HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESI SISWA KELAS X SMA NEGERI TELUK DALAM NIAS SELATAN

Main Article Content

Lusia Rianghati Luaha

Abstract

Perilaku agresif merupakan perbuatan yang diniati untuk menyakiti orang lain, baik secara fisik maupun psikologis. Fenomena perilaku agresi marak di kalangan remaja lingkungan sekolah.Salah satu pemicu dari perilaku agresif adalah ketika seseorang mengalami satu kondisi emosi tertentu, yang sering terlihat adalah emosi marah. Hal ini dapat ketahui dari fenomena tawuran antarpelajar yang menjadi masalah yang sangat merugikan bagi pihak sekolah maupun masyarakat di sekitarnya. Fenomena ini juga terjadi di SMA Negeri  Teluk Dalam Nias Selatan yang siswanya berada pada masa remaja awal. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas X SMA Negeri Teluk Dalam Nias Selatan dengan menggunakan rancangan penelitian deskriptif dan korelasional. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Pengumpulan data menggunakan skala kematangan emosi dan skala perilaku agresi dengan menggunakan skala likert dengan klasifikasi sangat setuju, setuju, tidak setuju dan sangat tidak setuju. Data dianalisis dengan teknik deskriptif dan teknik analisis korelasi product moment dari pearson dengan bantuan SPSS 21 for windows. Hasil penelitian menunjukkan kematangan emosi tinggi yaitu sebanyak 68% siswa dan perilaku agresi  dalam kategori rendah sebesar 42% siswa. Ada hubungan negatif antara kematangan emosi dengan perilaku agresi (r = -0,538). Artinya ada hubungan negatif (-0,538) dan kuat (karena > 0,5) antara variabel x (Kematangan Emosi) dan y (Perilaku Agresif). Semakin tinggi X (kematangan emosi)  maka Y (perilaku agresi) akan semakin rendah.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Luaha, “HUBUNGAN KEMATANGAN EMOSIONAL DENGAN PERILAKU AGRESI SISWA KELAS X SMA NEGERI TELUK DALAM NIAS SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 12, no. 3, pp. 629-633, Sep. 2024.
Section
Artikel

References

Sarwono, S. W. (1999). Psikologi sosial:individu dan teori-teori psikologi sosial. Jakarta: Balai Pustaka.
Atkinson, Rita L. dkk . 1999. Pengantar Psikologi Jilid 1. Jakarta: Interaksa.
Setyawan, D. (2016). Quo vadis perlindungan anak di sekolah: antara norma dan realita. Diperoleh dari http://www.kpai.go.id/berita/kpai-quo-vadis-perlindungan -anak-di-sekolah-antara-norma-dan-realita/. Diakses pada 22 Maret 2015
Budiyanto, Edi. 2003. Hubungan antara Kematangan Emosi dengan Kecenderungan Altruisme pada Remaja. Jurnal Penelitian.
Buss, A. H., & Perry, M. (1992). The aggression questionnaire. Journal of Personality and Social Psychology, 63(3), 452–459. https://doi.org/10.1037/0022-3514.63.3.452
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Astuti, Dwi. 2008. Pemuda dan Perdamaian; 12 Tawuran dalam Satu Bulan (Artikel Online). (www.Yappika.or.id, diakses pada 27 Juli 2009).
Fitriana, N. J. (2009). Hubungan antara kematangan emosi dengan perilaku agresi pada siswa Di SMK Muhammadiyah 1 Malang. [online].Diperoleh dari http://Karya-Ilmiah. m.ac.id/. Diakses pada 15 Januari 2015.
Admin. 2003. Anak Agresif (Online). (http://pepak sabda.org atau anak agresif, diakses pada tanggal 27 Juli 2009).
Azwar, Saifuddin. 2003. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Berkowitz, Leonard. 2003. Emotional Behavior: Mengenali Perilaku dan Tindak Kekerasan di Lingkungan Sekitar Kita dan Cara Penanggulangannnya. Terjemahan HartatniWoro Susiatni. Jakarta: penerbit PPM.
Myers, D. (2012). Psikologi sosial Jilid 2.Jakarta : Salemba Humanika.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulton, M. (2011). Hubungan antara kontrol diri dengan perilaku agresif pada supporter remaja.IAIN mpel, 1(1), 1-15.
Goleman, Daniel. 1997. Emotional Intelligence. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Garofalo, C., & Velotti, P. (2017). Negative emotionality and aggression in violent offenders: The moderating role of emotion dysregulation. Journal of Criminal Justice, 51, 9-16. https://doi/10.1016/j. jcrimjus.2017.05.015
Hanurawan, Fattah. 2004. Dasar-dasar Psikologi Sosial. Malang: Triumvirat Press.
Sarwono, Sarlito. 2005. Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sudijono. 1994. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada.
Sudjiono. 2004. Pelatihan Analisis Data dengan SPSS Versi 11.5. Malang. FIP Jurusan BKP. Universitas Negeri Malang.