KEPRATISAN BUKU AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL: STUDI PENGEMBANGAN RODUK UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA

Main Article Content

Toras Barita Bayo Angin Deka Maita Sandi Marzuki Ahmad Ilham Sahdi Lubis

Abstract

Rendahnya kreativitas menulis karangan deskripsi siswa merupakan masalah utama dalam penelitian. Hal ini salahsatunya disebabkan oleh kurang bervariasinya buku ajar yang digunakan siswa dalam kegiatan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran perlu melibatkan penggunaan buku yang menggunakan pendekatan yang relevan dengan materi yang dikembangkan serta terintegrasi dengan kearifan lokal siswa. Maka dari itu perlu melakukan pengembangan buku ajar yang melibatkan pendekatan kontekstual dengan berbasis kearifan lokal untuk membelajarkan kreativitas menulis karangan deskripsi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan praktikalitas produk buku ajar dengan melibatkan tahapan model plomp yang meliputi Preliminary research, Prototyping stage, Assessment phase. Instrumen penelitian adalah angket respon kepraktisan buku ajar siswa dan guru. Studi yang dilakukan melibatkan partisipan yang terdiri dari siswa dan guru yang berperan dalam pelaksanaan uji coba terhadap produk buku ajar yang telah dikembangkan. Hasil penelitian menunujukkan bahwa kepraktisan produk buku ajar dari respon siswa dengan capaian 83,67% (kategori baik) dan respon guru dengan capaian 85,42% (kategori baik). Oleh karena itu, buku ajar yang dirancang dengan pendekatan kontekstual yang berlandaskan pada kearifan lokal memenuhi standar praktis dalam mendukung pengembangan kreativitas siswa dalam menulis karangan deskripsi. Selanjutnya dalam ujicoba produk buku ajar yang dilaksanakan siswa cenderung merasa senang dan antusias serta memiliki motivasi yang baik dalam proses pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Angin, D. M. Sandi, M. Ahmad, and I. S. Lubis, “KEPRATISAN BUKU AJAR KONTEKSTUAL BERBASIS KEARIFAN LOKAL: STUDI PENGEMBANGAN RODUK UNTUK MENGEMBANGKAN KREATIVITAS MENULIS KARANGAN DESKRIPSI SISWA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 13, no. 1, pp. 266-275, Jan. 2025.
Section
Artikel

