EVALUASI PROGRAM ISLAMIC PARENTING DALAM MENUMBUHKAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA
Main Article Content
Abstract
Islamic Parenting di TK Al Haud Setu, Bekasi, merupakan program yang bertujuan menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa usia dini melalui peningkatan peran serta orang tua dalam pengasuhan berbasis nilai-nilai Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi program Islamic Parenting Class di TK Al Haud Setu, Bekasi, dalam upaya menumbuhkan kecerdasan spiritual siswa usia dini. Evaluasi dilakukan dengan menggunakan metode CIPP (Context, Input, Process, Product) untuk menilai relevansi program, sumber daya yang digunakan, pelaksanaan program, serta hasil yang dicapai. Metode penelitian melibatkan kepala sekolah, guru, dan orang tua sebagai responden, dengan data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa secara konteks, program ini relevan dengan visi sekolah dan kebutuhan pengasuhan spiritual anak. Pada input, kualitas materi dan fasilitator memadai, namun keterlibatan orang tua masih rendah. Dari aspek proses, pelaksanaan program sesuai rencana, tetapi tantangan partisipasi orang tua tetap menjadi kendala. Dalam produk, dampak positif terhadap kecerdasan spiritual siswa belum maksimal karena minimnya penerapan materi di rumah. Berdasarkan temuan ini, direkomendasikan agar program Islamic Parenting dilanjutkan dengan peningkatan partisipasi orang tua melalui sosialisasi yang lebih intensif dan penyesuaian metode pengajaran.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
References
Aminah, S., Sari, E., & Fauzan, A. (2024). Islamic Parenting dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di SMA Negeri 1 Panyabungan Selatan. Jurnal Pengabdian Sosial, 1(7), 536–539. https://doi.org/10.59837/0emfx659
Arif Firmansyah, Meparinda, R., Zuriatti, N. N., Diah Rakatini Ningsih, & Muhammad Ilyas Madani. (2023). PENGARUH POLA ASUH ISLAMI TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK. Journal of Communication and Social Sciences, 1(2). https://doi.org/10.61994/jcss.v1i2.328
Asruly, N., Rivauzi, A., & Nafsan, N. (2024). Pendidikan Spiritual Pada Anak. Tazakka: Jurnal Pendidikan Dan Keislaman, 2(01), 14–29. https://doi.org/10.24036/tazakka.v2i01.23
Aziz, N. A. (2023). Parents-Children Communication: Islamic Approach. INTERNATIONAL JOURNAL OF SOCIAL SCIENCE AND EDUCATION RESEARCH STUDIES, 03(08). https://doi.org/10.55677/ijssers/V03I8Y2023-22
Baynazarova, T. B., Rysbaeva, А. К., & Turarbek, S. M. (2022). SPIRITUAL AND MORAL EDUCATION OF PRE-SCHOOL CHILDREN. Pedagogical Education and Science, 4. https://doi.org/10.56163/2072-2524-2022-4-32-35
Fauzi, A. (2022). ASPEK-ASPEK KECERDASAN SPIRITUAL DALAM KONSEP PENDIDIKAN LUQMAN HAKIM. Realita : Jurnal Penelitian Dan Kebudayaan Islam, 17(1). https://doi.org/10.30762/realita.v17i1.1383
Handayani, Y., Nugraha, A. E., & Suyatmin, S. (2022). POLA ASUH ORANG TUA DAN PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD TUNAS HARAPAN PEKAWAI. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 12–15. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v1i2.799
Hidayah, R. (2021). Meningkatkan Pola Pengasuhan Otoritatif melalui Program Excellent Parenting. Jurnal Psikologi Teori Dan Terapan, 11(2). https://doi.org/10.26740/jptt.v11n2.p204-2016
Istiqomah, K., Waridah, W., & Mastiah, M. (2022). PERAN ORANGTUA TERHADAP KECERDASAN SPIRITUAL ANAK USIA DINI. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 1–10. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i1.677
Jamal Ghofir. (2020). TRANSFORMASI NILAI PENDIDIKAN KEBERAGAMAAN PADA GENERASI MILENIAL. Tadris : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Pendidikan Islam, 14(1). https://doi.org/10.51675/jt.v14i1.74
Kaas, A.-H., Birdsall, D. B., & Aziz, H. (2024). Comprehensive approaches to child development in islamic law. SYARIAT: Akhwal Syaksiyah, Jinayah, Siyasah and Muamalah, 1(1), 58–70. https://doi.org/10.35335/wsrkf668
Khakim, A., & Munir, M. (2019). ISLAMIC PARENTING: AKTUALISASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM TAFSIR Q.S. LUQMAN AYAT 12-19. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2). https://doi.org/10.29062/jie.v3i2.101
Khoiri, K. (2022). Building Children’s Spiritual Intelligence Through Education in the Family. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 6(2). https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v6i2.1575
Kurniawan, H. &, & Hermawan, R. (2016). Program Parenting untuk Membentuk Karakter Anak Usia Dini di Lembaga PIAUD. Jurnal PGRA, 1(1).
