IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK NYANYIAN TRADISIONAL MASYARAKAT KERINCI SEBAGAI DASAR PENCIPTAAN KARYA MUSIK INOVATIF

Main Article Content

Indra Gunawan Gen Dekti Lusia Handayani Uswan Hasan

Abstract

Cipta karya musik tentu menuntuk aspek kreatifitas dalam pengolahanya. Salah satu dasar dari pengelolahan itu adalah material musik yang dapat dijakikan pijakan bagi pegnkarya. Dasar pada artikel ini yaitu musik tradisional masyarakat kerinci berupa mantra asyek pengobatan yang dinyanyikan oleh pelaku nya (dukun dan orang atau keluarga pasien). Mantra yang dinyanyikan ini tentu bersifat sakral dan penuh makna kesubliman sehingga mampu membuat orang (pasien) dapat yakin atas kesembuhan yang akan dirasakan. Peristiwa ini menjadi hal yang menarik bagi pengamat, terumata pengamat di bidang seni musik. Melihat apa yang terjadi dengan gelaja musikal yang hadir dapat memberi sumber inspirasi bai secara musikal maupun non musikal untuk dijadikan dasar pijakan atau dasar penciptaan musik itu sendiri. Untuk mengetahui lebih jauh bgmna gejala-gelaja musikal yang ada pada nyanyai mantra asyek pengobatan, maka hal yang dilakukan pertama selain observasi dan pengumpulan data yaitu identifikasi musikal yang akan menemukan idiom-idiom musiknya seperti interval nada, mitof melodi, dan teknik lainnya yang berhubungan dengan struktur musik. Setelah ini ditemukan, maka langkah selanjutnya adalah perwujudan menjadi karya musik inovatif.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Gunawan, G. Dekti, L. Handayani, and U. Hasan, “IDENTIFIKASI KARAKTERISTIK NYANYIAN TRADISIONAL MASYARAKAT KERINCI SEBAGAI DASAR PENCIPTAAN KARYA MUSIK INOVATIF”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 157-161, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Benward, Bruce & Marilyn Saker. (2009). Music in Theory in Practice Volume I. New York: McGraw-Hill.
Cresswell, John W. & J. David Cresswell. (2018) Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches Fifth Edition. California: SAGE Publications, Inc
Dekti, Gen. (2021). Sintaksis Nyaru : Komposisi Musik Generatif dalam Ansambel Campuran. Jurnal Gestus : Penciptaan dan Pengkajian Seni. Vol. 1, No. 2, 13-19.
Kirk, Jerome & Marc L Mille. (1986). Reliability and Validity in Qualitative Research (JOHN VAN M). SAGA Publications, Inc.
Lerdahl, Fred & Ray Jackendoff. (1996). A Generative Theory of Tonal Music. London: The MIT Press. Calculating Tonal Tensing. (1996). Music Perception Journal: An Interdisciplinary. Vol. 13, No. 3, 319-363.
Pradana, Harly Yoga. (2021). Implementasi Konsep Garap Karawitan Jawa Dalam Perspektif Fraktal Pada Penciptaan Karya Musik Generatif. Yogyakarta: Institut Seni Indonesia Yogyakarta.
Sunarto, Bambang. (2013). Epistemologi Penciptaan Seni. Yogyakarta: IDEA Press.
Sunliensyar, Hafiful, H. “Idu Tawa Lam Jampi: Mantra-mantra dalam Naskah Surat Incung Kerinci,” dalam Makalah dipresentasikan pada Seminar Internasional Pernaskahan Nusantara. Surakarta. 26 September 2017.