NILAI KARAKTER KERJA SAMA DALAM PERMAINAN MENYUSUN HURUF SEBAGAI MOTIVASI BELAJAR SISWA DI KELAS 1B SD BALIBILINGUAL SCHOOL
Main Article Content
Abstract
Karakter adalah serangkaian sifat, tingkah laku, serta kepribadian yang dimiliki oleh masing-masing orang. Nilai karakter memiliki hubungan yang cukup erat dengan kerja sama, khususnya dalam hal membangun rasa kebersamaan pada siswa. Kerja sama adalah suatu keterampilan yang penting dalam kehidupan siswa, baik di lingkungan sekolah ataupun di luar lingkungan sekolah. Salah satu permainan edukatif yang menyenangkan adalah permainan menyusun huruf. Aktivitas ini dapat dilakukan di kelas dan mampu mengajak siswa untuk mengembangkan kreativitas serta melatih kerja sama siswa melalui permainan secara berkelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi nilai kerjasama dalam menyusun huruf sebagai motivasi belajar siswa kelas 1B di SD Bali Bilingual School. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan observasi dan wawancara terhadap siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan menyusun huruf secara berkelompok tidak hanya meningkatkan keterampilan berbahasa, tetapi juga memperkuat rasa solidaritas dan tanggung jawab antar siswa. Setiap kali berhasil menyusun kata, ada rasa pencapaian yang menyenangkan, dan itu mendorong untuk terus berusaha lebih baik. Setelah melaksanakan permainan ini, siswa lebih bersemangat dan termotivasi untuk belajar lebih banyak, karena menyadari bahwa belajar bisa sangat menyenangkan. Dengan demikian, implementasi permainan ini bisa dijadikan sebagai metode alternatif untuk mendukung proses pembelajaran yang lebih menyenangkan dan kolaboratif.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Ardiansyah, Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Teknik Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian Ilmiah Pendidikan Pada Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Jurnal IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.61104/ihsan.v1i2.57
Aziz, I., Damariswara, R., & Sahari, S. (2024). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Sac (Smart Apps Creator) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Huruf Alfabet Menjadi Kata Yang Bermakna Pada Siswa Kelas I Sdn 3 Ngrencak. 8(1), 21–30. http://jurnal.unipasby.ac.id/index.php/jurnal_inventa
Desi Herawati, N. R., & Novianti, W. (2024). PENGEMBANGAN MEDIA VISUAL FLYER BERBASIS CANVA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IX SMP AL-TAMIMI Desi. 7(3), 263–276. https://doi.org/10.22460/fokusv7i3.20115
Fauzi, H. H. M., & Huda, M. (2023). Penguatan Pendidikan Karakter Peserta Didik Usia Dini Melalui Kerjasama Pendidik Dan Wali Murid Dalam Meningkatkan Kemampuan Sosial Emosional Peserta Didik Pada Program Pembiasaan Diri. April, 1–13.
Fikriyyah, J., Yansyah, K. F., Syahira, A., & ... (2024). Korelasi Pencegahan Bullying Terhadap Motivasi Belajar Bagi Anak Sekolah Dasar 212 Harapan Kota Bandung. Jurnal Sadewa …, 2(3). https://journal.aripi.or.id/index.php/Sadewa/article/view/946%0Ahttps://journal.aripi.or.id/index.php/Sadewa/article/download/946/1088
Harahap, N. F., Anjani, D., & Sabrina, N. (2021). Analisis Artikel Metode Motivasi dan Fungsi Motivasi Belajar Siswa. Indonesian Journal of Intellectual Publication, 1(3), 198–203. https://doi.org/10.51577/ijipublication.v1i3.121
Kamaruddin, I., Leuwol, F. S., Putra, R. P., Aina, M., Suwarma, D. M., & Zulfikhar, R. (2023). Dampak Penggunaan Gadget pada Kesehatan Mental dan Motivasi Belajar Siswa di Sekolah. Journal on Education, 6(1), 307–316. https://www.jonedu.org/index.php/joe/article/view/2944
Melelo, S. (2023). PENGARUH TEKNIK PERMAINAN MENYUSUN KATA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA SISWA KELAS I SDN 24 GELUMBANG. 5, 1–14. https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK558907/
Putri, D. N. P., & Arifin, M. B. U. B. (2022). Peran Kinerja Guru Dalam Membentuk Karakter Kerjasama Pada Siswa Kelas IV. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 5(2), 176–189. https://doi.org/10.31538/almada.v5i2.2517
Rahayu, D., Puspita, A. M. I., & Puspitaningsih, F. (2020). Keefektifan Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Kerjasama Siswa Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(2), 111–122. https://doi.org/10.25134/pedagogi.v7i2.3626
Rumapea, F. R. sari, Aranditha, N. Della, Khairunisa, R., & Silaban, R. (2024). Pengembangan Media Papan Susun Huruf (Pasuhu) Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyusun Huruf Menjadi 1 Kata Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(3), 220–228. https://doi.org/10.62383/edukasi.v1i3.405
Selawati, Astri Sutisnawati, I. K. N. (2024). Analisis Karakter Kerjasama Siswa Dalam Ekstrakurikuler Karawitan Di Sekolah Dasar. 09.
Siregar, L. F. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.
Tiningsih, Emi, D. (2020). Pengembangan Permainan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Anak Kelompok A. Jurnal Education And Development, Vol.8(2), 399–408. https://journal.ipts.ac.id/index.php/ED/article/view/1729
Violla, Sholikatun, A., Wulandari, P., Handika, I., Alvaro, R., & Huda, Y. M. (2024). Karakter Kerjasama Anak Di Usia Sd. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 54–60.
Xaverius Yosua, F. (2024). Dampak Pacaran terhadap Minat dan Motivasi Belajar. Jurnal Inovasi Global, 2(6), 625–630. https://jig.rivierapublishing.id/index.php/rv/indexDoi:https://doi.org/10.58344/jig.v2i6
Zubaidah, Arisno, & Faiz, A. (2024). Penerapan Permainan Menyusun Kata dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Sekolah Dasar. Karimah Tauhid, 3(1), 254–278. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i1.11287