References

Ahmad, M., & Rohani, R. (2023). Kemampuan berpikir kreatif matematika siswa melalui pendekatan contextual teaching and learning. Journal of Didactic Mathematics, 4(3), 189–199. https://doi.org/10.34007/jdm.v4i3.1932
Ahmad, M., Dongoran, R. A., Sabri, & Safitri, R. (2023). Pendampingan Guru Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Kreativitas Belajar Peserta Didik Melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(3), 431–437.
Alber, A., Mukhlis, M., Hermaliza, H., Gadink, M., & Widyawati, K. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Teks Narasi Berbasis Local Wisdom bagi Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Sastra Indonesia, 12(2), 169–176. https://doi.org/10.15294/jsi.v12i2.70488
Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Peran Guru Dalam Menghadapi Tantangan Implementasi Merdeka Belajar Untuk Meningkatkan Pembelajaran Matematika Pada Era Omicron Dan Era Society 5.0. Merdeka Belajardalam Pendidikan Taman Siswa Untuk Mewujudkan Generasi Adaptif Di Abad 21 - Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2022, 75–87. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sn-pgsd/article/download/12380/5039
Apriadi, H. (2021). Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(1), 173–187. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i1.3621
Arifa, D. (2023). Pengembangan Buku Ajar Norma Dan Penerapannya Berbasis Kearifan Lokal Semarang Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V. Joyful Learning Journal, 12(3), 152–159. https://doi.org/10.15294/jlj.v12i3.76568
Bismutika, D. (2022). Persepsi Siswa terhadap Lembar Kegiatan Siswa dengan Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada Materi Gelombang Bunyi. Schrödinger: Journal of Physics Education, 3(1), 13–16. https://doi.org/10.37251/sjpe.v3i1.486
Bua, M. T., Ady Saputra, Danianti, D., & Aisyah, S. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Keterampilan Menulis dan Membaca SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 11(2), 196–208. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v11i2.25427
Darnis, D. (2015). Peningkatan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Dengan Pendekatan Lingkungan Bagi Siswa. Jurnal Pelangi, 8(1), 127–142. https://doi.org/10.22202/jp.2015.v8i1.386
Farhatin, N., Pujiastuti, H., & Mutaqin, A. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 33–45. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/2082/1435
Fauzi, R., Ardiana, N., & Pohan, Z. (2020, November 3). Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (Tai) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Negeri 1 Padang Bolak Julu. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 3(3), 50-58. Retrieved from https://journal.ipts.ac.id/index.php/MathEdu/article/view/1809
Guntara, F. (2022). Nilai-Nilai Budaya Lokal Nelayan Pabbagang Parepare Sebagai Sumber Belajar Kontekstual Untuk Penanaman Pendidikan. Jurnal El-Fakhru, Islamic Education Teaching and Studies, 1(2), 107–119.
Hastuti, H., Hamsiah, A., & Muhammadiah, M. (2023). Penguasaan Kosakata Dengan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Dan Minat Menulis Pada Siswa Kelas V UPTD SD Negeri 73 Parepare. Bosowa Journal of Education, 4(1), 44–50. https://doi.org/10.35965/bje.v4i1.3875
Kharismawati, H. (2021). The Development of a Written Essay Guide Based on Go To Your Post in 5 Th Grade Elementary School Students. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(November), 121–133.
Kuo, H. C., Weng, T. L., Chang, C. C., & Chang, C. Y. (2023). Designing Our Own Board Games in the Playful Space: Improving High School Student’s Citizenship Competencies and Creativity through Game-Based Learning. Sustainability (Switzerland), 15(4), 1–19. https://doi.org/10.3390/su15042968
Kurnia, I. R. (2023). Pengembangan Buku Berbasis Kontekstual untuk Meningkatkan Karakter Pelajar Pancasila. Media Penelitian Pendidikan : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Dan Pengajaran, 17(1), 214–217. https://doi.org/10.26877/mpp.v17i1.14827
Kurniawan, A., & Hayudi, H. (2018). Pengembangan Buku Ajar Strategi Pembelajaran Pendidikan Jasmani Melalui Olahraga Permainan Kecil. Jurnal Kejaora (Kesehatan Jasmani Dan Olahraga), 3(2), 178–187. https://doi.org/10.36526/kejaora.v3i2.210
Kurniawan, P. Y., Nurpratiwiningsih, L., Rahayu, T., Ulwiyah, N. F., Daryati, E., Arvin Hakim, M. W., & Yuliandini, V. F. (2021). Pelatihan Menulis Deskripsi dengan menggunakan Media Gambar untuk Menumbuhkan Nilai-Nilai Karakter. JAMU : Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 1(02), 37–43. https://doi.org/10.46772/jamu.v1i02.347
Mirnawati, M., & Firman, F. (2019). Penerapan Teknik Clustering Dalam Mengembangkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Pesanten Datuk Sulaiman Palopo. Jurnal Studi Guru Dan Pembelajaran, 2(2), 165–177. https://doi.org/10.30605/jsgp.2.2.2019.1373
Nurkhalis, M., Djumingin, S., & Dalle, A. (2023). Keefektifan Media Audio Visual Dan Media Google Earth Dalam Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. Wahana Literasi: Journal of Language, Literature, and Linguistics, 3(2), 20–29. https://doi.org/10.59562/wl.v3i2.47790
Oktaviani, R., & Dewi, D. P. (2020). Analisis Motivasi Belajar Siswa SMPN 8 Cimahi Menggunakan Media Visual Basic for Application Berbasis Microsoft Excel pada Materi Pecahan. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 133 – 140. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9433
Oktavianie, M. A., Irwandi, D., & Murniati, D. (2018). Pengembangan Buku Pengayaan Kimia Berbasis Kontekstual Pada Konsep Elektrokimia. JTK (Jurnal Tadris Kimiya), 3(1), 22–31. https://doi.org/10.15575/jtk.v3i1.2594
Pidrawan, I. G. A., Rasna, I. W., & Putrayasa, I. B. (2022). Analisis Strategi, Aktivitas, Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Menulis Yang Diampu Oleh Guru Penggerak Bahasa Indonesia Di Kota Denpasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1), 75–86. https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.973