Kusuma, H. W., Darmawi, D., & Sibuan, S. (2024). Islamic Parenting: Pola Asuh Anak dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 13-19. Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 18(4), 2412. https://doi.org/10.35931/aq.v18i4.3600
Maghfiroh, C. N. (2023). Islamic Parenting Dalam Mendidik Anak Di Era Modern Menurut Perspektif Islam. PRAXIS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.47776/praxis.v2i2.766
Mansir, F. (2022). Parenting of Children Through an Islamic Education Approach. EDUKASI : Jurnal Pendidikan Islam (e-Journal), 10(2). https://doi.org/10.54956/edukasi.v10i2.309
Masrufa, B., Kholishoh, B., & Madkan, M. (2023). Pelaksanaan Pendidikan Agama Islam Anak Dalam Keluarga Melalui Metode Islamic Parenting. Ngaos: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1). https://doi.org/10.59373/ngaos.v1i1.1
Mighfar, S. (2023). ISLAMIC PARENTING PERSPEKTIF IMAM AL-GHAZALI. Atthufulah : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 3(2). https://doi.org/10.35316/atthufulah.v3i2.2972
Mulasi, S. (2022). Peran Madrasatul Ula Dalam Pembentukan Kecerdasan Spiritual Anak. Genderang Asa: Journal of Primary Education, 2(1), 25–40. https://doi.org/10.47766/ga.v2i1.1353
Muslim, A. (2022). Pendidikan Spiritualitas Keagamaan Generasi Alfa Pada Sekolah Dasar. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(3).
Nurhuda, A. (2023). Islamic Education in the Family: Concept, Role, Relationship, and Parenting Style. Journal Corner of Education, Linguistics, and Literature, 2(4). https://doi.org/10.54012/jcell.v2i4.153
Oktavianingsih, E. (2019). Pengembangan Program Pelibatan Orangtua dalam Penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini. Journal of Early Childhood Care and Education, 1(2). https://doi.org/10.26555/jecce.v1i2.231
Raffar, I. N. A., Hamjah, S. H., & Ismail, A. (2019). [MS] Understanding The Parents of Parenting Skills by Islamic Perspective. Asian Journal of Civilizational Studies (AJOCS), 1(1).
Rahmatia, R., Nurhayati, N., & Awalunisah, S. (2023). Identifikasi Pola Asuh Penanaman Nilai Keagamaan dan Etika pada Masa Golden Age. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.5259
Rahmatullah, A. S., & Marpuah, S. (2022). Positive Parenting from the Perspective of Luqman Al-Hakim. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 19(2). https://doi.org/10.14421/jpai.2022.192-12
Rubini, R., & Setyawan, C. E. (2021). Quranic Parenting: The Concept of Parenting in Islamic Perspective. Al-Misbah (Jurnal Islamic Studies), 9(1). https://doi.org/10.26555/al-misbah.v9i1.1948
Saidin, M., & Shamsudin, R. (2023). Integrasi Al-Quran Dan Sunnah Nabawi Dalam Membentuk Keluarga Madani: Panduan Ibu Bapa Ketika Berkomunikasi Dengan Anak Perempuan. Journal Of Hadith Studies. https://doi.org/10.33102/johs.v8i2.263
Syahrizal, S., Firdausi, W. L., Situmorang, K. H., & Manurung, A. K. R. (2023). Pelatihan Parenting Islamic Bagi Orang Tua Wali Anak Di TK Islam Silaturahmi Desa Jampalan Kecamatan Simpang Empat Kabupaten Asahan. Gotong Royong : Jurnal Pengabdian, Pemberdayaan Dan Penyuluhan Kepada Masyarakat, 2(2). https://doi.org/10.51849/jp3km.v2i2.28
Ubabuddin, U. (2018). KONSEP PENDIDIKAN KELUARGA DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Edupedia, 3(1). https://doi.org/10.35316/edupedia.v3i1.321
Utami, F., Hatmawati, Oktavia, D., Nordiyanti, Aghnaita, & Zulkarnain, A. I. (2022). ISLAMIC PARENTING: ACTUALIZATION OF TASAMUH VALUES FOR EARLY CHILDHOOD IN A PLURAL SOCIETY. ASGHAR : Journal of Children Studies, 2(1). https://doi.org/10.28918/asghar.v2i1.5752
Wibisono, Y. (2021). Konsep Pendidikan Islam Dalam Membentuk Kecerdasan Spiritual Anak Di TAPAS (Taman Pembinaan Anak Sholeh Darul Qalam) Sedayulawas Brondong Lamongan. Jurnal Staika: Jurnal Penelitian Dan Pendidikan, 4(2), 112–126. https://doi.org/10.62750/staika.v4i2.44