun, Komunikasi Antara Guru Dengan Siswa, Jakarta 2004, http://duniapustaka.blogspot.com/2014/02/pengaruh-komunikasi-antara guru-dengan-siswa.html.