Plomp, T. (2013). Educational Design Research: An Introduction. In Plomp, T & Nieveen, N. (Eds.), Educational Design Research Part A: An Introduction (pp. 10–51). Enschede, The Netherlands: SLO.
Pranata, B., Fauzi, R., & Nasution, H. N., (2024). Rancang bangun buku ajar tik berbasis android di sma negeri 1 batangtoru. Jurnal vinertek (Vokasional Informatika Edukasi Riset Dan Teknologi), 3(1), 12–15. Diambil dari https://jurnal.spada.ipts.ac.id/index.php/VN/article/view/1469
Pratiwi, P. H., Hidayah, N., & Martiana, A. (2017). Pengembangan Modul Mata Kuliah Penilaian Pembelajaran Sosiologi Berorientasi Hots (Higher Order Thinking Skills). Jurnal Cakrawala Pendidikan, 36(2), 201–209. https://doi.org/10.21831/cp.v36i2.13123
Pudjiati, I., Usman, H., & Harefa, M. M. (2022). Peningkatan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Melalui Teknik Mind Mapping. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1381–1386. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i4.3903
Purmadi, A., & Surjono, H. D. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web Berdasarkan Gaya Belajar Siswa Untuk Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3(2), 151–165. https://doi.org/10.21831/jitp.v3i2.8285
Rohaeti, E. E., N.S, P. N., & Muharrom, A. (2019). Program Pendampingan Berbasis Kearifan Lokal Desa Adat Senaru Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak-Anak Desa Adat Senaru. Abdimas Siliwangi, 2(1), 30–40. https://doi.org/10.22460/as.v2i1p30-40.2501
Rohmanurmeta, F.M. (2022). Analisis Penerapan Sintaksis Pada Karangan Cerita Anak Sekolah Dasar. Analisis Orientalisme Edward W. Said Menggugat Hemegoni Barat Dan Mendudukkan Timur Sebagai Subjek, 2(2), 102–114.
Sabri, S., Kholil, U., Ahmad, M., & Fah, L. Y. (2023). Textbook Effectiveness with Contextual Teaching and Learning Approach on Creative Thinking Ability Elementary School Students. Dinamika Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(2), 118. https://doi.org/10.30595/dinamika.v15i2.18862
Sabri, S., Umar Kholil, & Marzuki Ahmad. (2023). Validitas Buku Ajar dengan Pendekatan Kontekstual dalam Membelajarkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1043–1056. https://doi.org/10.31949/jee.v6i3.6629
Sakila. (2019). Metode Pemecahan Berbasis Masalah Pada Pembelajaran Menulis Teks Deskripsi. GENTA BAHTERA: Jurnal Ilmiah Kebahasaan Dan Kesastraan, 5(1), 1–17. https://doi.org/10.47269/gb.v5i1.77
Santoso, K. B. (2020). Penerapan Pendekatan Kontekstual Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Prestasi Siswa Smp. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 174–179. https://doi.org/10.20527/edumat.v8i2.9213
Sari, R. N., Saputri, D. F., & Matsun. (2021). Pengembangan buku ajar fisika berbasis kearifan lokal siswa di Kelas X SMA. Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Fisika, 8(1), 32–42. https://doi.org/10.12928/jrkpf.v8i1.20485
Satriawan, M., & Rosmiati, R. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kontekstual Dengan Mengintegrasikan Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Mahasiswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1212. https://doi.org/10.26740/jpps.v6n1.p1212-1217
Setiawan, I., & Mulyati, S. (2020). Pembelajaran Ips Berbasis Kearifan Lokal. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 121–133. https://doi.org/10.30659/pendas.7.2.121-133
Siregar, N., Fauzi, K. A., & Hasratuddin, H. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Pembelajaran Matematika Realistik Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Jpm), 6(2), 70. https://doi.org/10.33474/jpm.v6i2.6917
Solihah, E. E., Utami, S., & Dewi, N. K. (2022). Penyusunan Ensiklopedia Berbasis Keanekaragaman Capung (Odonata) di Kawasan Air Terjun Teleng Ngawi Sebagai Sumber Belajar Kelas X. JEMS: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 10(2), 424–430. http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/JEMS/article/view/13373
Sugitra, K., Wiarta, I. W., & Ganing, N. N. (2022). Media Pembelajaran Kartun Animasi 2D Berorientasi Kontekstual Learning pada Mata Pelajaran Matematika. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 96–105. https://doi.org/10.23887/jlls.v5i1.45491
Sujanem, R. (2012). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual Interaktif Berbasis Web untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Hasil Belajar Fisika Siswa SMA di Singaraja. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 1(2), 103–117. https://doi.org/10.23887/janapati.v1i2.9825
Sulistyawati, E. (2018). Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Konstekstual Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Sekolah Menengah Pertama. Factor M, 1(1), 77–89. https://doi.org/10.30762/f_m.v1i1.962
Trisna, B. N. (2019). Education 4.0 Perubahan paradigma dan penguatan kearifan lokal dalam pembelajaran matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 83–92. https://doi.org/10.33654/math.v5i1.519
Wibowo, A. W., & Setyaningtyas, E. W. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dan Picture and Picture Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(3), 1213–1219. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i3.5151
Widyanti, T. (2016). Penerapan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Dalam Budaya Masyarakat Kampung Adat Cireundeu Sebagai Sumber Pembelajaran Ips. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 157. https://doi.org/10.17509/jpis.v24i2.1452
Yolanda, Y., & Imaduddin, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Dan Respon Siswa Terhadap Penggunaan Buku Ajar Fisika Termodinamika Berbasis Kontekstual. Jurnal Luminous Riset Ilmiah Pendidikan Fisika, 2(1), 7. https://doi.org/10.31851/luminous.v2i1.5190
Yuliana. (2020). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Menulis Teks Narasi. Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(3), 288–297. https://doi.org/10.30998/diskursus.v3i01.6681